Berpotensi Jadi Sajam, Sejumlah Benda Diamankan di Lapas Banjarmasin

24 Agustus 2023 10:20 WIB
Hasil razia di Lapas Kelas 2 A Banjarmasin
Hasil razia di Lapas Kelas 2 A Banjarmasin ( Smart FM Banjarmasin/Juma)

Banjarmasin, Sonora.ID - Beberapa benda terlarang, berhasil diamankan petugas saat razia Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satopspatnal) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 2A Banjarmasin, Rabu (23/8) malam.

Setidaknya ada tiga blok atau sekitar 15 kamar yang menjadi target dalam razia dan sejumlah benda terlarang berada di lingkungan warga binaan pun berhasil ditemukan.

Khususnya, barang-barang yang berpotensi dijadikan Senjata Tajam (Sajam), seperti paku, sendok makan, obeng dan gunting kuku.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Kalsel, Sri Yuwono beberapa benda terlarang berhasil diamankan saat penggeledahan petugas gabungan.

Baca Juga: Dianggap 'Sunnah Muakad', ASN Pemko Banjarmasin Kenakan Adat Banjar Setiap Kamis

"Dari hasil penggeledahan, sejumlah benda terlarang ditemukan. Dan diantaranya ada yang bisa dimodifikasi menjadi sajam, seperti sendok dan sebagainya," ujarnya, kepada Smart FM Banjarmasin.

Sri Yuwono menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi masuknya benda terlarang, yang berpotensi menyebabkan gangguan keamanan di lingkungan Lapas.

"Dan kegiatan seperti ini memang sudah rutin dilaksanakan, termasuk juga secara internal," jelasnya Sri Yuwono yang saat itu didampingi Kepala Lapas Kelas IIA Banjarmasin, Herliadi.

Selain melakukan penggeledahan di kamar warga binaan, dalam kegiatan Satopspatnal juga dilakukan tes urine untuk petugas/pegawai dan juga warga binaan.

Setidaknya ada 10 orang petugas/pegawai dan juga 13 orang warga binaan yang diambil sampel urine nya.

"Tes urine juga kami lakukan secara acak untuk warga binaan dan juga pegawai. Dan hasilnya sementara ini negatif," pungkasnya.

Diketahui, Razia sendiri dilakukan oleh petugas gabungan, mulai dari petugas Lapas Tanahlaut, Lapas Banjarbaru, Lapas Karang Intan, Lapas Perempuan Martapura dan sebagainya.

Sejumlah personel dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan juga Polri hingga TNI pun ikut bergabung dalam razia yang dilaksanakan di lapas yang juga dikenal dengan Lapas Teluk Dalam Banjarmasin ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Beberapa benda terlarang, berhasil diamankan petugas saat razia Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satopspatnal) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 2A Banjarmasin, Rabu (23/8) malam.