Operasi Pasar Murah di Pasar Kemuning

23 Agustus 2023 11:05 WIB
Operasi Pasar Murah sebagai langkah Penanganan Inflasi Daerah.
Operasi Pasar Murah sebagai langkah Penanganan Inflasi Daerah. ( Adpim)

Pontianak, Sonora.ID - Masih dalam rangka Aksi Sosial memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalimantan Barat bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat dan Perusahaan Umum Daerah (PERUSDA) Aneka Usaha mengadakan operasi pasar murah sebagai langkah Penanganan inflasi daerah.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat, Ny. Hj. Lismaryani, Kepala Bidang I TP PKK Provinsi Kalbar, Ny. Windy Prihastari, S.STP, M.Si. dan Ketua Bidang II TP. PKK Provinsi Kalbar, drg. Tita Selati, beserta jajaran pengurus Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat dan juga didampingi Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Provinsi Kalbar, Dr. Syarif Kamaruzaman, M.Si., juga turut hadir dalam Pelaksanaan Operasi Pasar di Pasar Kemuning Kota Baru Pontianak, Selasa (22/8/2023).

Pada kesempatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat menjelaskan bahwa hari ini merupakan operasi pasar, Selaku Seksi Aksi Sosial Dalam Rangka Peringatan HUT ke - 78 Kemerdekaan RI ini juga membagikan 25 paket sembako kepada masyarakat yang berulang tahun di bulan Agustus.

"Alhamdulilah antusias dari masyarakat sangat luar biasa walaupun dengan antrian yang panjang tapi tertib dan hal ini juga dalam rangka penanganan Inflasi Daerah", ujarnya.

Baca Juga: Wali Kota Pontianak Sebut Perlu Ada Investasi Peningkatan IPA

Kemudian dirinya mengatakan bahwa Kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan setiap tahun, mulai ketika ada acara besar keagamaan maupun HUT Pemprov. Kalbar dan sekarang ini HUT Kemerdekaan RI, selalu diadakan kegiatan-kegiatan seperti bazar pangan murah, operasi pasar dan pembagian sembako.

"Bahan pangan yang dijual pada operasi pasar ini harganya berbeda dengan harga pasar, dan diadakannya operasi pasar ini melihat dari kondisi masyarakat yang ekonomi menengah kebawah serta antusias masyarakat disini yang tertib mengantri. Kedepannya kegiatan ini akan terus berlanjut dan kita akan melihat kondisi stok pangan yang ada, " ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Provinsi Kalimantan Barat, menjelaskan bahwa Operasi pasar ini merupakan kegiatan rutin dari Disperindag ESDM Provinsi Kalbar. Adapun jumlah Stok Pangan yang disiapkan yakni untuk beras disiapkan 10 Ton, Minyak Goreng 2 Ton, dan Gula Pasir 2 Ton.

"Kebetulan dalam rangka aksi sosial Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar maka kita bersama-sama menggelar aksi operasi pasar di hari Selasa, karena kami selaku tim pengendalian inflasi daerah harus memantau terkait pengembangan inflasi. Hal ini juga karena perhitungan inflasi itu pada hari Senin dan Selasa dan Kota Pontianak ini merupakan salah satu kota yang menjadi perhitungan ditambah dengan Kota Singkawang dan Sintang. Stok kita juga unlimited, jika habis sebelum jam 12 akan kami tambah", terang pria yang karib disapa Abi ini.

Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Ibu Ketua TP PKk bahwa kegiatan ini dalam rangka mengendalikan Inflasi dari Kebutuhan bahan pokok penting untuk masyarakat. Kemudian yang kedua untuk memastikan bahwa pasokan distribusi pangan pokok untuk masyarakat aman, lancar dan tersedia.

"Untuk beras yang harganya Rp.15.500 kita jual Rp.12.000, gula dan minyak goreng kita subsidi lebih murah dari harga pasar. Kami dalam rangka Operasi Pasar Selalu Menggandeng IKM (Industri Kecil Menengah). Bisa kita lihat yang digelar disini, Ini wujud konkret binaan kami sehingga kita bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi keluarga, masyarakat dan Pemerintah Daerah", tambahnya.

Kemudian perwakilan dari masyarakat Bapak Mujiono, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah yang telah memperhatikan masyarakat kecil serta meringankan beban mereka dengan menjual kebutuhan pokok masyarakat dengan harga yang terjangkau.

"Terimakasih kepada Pemerintah (Pemprov Kalbar), telah menggelar pasar murah ini, dan alhamdulillah harganya juga terjangkau untuk kami, selain itu pelaksanaannya juga tertib dan diatur dengan baik", ujarnya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm