SMA Negeri 8 Jakarta Tampil sebagai Juara 1 Festival Karawitan Pelajar Tingkat Nasional

25 Agustus 2023 09:55 WIB
SMA Negeri 8 Jakarta Tampil sebagai Juara 1 Festival Karawitan Pelajar Tingkat Nasional
SMA Negeri 8 Jakarta Tampil sebagai Juara 1 Festival Karawitan Pelajar Tingkat Nasional ( Sonora/Den)

Sonora. ID - Universitas Tarumanagara (Untar) menggelar Festival Karawitan Pelajar Tingkat Nasional tahun 2023. Ajang ini diikuti oleh 8 sekolah dari berbagai wilayah.

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., IPU, AE mengatakan, Festival Karawitan tingkat Nasional untuk Pelajar merupakan salah satu bentuk kontribusi dalam menjaga dan melestarikan budaya asli Indonesia. Kegiatan ini diharapkan, semakin disukai anak-anak muda untuk mencintai budaya nusantara.

“Saya harap jangan berhenti sampai disini saja, tapi terus dikembangkan. Itu bisa terwujud jika berbagai pihak turut serta, diantaranya pemerintah bisa memberikan fasilitas mulai dari peralatan atau mengadakan event. Sehingga dengan kegiatan pelatihan bagi pelajar menjadi pemacu bagi anak muda untuk eksis dengan gamelan dan budaya nusantara kita,” ujar Rektor Profesor Agustinus Purna Irawan dalam sambutan pembukaan Festival Karawitan Pelajar tingkat Nasional di Kampus Untar, Jakarta, Rabu (23/08/2024) 

Rektor Untar menjelaskan dukungan lain untuk pengenalan dan kecintaan diberikan untuk warisan budaya tak benda ini, Untar juga memberikan dukungan dengan memiliki fasilitas gamelan yang bisa dimanfaatkan dosen, karyawan dan mahasiswa berlatih.

“Dengan kontribusi ini, tentu kita bisa mengembangkan, mempertahankan dan juga mencintai budaya dalam negeri,” ucapnya.

Rektor Agustinus menambahkan, perlu disusun suatu kurikulum yang mendukung para siswa mulai dari SD, SMP dan SMA untuk mendapatkan pelajaran bagaimana memainkan alat music gamelan. Jika ini di programkan di sekolah, akan menjadi kegiatan ekstra kurikuler yang menarik.

“Tentu harus di fasilitasi, mengingat dana untuk membeli peralatannya dan jasa bagi pelatih, sehingga anak-anak bisa konsentrasi penuh dalam latihan. Saya kira Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bisa memberikan alokasi dana tertentu bagi sekolah-sekolah untuk mensupport pengembangan dan pelestarian budaya nusantara,” ujarnya.

Dengan Festival Karawitan ini, Rektor berharap, semakin banyak generasi muda yang mencintai seni budaya tanah air. Jika ini tidak dipertahankan, tidak menutup kemungkinan Negara lain yang justru menikmatinya.

“Ini salah satu upaya kita untuk mempertahankan budaya yang kita miliki yang harus terus kita pelihara. Jangan sampai nanti kita tidak mau memainkannya atau menikmatinya, justru orang-orang asing yang akan main atau menikmatinya. Untuk itu kita semua harus bersama-sama sepakat terus mempertahankan budaya nasional kita,” ungkapnya

Dalam festival ini, SMAN 8 Jakarta meraih juara 1 Festival Karawitan Nasional tingkat SMP, SMA/SMK yang digelar Untar. Tim Karawitan SMAN 8 mengumpulkan 639 poin dan berhasil memikat dewan juri dengan teknik permainan gamelan menurut estetika, pengaturan irama dan musik yang dihasilkan bisa dinikmati juri dan penonton.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm