Pelindo sharing knowledge di Universitas Tanjungpura di Bidang Kepelabuhan

28 Agustus 2023 11:38 WIB
( Humas Pelindo)

Pontianak, Sonora.ID - Dalam rangka berbagi pengetahuan dalam bidang kepelabuhan, Pelindo bersama Universitas Tanjungpura mengadakan seminar dengan membahas topik "Terminal Kijing Mendukung Program Hilirasi Produk Unggulan Kalimantan Barat”.

General Manager Pelindo Pontianak, Hambar Wiyadi, menjadi nara sumber dalam acara seminar ini yang diadakan di Gedung Teater 2 Coference Untan pada hari Sabtu (26/08/2023) bersama Ketua Program Studi MM Fakultas Ekonomi Bisnis, Nur Afifah, SE, M.SI. dan diikuti setidaknya 80 mahasiswa beserta beberapa staff pengajar Untan.

“Terminal Kijing merupakan pelabuhan yang memiliki peluang besar untuk terus bertumbuh dan berpotensi menjadi salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia, oleh karena itu perlu adanya sinergi dan integritas pengembangan pelabuhan dalam mendorong hilirisasi produk unggulan, ” ujar Hambar Wijadi.

Dengan adanya Terminal Kijing, produk unggulan untuk bahan ekspor olahan produk turunan curah cair CPO bukan hanya berasal dari Kalimantan Barat (32.4 persen), tetapi sudah menyerap dari provinsi lain, seperti Riau 21.3 persen dan Jambi 19.1 persen.

“Untuk produk-produk alam unggulan lainnya seperti karet, kayu, kelapa bulat, kelapa sawit, dll perlu dilakukan pemetaan dan konsolidasi serta diusahakan untuk dapat diolah terlebih dahulu sehingga memiliki nilai lebih dan daya saing ketika dilakukan kegiatan ekspor. Perlu adanya sinergi yang baik dengan berbagai pihak dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan berinovasi dalam meningkatkan produk unggulan serta kemudahan proses dalam hilirisasi produk. Pelindo bersinergi dengan berbagai instansi dan juga siap bersinergi dengan perusahaan daerah untuk mendorong kemudahan ekpor yang melalui pelabuhan”, imbuhnya.

Selain itu, dipaparkan juga tentang bisnis proses yang ada di pelabuhan, layanan kepelabuhanan, integrasi antar stakeholder pelabuhan, hubungan industrial dengan customer, dll dimana secara sistem sudah integrasi dengan sistem online realtimePhinnisi yang merupakan salah satu program yang tergabung dalam Strategis Nasional Pengendaliam Korupsi (Stranas PK). 

Diharapkan dengan diadakannya seminar ini, mahasiswa dapat memahami bisnis proses pelabuhan sehingga dapat mendorong kreatifitas inovasi dan hilirisari produk unggulan serta diharapkan akan lahir Future Leaders yang dapat membangun pelabuhan dan meningkatkan perekonomian skala daerah maupun nasional.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Baca Juga: Sutarmidji Hadir Pada Puncak Perayaan Jubileum ke-75 Tahun HKBP Pontianak

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm