17 Contoh Teks Inspiratif yang Lengkap dengan Struktur Penulisannya

25 Agustus 2023 15:30 WIB
Ilustrasi contoh teks inspiratif
Ilustrasi contoh teks inspiratif ( freepik.com)

Sonora.ID - Kamu bisa mendapatkan contoh teks inspiratif yang dilengkapi dengan struktur penulisannya melalui artikel ini.

Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, teks inspiratif didefinisikan sebagai teks tertulis untuk mendapatkan ilham, ide, dan gagasan guna mencapai tujuan di masa depan.

Ada banyak sekali contoh teks inspiratif yang dapat kamu jadikan sebagai referensi bacaan dalam mencari sebuah ide atau gagasan.

Namun, kamu sendiri dapat membuat jenis teks ini dengan mengikuti struktur teks inspiratif yang sesuai dengan pedoman, yakni:

  1. Orientasi, tahapan untuk mengenalkan tokoh serta latar belakang dari cerita yang ditulis
  2. Rangkaian peristiwa, berisikan awal terjadinya suatu peristiwa sampai menyentuh puncak masalah
  3. Komplikasi, tahap puncak dari suatu peristiwa yang dilengkapi dengan kerumitan dan solusi untuk memecahkan masalah
  4. Resolusi, berisikan langkah pemecahan masalah
  5. Koda, penutupan dari teks inspiratif yang berisikan pesan moral dari suatu kisah yang dituliskan dalam teks

Baca Juga: 12 Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial yang Sesuai Struktur dan Pendek

Jika kamu sudah memahami struktur dari teks ini, kamu dapat menyimak 17 contoh teks inspiratif berikut ini sebagai referensi penulisan berdasarkan rangkuman Sonora ID dari berbagai sumber.

1. Teks Inspiratif I

Orientasi

Sejak kecil, ia sudah tertarik dalam bidang olahraga yaitu bermain bola basket.ini adalah salah satu cabang olahraga yang selalu dia cita-cita kan.

Kerumitan Peristiwa

Ketika masih SMA, ia pernah ditolak untuk ikut tes masuk tim basket di sekolahnya.

Alasan adalah karena badannya yang terlalu pendek. Bukan hanya itu saja, ia juga dinilai kurang mahir dalam permainan ini.

Komplikasi

Jordan sangat sedih mendengar hal itu, namun ia tidak pernah menyerah. Ia selalu berlatih dengan rutin setiap harinya di rumah. Bukan hanya mengatasi masalah tekniknya, namun ia juga melatih fisiknya dengan disiplin setiap harinya. 

Hingga beberapa tahun berikutnya, ia pun kembali mengikuti tes di sekolahnya dan akhirnya diterima.

Resolusi

Pada kompetisi SMA di tahun 1981, Jordan pun akhirnya membuktikan kerja kerasnya selama ini. Pada game pertamanya, ia berhasil mencetak 40 angka. 

Bahkan, ia memiliki rekor yang mengesankan. Dimana mendapat rata-rata 25 angka per game serta memenangkan kompetisi SMA di tahun yang sama juga.

Koda

Tapi, ia pensiun tahun 2003 dan tercatat sebagai satu dari pemain yang mampu mencetak angka terbanyak kedua di dalam satu musim.

Saat ini, Jordan menjadi pemilik klub NBA, pebisnis, juga salah satu legenda basket sepanjang masa.

2. Teks Inspiratif II

Riska dan Ulangan Fisika

Orientasi:

Riska merupakan siswa kelas XI di MA Al Ikhlas Ujung Bone. Dia merupakan anak pendiam yang jarang bersosialisasi dengan teman-temannya. Ia merupakan anak tunggal, sementara kedua orang tuanya sibuk bekerja. Bahkan dalam kesehariannya di sekolah, Riska juga jarang berkumpul dengan temannya.

Rangkaian Peristiwa:

Suatu hari Riska akan menghadapi ulangan yang paling tidak dia sukai, yaitu mata pelajaran Fisika. Urwa adalah teman sekelas yang juara Fisika. Setiap ulangan dia selalu mencetak nilai terbaik di kelasnya. Riska sebenarnya ingin meminta bantuan Urwa untuk mengajarinya belajar Fisika, tapi dia tidak berani bertanya.

Komplikasi:

Urwa merupakan anak yang mudah bergaul. Bahkan teman-temannya sering kali meminta bantuan mengajari semua pelajaran termasuk Matematika. Melihat itu Riska ingin sesekali menyapa dan mengobrol dengan Urwa untuk mengajarinya Fisika.

Resolusi:

Suatu hari Urwa menyadari jika Riska tidak berani menyapanya duluan. Waktu jam istirahat Urwa menghampiri Riska dan mengajaknya bicara. Setelah beberapa lama akhirnya Riska berani mengungkapkan keinginannya untuk belajar Fisika bersama Urwa.

Setelah pulang sekolah, Riska mengajak teman-temannya untuk belajar bersama untuk persiapan ulangan Matematika besok. Riska juga diajak untuk bergabung dengan teman-teman lainnya. Selama belajar bersama, mereka semua akhirnya bisa memahami soal-soal Fisika yang dianggap sulit dikerjakan.

Koda:

Keesokan harinya, semua anak-anak kelas XI sukses mengerjakan ulangan Fisika. Bahkan semuanya mendapatkan nilai yang bagus termasuk Riska. Setelah kejadian itu, Riska semakin mudah bergaul dengan teman-teman lainnya. Semua siswa akhirnya menyadari jika setiap masalah akan bisa dicari jalan keluarnya jika mereka berusaha dengan baik.

3. Teks Inspiratif III

Orientasi

Pada saat pandemi mulai mengguncang Indonesia, seorang perawat muda bernama Mbak Aminah diberi tugas di sebuah rumah sakit besar.

Sosoknya yang masih muda itu begitu sepenuh hati saat akan melayani pasien. Dalam hal ini orang tuanya begitu menghargai setiap kinerjanya.

Kerumitan Peristiwa

Walaupun Mbak Aminah sudah begitu sepenuh hati selama bekerja, namun tetap saja di lingkungan pekerjaannya kerap sekali disepelekan karena usianya masih dianggap muda.

Dengan kata lain, ia sering dianggap belum mempunyai pengalaman yang mumpuni.

Tentu saja hal ini membuatnya sakit hati. Akan tetapi, ia menguatkan niatnya untuk tetap terus bekerja agar semua pasiennya bisa sembuh.

Komplikasi

Nasib Mbak Aminah sudah ditakdirkan untuk tidak seenak saat tinggal di rumah orang tuanya.

Karena bukan hanya di rumah sakit dianggap sepele oleh orang-orang yang berada di sekelilingnya, nyatanya di lingkungan sekitar kontrakannya pun, begitu sering orang menjauh melihatnya.

Orang-orang merasa takut jika dia akan membawa virus dan menular kepadanya. Bahkan, Mbak Aminah pernah dengar kalau corona adalah sebuah konspirasi.

Resolusi

Walaupun seperti itu, dari semua masalah yang dihadapinya, ia tetap berusaha untuk bisa fokus bekerja ketika akan membantu orang yang saat ini sedang membutuhkan jasanya. Bahkan, beberapa pasien yang telah sembuh memuji kinerja Mbak Aminah dan rekannya.

Mereka mengatakan, jika pahlawan itu ternyata mereka. Mereka telah melayani para pasien dengan baik dan totalitas. Mbak Aminah berharap, semoga dunia segera kembali seperti semula. 

Lebih dari itu, ia pun juga berharap supaya semua orang bisa mematuhi protokol kesehatan dan mulai peduli akan kesehatan.

Koda

Kerja dengan sepenuh hati yang diaplikasikan Mbak Aminah akhirnya memunculkan keikhlasan.

Diuji oleh berbagai ujian, namun terbukti ia tetap kuat. Dia lah salah satu pahlawan yang memang layak di apresiasi.

4. Teks Inspiratif IV

Antara Kuliah dan Kerja

Orientasi:

Abadi adalah lulusan SMK jurusan Mesin. Ibunya bekerja sebagai pedagang nasi kuning sedangkan ayahnya adalah kuli bangunan. Rencananya setelah lulus Abadi ingin sekali masuk ke jenjang perkuliahan agar bisa mendapatkan gelar ijazah untuk bekerja nantinya.

Rangkaian Peristiwa:

Namun beberapa waktu lalu, orang tua Abadi memintanya untuk bekerja. Apalagi adiknya masih kelas 6 SD dan membutuhkan biaya besar karena tahun depan dia masuk ke jenjang SMP. Hal inilah yang membuat pilihan berat karena sebenarnya Abadi ingin kuliah dan belum siap jika harus bekerja.

Komplikasi:

Setelah itu Abadi melamar ke sejumlah pabrik yang ada di dekat rumahnya. Bahkan juga mengirimkan lamaran pekerjaan di luar kota namun belum juga mendapatkan panggilan. Akhirnya saat sedang galau, Abadi memutuskan untuk bermain ke beberapa teman sekolah dulu untuk menanyakan lowongan pekerjaan.

Tibalah di rumah Isman, salah satu teman sekelasnya dulu. Isman kini bekerja bersama ayahnya, salah satu orang pemilik pabrik besar. Kebetulan sedang membutuhkan karyawan untuk mengisi beberapa lowongan yang kosong.

Resolusi:

Keesokan harinya Abadi diminta datang ke pabrik milik ayah Isman. Setelah ada interview singkat akhirnya Abadi diterima bekerja di pabriknya. Ayah Isman juga sangat baik dan sangat memahami kondisi keluarga Abadi.

Koda:

Beberapa bulan setelah bekerja, akhirnya Abadi bisa menabung dari gaji yang sudah ia kumpulkan. Biaya sekolah adiknya bisa ditanggung, dan bisa menyisihkan uang untuk membayar biaya pendaftaran kuliah. Akhirnya pada tahun berikutnya, Abadi bisa bekerja sambil kuliah setelah memiliki penghasilan sendiri.

5. Teks Inspiratif V

Baca Juga: 35 Contoh Soal Teks Laporan Hasil Observasi (LHO) dengan Jawabannya

Orientasi

Suatu hari, ada seorang pria dan keledainya yang jatuh ke dalam lubang yang cukup dalam.

Dia bahkan tidak bisa menarik keledai tersebut keluar, namun seperti apapun situasinya ia tidak peduli dan tetap mencobanya. Akhirnya, ia memilih untuk mengubur keledainya hidup-hidup.

Kerumitan Peristiwa

Tanah itu pun ditimbun ke lubang tempat keledai berada dan ketika keledai tertimpa tanah, akhirnya ia mulai menggoyangkan tubuhnya untuk menjatuhkan tanah yang ada di atas tubuhnya. Lalu secara perlahan melangkah di atas tanah tersebut.

Komplikasi

Keledai itu pun mengibaskan kembali tubuhnya dan menaiki tanah yang ditimbun itu. Sebab semakin tanah ditimbun, maka semakin tinggi tanah tersebut sehingga keledai bisa naik.

Resolusi

Akhirnya menuju sore hari, keledai itu bisa keluar dari lubang, lalu mulai makan rumput di padang rumput yang hijau.

Koda

Setelah banyak mengibaskan masalah, dan mulai melangkah, maka suatu saat ketika terlepas dari masalah, maka kamu akan mampu merumput di padang rumput hijau.

Dalam hal ini kamu akan mampu meraih apa yang sedang dimimpikan.

6. Teks Inspiratif VI

Tabungan Ainun

Orientasi:

Sejak SD, Ainun telah mengenal tentang istilah menabung pangkal kaya. Sejak saat itu, Ainun menjadi gemar menabung. Ia menyimpan uangnya di celengan ayam, plastik, dan berbagai celengan lainnya.

Rangkaian Peristiwa:

Tidak ada kesulitan bagi Ainun untuk menyisihkan sebagian uangnya agar dapat menabung setiap harinya. Namun sejak keluarganya mengalami kesulitan, Ainun terpaksa membuka tabungannya. Ada saja yang dialami di keluarganya, baik kakaknya sakit lalu ibu dan juga ayahnya.

Komplikasi:

Ada rasa kekesalan pada diri Ainun saat uang yang selama ini dia sisihkan untuk ditabung harus habis begitu saja. Ia juga kesal, kenapa kakaknya tidak menabung seperti dirinya. Dia juga menyayangkan kenapa kedua orang tuanya juga tidak memiliki tabungan sama sekali.

Resolusi:

Pikiran-pikiran tersebut terus menghantui Ainun. Namun, Ainun sadar bahwa lebih baik jika lebih rajin menabung. Sejak saat itu, Ainun memisahkan tabungannya. Satu tabungan untuk keluarganya dan satunya lagi untuk dirinya.

Koda:

Ainun akhirnya berhasil membeli sesuatu yang dia inginkan dengan tabungannya. Ainun tetap percaya bahwa menabung pangkal kaya. Ia telah berhasil membantu orang tuanya di saat kesulitan. Hal itu membuat Ainun semakin semangat untuk menabung.

7. Teks Inspiratif VII

Orientasi

Perjuangan dalam hidup ini tentunya akan mengembangkan kekuatan setiap orang. Tentunya tanpa perjuangan, tidak pernah tumbuh apalagi bisa menjadi lebih kuat.

Sangat penting bagi setiap orang untuk mengatasi tantangan sendiri dan tidak bergantung pada bantuan dari orang lain.

Suatu hari ada seorang ayah yang menghukum putrinya yang berusia 3 tahun karena membuang gulungan kertas pembungkus emas.

Kerumitan Peristiwa

Uang itu begitu sensitif dan ia menjadi geram karena si anak mencoba menghiasi sebuah kotak untuk diletakkan di bawah pohon.

Meskipun demikian, keesokan harinya si anak itu pun membawa hadiah itu kepada ayahnya dan berkata, “Ayah, ini hadiah untukmu.”

Komplikasi

Pria itu pun akhirnya merasa malu dengan reaksi berlebihan sebelumnya, namun kemarahannya terus berlanjut pada saat dia melihat bahwa kotak itu kosong.

Dia marah dan berkata, “Apa kamu tidak tahu, saat kamu akan memberi seseorang hadiah, seharusnya ada sesuatu di dalam?”

Gadis kecil itu melihat ayahnya sambil menangis, “Ayah, itu sama sekali tidak kosong. Saya meniup ciuman ke dalam kotak. Semuanya untuk, Ayah”. Sang ayah hancur.

Akhirnya dia memeluk gadis kecilnya dan dia memohon maaf padanya. Lalu setelah beberapa saat setelah itu, sebuah kecelakaan mengambil nyawa anak itu.

Resolusi

Ayahnya menyimpan kotak emas itu di samping tempat tidurnya selama bertahun-tahun.

Setiap kali dia merasa berkecil hati, dia akan mengeluarkan ciuman imajiner dan mengingat cinta anaknya yang sudah meletakkannya di sana.

Koda

Cinta merupakan sebuah hadiah paling berharga di dunia ini

8. Teks Inspiratif VIII

Persahabatan Agil dan Umar

Orientasi:

Agil dan Umar adalah dua orang yang telah menjalin hubungan persahabatan sangat lama. Agil adalah orang yang pendiam dan selalu mengerti bagaimana karakter Umar. Sementara, Umar memiliki sifat yang berbanding terbalik dari Agil, ia sangat blak-blakan dan apa adanya.

Rangkaian Peristiwa:

Walaupun ikatan persahabatan yang terjalin sudah lama, sifat Umar yang blak-blakan sering kali menyakiti orang lain. Agil sering berpikir bahwa kenapa sifat sahabatnya ini tidak kunjung berubah sejak dulu?

Komplikasi:

Di suatu hari, Agil pernah menasihati Umar supaya ia harus berubah sifatnya dengan berkata "Umar, cobalah untuk merubah sifatmu. Jika kelakuan terus seperti ini, banyak orang yang di sekitar akan menjauh, termasuk juga aku!"

Umar pun menjawabnya dan berkata "Kamu itu sahabatku. Pastilah sudah sejak dulu memahami sifatku seperti ini. Tapi kalau kamu sudah tidak tahan dengan karakterku, tidak apa-apa jika ingin menyudahi pertemanan ini".

Resolusi:

Agil memang memiliki sifat yang baik sebagai sahabat. Ia memberikan nasehat untuk Umar agar berubah dengan alasan kesal dengan karakternya yang terlalu blak-blakan dan tidak memahami situasi. Meskipun kesal, jika mengingat kebaikan Umar selama ini akan meredakan rasa kesalnya itu.

Di hari-hari selanjutnya, bahkan hingga mereka lulus kuliah, Agil tidak meminta Umar untuk merubah sikapnya lagi. Ia yakin meskipun tanpa diminta, Umar pasti akan sadar bahwa sifatnya yang terlalu blak-blakan dan tidak melihat perasaan orang lain kurang baik.

Koda:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm