10 Contoh Pidato Persuasif Singkat Berbagai Tema, Materi Kelas 9

28 Agustus 2023 10:25 WIB
Contoh Teks Pidato Persuasif Singkat Berbagai tema.
Contoh Teks Pidato Persuasif Singkat Berbagai tema. ( )

Sonora.ID - Contoh pidato persuasif berikut ini bisa kamu jadikan referensi untuk mengerjakan tugas sekolah sesuai dengan materi kelas 9.

Pidato merupakan sebuah tindakan berbicara disertai dengan pesan tertentu yang ingin disampaikan kepada audiens.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pidato sendiri memiliki makna pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak.

Sementara itu pidato persuasif adalah jenis pidato yang di dalamnya berisi tentang pesan ajakan yang dapat memengaruhi masyarakat untuk melakukan sesuatu.

Tujuan dari dibuatnya pidato ini adalah untuk memberikan penguatan tanggapan bagi sekelompok masyarakat yang sesuai dengan topik tertentu.

Baca Juga: 3 Pidato Bahasa Sunda tentang Sopan Santun Lengkap Sesuai Strukturnya!

Berikut Sonora.ID rangkum contoh pidato persuasif singkat berbagai tema yang bisa kamu pelajari:

1. Contoh Pidato Persuasif Singkat tentang Lingkungan

Selamat pagi Bapak Ibu Guru yang saya hormati dan teman-temanku semua yang pada hari ini diberikan kesempatan untuk hadir dalam acara Ramah Tamah OSIS SMA Nusa Bangsa.

Dalam kesempatan kali ini izinkan saya menyampaikan beberapa pesan yang kelak nantinya bisa bermanfaat bagi kita semua.

Para hadirin yang saya hormati, semakin tingginya aktivitas manusia, ada banyak limbah yang dihasilkan sehingga menghadirkan kekhawatiran bagi lingkungan.

Kebersihan lingkungan adalah perihal yang amat mutlak manfaat melindungi kesehatan diri sendiri serta lingkungan lebih kurang. Lingkungan yang sehat dapat meminimalisir penyebaran penyakit serta dapat berikan kenyamanan waktu ada di lingkungan tersebut.

Marilah kita sebagai warga sekolah bisa melindungi kebersihan lingkungan sekolah diawali dari diri sendiri, layaknya buang sampah pada tempatnya serta tidak meninggalkan barang-barang di laci dikarenakan bisa jadi sarang nyamuk.

Karena, melindungi kebersihan lingkungan jadi amat mutlak manfaat menciptakan lingkungan yang sehat serta nyaman.

Sekian dari saya sebagai Ketua OSIS angkatan tahun 2023/2024. Semoga apa yang saya sampaikan bisa menginspirasi kita untuk peduli lingkungan.

Baca Juga: 3 Pidato Singkat dalam Bahasa Sunda tentang Sabar Sesuai Struktur

2. Contoh Pidato Persuasif Singkat tentang Pendidikan

Asalamualaikum w.w

Salam sejahtera. Di pagi yang cerah ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt. yang telah mengizinkan kita untuk berkumpul bersama.

Teman-teman yang saya sayangi, sebagai seorang pelajar, sudah selayaknya kita semua mencintai ilmu pengetahuan yang sebagian besarnya tertuang dalam buku-buku. Buku merupakan jendela ilmu karena dari sanalah kalian akan meraup banyak sekali wawasan, ilmu dan pengetahuan.

PenulisKumairoh
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm