Mengenal Struktur Report Text, Lengkap dengan Pengertian dan Contoh

24 Agustus 2023 16:40 WIB
Ilustrasi struktur report text
Ilustrasi struktur report text ( freepik.com)

Sonora.ID - Berikut adalah pembahasan tentang struktur report text yang dilengkapi dengan pengertian berserta contohnya.

Dalam Bahasa Inggris, report text didefinisikan sebagai jenis teks yang memberikan informasi terkait suatu objek secara umum dan sesuai dengan kondisi objek sebenarnya.

Kamu harus memahami struktur report text untuk bisa menulis jenis teks ini dengan baik dan benar agar tidak terjadi kesalahan selama proses menulis.

Jenis teks ini juga nyaris memiliki bentuk yang sama dengan descriptive text, sehingga penguasaan struktur dari report text sangat penting bagi kamu saat mempelajari Bahasa Inggris.

Berikut adalah penjelasan tentang struktur dari report text yang bisa kamu simak berdasarkan rangkuman Sonora ID.

Struktur Report Text

Baca Juga: 10 Contoh Dialog Reservasi Hotel Singkat dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Report text memiliki dua struktur utama yang harus diperhatikan selama proses penulisan berlangsung, yaitu:

1. General Classification

Struktur ini berada di bagian paling awal dari report text yang berisikan informasi umum dari suatu objek yang akan dilaporkan kepada para pembaca.

2. Description

Merupakan bagian deskripsi dari suatu objek yang dijelaskan secara rinci dan sesuai dengan kondisi dari objek yang sebenarnya.

Dalam penulisan kedua struktur ini, kamu dapat menggunakan dua kaidah Bahasa Inggris agar membentuk suatu teks laporan yang utuh, yaitu:

  1. Simple Present TensePenulisan report text menggunakan tense simple present yang sesuai dengan kondisi objek di masa sekarang
  2. Logical ConnectorPenggunaan kata hubung, seperti and dan or, sangat penting untuk diperhatikan agar teks tetap berurutan secara tata bahasa

Apabila kamu sudah memahami struktur dari teks ini, berikut adalah beberapa contoh dari report text sebagai referensi belajar, yaitu:

1. Bee

Bees are flying insects closely related to wasps and ants, and are known for their role in pollination and for producing honey and beeswax. There are nearly 20,000 known species of bees in nine recognized families.

They are found on every continent except Antarctica, in every habitat on the planet that contains insect-pollinated flowering plants.

Bees have a long proboscis that enables them to obtain the nectar from flowers. They have antennae almost universally made up of 13 segments in males and 12 in females, as is typical for the super family.

Terjemahan:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm