15 Contoh Teks Eksposisi Beragam Tema, Pendek, dan Strukturnya

25 Agustus 2023 16:15 WIB
Contoh teks eksposisi beragam tema, singkat, pendek, dan strukturnya.
Contoh teks eksposisi beragam tema, singkat, pendek, dan strukturnya. ( Pixabay)

Sonora.ID - Apa yang dimaksud dengan teks eksposisi? Mengutip dari buku eks eksposisi adalah sebuah teks yang di dalamnya terdapat sejumlah pengetahuan serta informasi yang disajikan secara singkat, padat, akurat, dan mudah untuk dipahami.

Informasi yang disampaikan memuat sudut pandang tertentu disertai dengan argumentasi. Dengan begitu, paragraf atau teks eksposisi bersifat real, nyata, dan ilmiah.

Teks eksposisi ini memiliki beberapa ciri di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Menjelaskan berbagai informasi tentang pengetahuan.
  • Gaya informasinya bersifat mengajak.
  • Penyampaiannya lugas dan menggunakan bahasa baku.
  • Tidak memihak, artinya tidak memaksakan kemauan penulis terhadap pembaca.
  • Berisi rangkaian informasi yang bersifat objektif dan netral.
  • Fakta dipakai sebagai alat kontribusi dan alat konkretasi.

Struktur Teks Eksposisi

Teks eksposisi memiliki struktur yang membangun. Berikut ini adalah struktur teks eksposisi.

  • Judul: bagian awal teks eksposisi yang sudah memunculkan isu/topik tertentu.
  • Tesis: gagasan utama tentang salah satu permasalahan berdasarkan fakta.
  • Argumentasi: pernyataan atau pendapat yang dituangkan dalam penjelasan secara mendalam dan penggalian fakta berupa argumen penulis.

Untuk memahaminya secara lebih baik di bawah ini kami sajikan kumpulan contoh teks eksposisi dengan beragam tema, singkat, pendek, beserta strukturnya, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Apa Fungsi Fakta dalam Teks Eksposisi? Simak Penjelasannya Berikut

Contoh Teks Eksposisi Beragam Tema, Pendek, dan Strukturnya

Contoh 1

Ekonomi Indonesia

Tesis: Ekonomi Rakyat adalah "kegiatan ekonomi rakyat banyak". Jika dikaitkan dengan kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau peternak atau nelayan kecil, petani gurem, nelayan tanpa perahu, petani tanpa tanah dan sejenisnya; dan bukan peternak besar, MNC pertanian, perkebunan dan sejenisnya.

Rangkaian Argumentasi: Perspektif lain dari ekonomi rakyat dapat pula dilihat dengan menggunakan perspektif jargon ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat."Dari rakyat", berarti kegiatan ekonomi itu berkaitan dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas rakyat terhadap sumber daya ekonomi. Rakyat menguasai dan memiliki hak atas sumber daya untuk mendukung kegiatan produktif dan konsumtif ya."Oleh Rakyat", berarti proses produksi dan konsumsi dilakukan dan diputuskan oleh rakyat. Rakyat memiliki hak atass pengelolaan prosess produktif dan konsumtif tersebutt.

Berkaitan dengan sumberdaya (produktif dan konsumtif), rakyat mempunyai alternatif untuk memilih dan menentukan sistem pemanfaatan, seperti berapa banyak jumlah yang harus dimanfaatkan, siapa yang memanfaatkan, kemudian bagaimana proses pemanfaatannya, dan bagaimana menjaga kelestarian bagi proses pemanfaatan berikutnya, dan sebagainya. "Untuk rakyat", berarti rakyat banyak merupakan 'beneficiaries utama dari setiap kegiatan produksi dan konsumsi. Rakyat menerima manfaat, dan indikator kemanfaatan paling utama adalah kepentingan rakyat.

Dalam hal ini butuh pula dikemukakan bahwa ekonomi rakyat bisa berkaitan dengan siapa saja, dalam arti bahwa kegiatan transaksi bias dilakukan juga dengan "non- ekonomi-rakyat". Juga tak ada pembatasan mengenai besaran, jenis produk, permodalan, sifat usaha dan sebagainya.

Penegasan Ulang: Ekonomi rakyat tidak eksklusif tetapi inklusif dan terbuka. Kendati demikian, sifat fundamental diatas telah pula menciptakan suatu sistem ekonomi yang terdiri dari pelaku ekonomi, norma, kesepakatan dan mekanisme transaksi, yang umumnya telah memfasilitasi ekonomi rakyat untuk bisa bertahan hidup dan berkembang sejalan dengan perkembangan sosial ekonomi masyarakatnya. 

Contoh 2

Memelihara Ikan

Pendapat/tesis: Memelihara ikan tidak mudah. Akan tetapi, banyak orang menjadikannya hobi karena memberikan kesenangan. Gerakan ikan yang gemulai dapat memberi ketenangan bagi orang yang melihatnya.

Argumentasi: Hobi memelihara ikan memerlukan ketelitian khusus. Kita harus mengetahui jenis ikan yang dipelihara, apakah jenis ikan air tawar atau air laut. Hal itu menentukan air yang kita gunakan dalam akuarium atau kolam agar kualitas dan keindahan ikan tetap terjaga. Perhatikan jenis-jenis ikan! Jangan satukan ikan pemangsa dengan ikan lain. Kemudian, kita harus mengetahui jenis makanan dan takarannya yang tepat. Pilihlah makanan yang bergizi. Jangan memberi terlalu banyak makanan karena dapat membuat air keruh dan ikan akan mati. Berikan penerangan yang cukup agar ikan merasa betah. Perhatikan kebersihan dengan menguras kolam atau akuarium dan mengganti air sepekan sekali agar ikan terawat dengan baik.

Penegasan ulang: Ikan yang terawat akan berenang-renang dengan indah. Walaupun merawatnya tidak mudah, ikan- ikan yang indah itu tentu akan memberi kesenangan dan ketenangan orang yang melihatnya.

Contoh 3

Bahaya Membuang Sampah di Sungai

Tesis atau Pendapat: Di era globalisasi sekarang ini, kegiatan membuang sampah sembarangan seperti di sungai seolah telah dijadikan sebagai hal yang lazim.

Bahkan jumlah orang yang membuang sampah sembarangan di kota makin bertambah. Hal tersebut membuat aliran sungai tersumbat dengan sampah-sampah tersebut sehingga pada saat hujan turun dengan intensitas yang terus menerus, membuat sungai meluap serta menimbulkan bencana banjir.

Argumentasi: Dari waktu ke waktu, jumlah individu yang membuang sampah sembarangan terutama di sungai terus meningkat, hal tersebut kesimpulan dari banyak pengamat.

Manusia masih belum merasa kapok membuang sampah di sungai yang dapat membuat banjir. Padahal, korban dari bencana banjir itu sendiri tidak sedikit. Telah banyak korban luka-luka maupun meninggal dunia akibat banjir.

Namun, hal tersebut tersebut masih belum cukup guna memberi kesadaran pada orang-orang yang masih saja membuang sampah sembarangan.

Seharusnya jika sudah mengetahui efek tersebut, orang-orang akan sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi agar tidak merugikan diri sendiri, orang lain, dan juga lingkungan sekitar.

Penegasan Ulang: Apabila tidak ada sampah di sungai maka air sungai pun tak akan tersumbat serta menjadikan banjir dapat diminimalisasi, walau hujan deras terus-menerus.

Contoh 4

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm