Geliat UMKM Bungbulang Kabupaten Garut Kian Semarak dan Terukur, Melalui Program Pemberdayaan UMKM dari BRI Life Berbagi 

31 Agustus 2023 17:43 WIB
BRILife dan UMKM
BRILife dan UMKM ( Dok BRI)

Garut, Sonora.Id - BRI Life berkolaborasi dengan BRI Research Institute danOorange Pusat Inkubasi Bisnis Universitas Padjajaran, melaluiprogram BRI Life Berbagi melakukan kegiatan pemberdayaanbagi kelompok usaha dengan berbagai kegiatan pelatihan danpembangunan Rumah Pemasaran, termasuk pelatihan danliterasi keuangan kepada anggota UMKM Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

BRI Life berkolaborasi dengan BRI Research Institute danOorange Pusat Inkubasi Bisnis Universitas Padjajaran, melaluiprogram BRI Life Berbagi melakukan kegiatan pemberdayaanbagi kelompok usaha melalui berbagai kegiatan pelatihan danpembangunan Rumah Pemasaran, termasuk pelatihan danliterasi keuangan kepada anggota UMKM Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Corporate Secretary BRI Life Ade Nasution menyampaikanbahwa, kegiatan ini dilaksanakan di desa Cihikeu, yang diikutioleh 30 orang pelaku usaha perwakilan kelompok yang berasaldari 4 desa yaitu Desa Cihikeu, Desa Cikalong, Desa Citalahab, dan Desa Tegal Lega, Kecamatan Bungbulang, KabupatenGarut.

Ade menuturkan, Pemberdayaan bagi UMKM Bungbulangdilakukan dengan memberikan pelatihan-pelatihan penunjangusaha antaranya inovasi produk, pencatatan keuangan usaha, digitalisasi usaha, dan pengetahuan mengenai produk keuangankhususnya asuransi yang dimulai awal Juli 2023 sampai denganAgustus 2023. 

Selain itu, BRI Life juga memberikan bantuan alat usaha, legalitas usaha seperti sertifikat halal, PIRT, dan NIB, sertaasuransi AMKKM kepada seluruh pelaku usaha yang mengikutiprogram pemberdayaanimbuhnya.

UMKM Bungbulang dipilih sebagai fokus utama kegiatanpemberdayaan, karena saat ini masih kesulitan dalam mengaksespasar, dan lokasinya yang cukup jauh dari pusat perdagangan di Kabupaten Garut dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam dari pusat kota,

Kegiatan dilaksanakan bersamaan dengan Peresmian RumahPemasaran pada Selasa (29/8) yang juga dihadiri oleh tokohmasyrakat dan perangkat desa Cihikeu. Dimana sebelumnya, timBRI Life memberikan metari literasi keuangan dan asuransi, yang diikuti dengan aktivasi Asuransi AMKKM yang memberikan manfaat berupa perlindungan jiwa ini diberikansecara gratis sebagai bagian pemberian pengalaman berasuransikepada para pelaku UMKM tersebut

Mayoritas UMKM ini memproduksi makanan ringan khasKecamatan Bungbulang seperti Pikda (Keripik Lada), Moring, Cimol, Sale Pisang, Bola Ubi, Kremes Ubi, Oseng Gurilem, Gula Semut, sampai Anyaman Bambu

Koordinator pelaku UMKM Bungbulang Elih Muslihatberharap, semangat kebersamaan ini akan terus dibangunsehingga para pelaku UMKM di Bungbulang dapat  bergeraklebih maju, terlebih ketika kelompok UMKM ini diikutsertakandalam kegiatan Pemberdayaan UMKM yang diselenggarakanoleh BRI Life yang bekerjasama dengan BRI Research Institute.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm