7 Contoh Teks Ceramah Singkat Islami Berbagai Topik, Lengkap

31 Agustus 2023 09:00 WIB
Ilustrasi contoh teks ceramah
Ilustrasi contoh teks ceramah ( )

Sonora.ID -  Pada artikel kali ini akan membahas tentang contoh teks ceramah singkat untuk menambah wawasan kamu.

Ceramah adalah penyampaian informasi secara lisan di depan umum. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ceramah ialah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya.

Tujuan dari ceramah yaitu memberikan nasihat atau petunjuk.

Untuk lebih jelas memahami, di bawah ini merupakan tujuh contoh teks ceramah singkat berbagai topik, simak:

1. Contoh teks ceramah singkat tentang Jodoh

Asalamualaikum w.w.

Allah SWT akan senantiasa memberikan nikmat serta karunia-Nya kepada umat-Nya. Nikmat tersebut harus selalu Anda syukuri kapan saja dan di mana saja. Pada kesempatan hari ini, izinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah tentang jodoh.

Jodoh bisa diartikan sebagai teman hidup yang mencerminkan diri sendiri. Terdapat tiga hal yang menjadi landasan bahwa orang tersebut layak untuk dijadikan pendamping. Pertama, pilihlah orang yang pemaaf apabila kita berbuat salah, meskipun sangat sulit mendapat pasangan yang baik.

Kedua, pilih orang yang bisa memaklumi dan menerima setiap kekurangan kita. Karena pada dasarnya semua orang tidak ada yang sempurna, karena semuanya saling melengkapi. Ketiga, pilih yang bisa memotivasi kita , karena roda kehidupan terus berputar dan dapat memotivasi kita ke arah yang lebih baik.

Kesimpulan yang dapat diambil dari tema ini adalah kita harus memilih jodoh yang bisa menuntun kita ke arah yang lebih baik sehingga kita dapat hidup dengan orang yang tepat dan berakhlak mulia.

Sekian ceramah hari ini yang bisa saya sampaikan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Baca Juga: 6 Contoh Teks Prosedur Kompleks dalam Kehidupan Sehari-hari dan Strukturnya

2. Contoh Teks Ceramah singkat tentang Rasa Syukur

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Hadirin yang dirahmati Allah SWT,

Sudahkah teman-teman sekalian bersyukur hari ini? Syukur selain membawa ketenangan batin jika terus diterapkan akan membawa kenikmatan dalam hidup. Hal ini karena bersyukur mempunyai peranan yang penting dalam mengatur tindakan yang berangkat dari hati.

Jika kita melihat berbagai peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini, kita akan menyadari salah satu akar masalahnya adalah kurang bersyukur. Rasa kurang bersyukur yang dimiliki oleh manusia ini membawa banyak kekacauan. Oleh karena itu, dengan bersyukur yang benar pasti akan melahirkan perilaku yang baik dan tepat.

Mengenai sikap bersyukur ini, Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 152 dan 172, artinya seperti ini, “Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar.”

Dalam ayat satunya Allah berfirman yang artinya, “Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah jika kamu hanya menyembah kepada-Nya”

Dua ayat diatas jelas memerintahkan kita untuk bersyukur atas apa saja yang Allah SWT berikan kepada kita.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm