Wagub Jawa Barat Uu Ruzhanul Buka Rakor FKUB Jelang Pemilu 2024

26 Agustus 2023 15:56 WIB
Foto: Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Saat Sambutan Usai Membuka Rakor FKUB di Soreang, Kamis (24/8/2023)
Foto: Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Saat Sambutan Usai Membuka Rakor FKUB di Soreang, Kamis (24/8/2023) ( Sonora.ID)
Bandung, Sonora.ID – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum membuka Rapat Koordinasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) se Jawa Barat di Ballroom Sutan Raja Hotel, Kabupaten Bandung, Kamis (24/8/2023).
 
Dalam sambutannya Wagub Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, kerukunan antar umat beragama merupakan salah satu modal utama dalam menciptakan kerukunan nasional. 
 
"Dengan terciptanya kerukunan nasional, maka cita-cita Indonesia, khususnya Jawa Barat untuk menjadi bangsa yang maju dan sejahtera pun akan dapat terwujud," kata Uu,
 
"Oleh karena itu, kerukunan antar umat beragama harus dibangun dan dijaga. Maka diharapkan melalui kegiatan ini situasi kondisi menjelang event politik tingkat nasional Jawa Barat tetap aman dan nyaman," ungkap Uu.
 
"Terutama tidak diharapkan ada gesekan-gesekan agama, karena gesekan agama itu paling sekali untuk memberikan emosi terhadap umatnya,” imbuhnya.
 
Dalam sambutan tersebut, Uu juga menyoroti peran FKUB yang sangat penting untuk terus  berkolaborasi dan bersinergi dengan Bakesbangpol Provinsi Jawa Barat. 
 
"Dan saya mengucapkan terima kasih pada FKUB di Jawa Barat yang telah menjaga ketenangan dan kedamaian antar umat beragama," ucapnya.
 
Uu juga memaparkan, kenyamanan dan kedamaian merupakan salah satu syarat kunci mutlak untuk pembangunan.
 
 
Baik pembangunan dalam bidang pendidikan, kesehatan maupun ekonomi. Serta pada hakekatnya terwujudnya kenyamanan dan kedamaian menjadi tanggung jawab bersama pemuka agama, pemerintah, organisasi keagamaan serta seluruh komponen masyarakat.
 
Selain itu, lanjut Uu, FKUB juga harus lebih memahami nilai-nilai Pancasila yang menjadi pandangan hidup, dan yang mengatur berbagai aspek mulai dari nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, nilai keadilan maupun nilai-nilai positif lainnya.  
 
"Dengan menguatkan nilai-nilai Pancasila, segala perbedaan akan diminimalisir dan kedamaian dan keamanan akan terwujud. Karena para pendiri negara kita sudah tau Indonesia ini berbagai macam ras, suku dan agama," pungkas Uu.
 
Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Barat Iip Hidajat, menyebut Rakor FKUB ini bertujuan untuk memperkuat komunikasi, koordinasi, sinergi serta kolaborasi antara Pemerintah dengan pengurus FKUB. 
 
Serta mengoptimalkan peran dan fungsi FKUB Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Jawa Barat dalam menjaga kondusifitas di Jawa Barat menjelang Pemilu tahun 2024 untuk menciptakan Pemilu yang Aman dan Kondusif.
 
Diketahui, Rakor ini berlangsung selama dua hari (24-25/8/2023), dengan mengusung tema "Peran FKUB Dalam Mendukung Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 yang Aman Damai dan Harmoni", diikuti pula oleh FKUB dan Bakesbangpol kabupaten kota se Jawa Barat.
 
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm