Ini Update Terkini Perkembangan Kasus ISPA di Palembang

23 Agustus 2023 18:45 WIB
Ilustrasi infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).
Ilustrasi infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). ( freepik/8photo)

Palembang, Sonora.ID – fenomena El-nino serta bencana kebarakaran hutan dan lahan dapat memicu polusi udara yang berakibat pada munculnya penyakit ISPA (infeksi saluran pernafasan akut).

Bagaimana kondisi penyakit ISPA di kota Palembang saat ini?, Yudi Setiawan, Kabid Pencegahan & Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Palembang kepada Sonora (23/08/2023) mengatakan bahwa berdasarkan data yang dihimpun dari 42 puskesmas yang ada di kota Palembang hingga saat ini belum ada peningkatan yang significant.

“Penambahan tidak terlalu siginfikan, penambahan rata-rata sepuluh hingga sebelas ribu kasus dari 42 puskesmas di kota Palembang. Yang paling banyak balita tiga ribuan. Juni, juli, hingga agustus minggu ke-3 hampir sama tidak ada peningkatan kasus dengan adanya el-nino sekarang,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa untuk memberikan edukasi kepada pelajar, tim puskesmas melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah memberikan edukasi tentang pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Mencegah terinfeksi ISPA antara lain dengan melakukan PHBS, menutup makanan dari udara bebas dan lalat. Pemerintah juga menyiapkan sarana dan prasarana mulai dari obat-obatan serta berkoordinasi dengan rumah sakit mengantisipasi adanya kasus rawat inap.

Baca Juga: Cara Mencegah dan Mengobati ISPA, Beserta Penyebab dan Gejalanya!

Gejala utama penyakit ISPA antara lain batuk, gangguan pernafasan, pilek, nyeri kepala dan sebagainya. Orang tua harus memahami bila sudah masuk ke tahapan berat harus segara cari pertolongan ke puskesmas atau rumah sakit.

“Bila batuk pilek tidak reda selama dua hingga tiga hari apalagi disertai demam, segera datang ke pusat kesehatan untuk mendapat tata laksana yang baik,” ucapnya.

Menjaga imunitas anak perlu ditingkatkan dengan cara makanan bergizi seimbang, cukup istirahat. Apabila batuk dan pilek dan tetap beraktifitas sebaiknya menggunakan masker agar tidak menularkan ke yang lain.

Selain ISPA, penyakit lain yang perlu diwaspadai akibat polusi udara adalah penyakit saluran pencernaan seperti diare, kolera, tipus.

Pencegahan yang dapat dilakukan antara lain dengan mengupayakan makanan tertutup dan membiasakan mencuci tangan sebelum makan.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm