6 Cerita Pendek Bahasa Jawa tentang Kehidupan Sehari-hari dan Artinya

1 September 2023 15:46 WIB
Cerita pendek bahasa Jawa (cerkak) tentang kehidupan sehari-hari dan artinya.
Cerita pendek bahasa Jawa (cerkak) tentang kehidupan sehari-hari dan artinya. ( Freepik)

Sonora.ID - Dalam bahasa Jawa cerita pendek atau cerpen disebut dengan istilah cerkak. Cerkak merupakan singkatan dari cerita cerkak.

Cerkak ini menjadi salah satu media yang menggambarkan realita sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

Dengan jalan ceritanya yang diangkat cerkak tidak hanya menghibur pembacanya, namun juga memuat nilai-nilai edukatif yang dapat dipetik.

Untuk memahaminya dengan lebih baik simak kumpulan cerpen pendek bahasa Jawa tentang kehidupan sehari-hari berikut ini, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 5 Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Makanan Tradisional dan Artinya

Cerita Pendek Bahasa Jawa (Cerkak) tentang Kehidupan Sehari-hari

Contoh 1

Cerita Kegiatan Sehari-hari

Saben dina aku biasane tangi esuk. Aku tansah miwiti pakulinan kanthi tangi esuk. Biasane aku tangi jam 05.00 langsung nata kasur. 

Sakwise kuwi aku banjur ngrewangi ibu ing pawon kayata masak. Sakwise kuwi sekitar jam 05.30 aku langsung adus. 

Sakwise adus aku langsung nganggo seragam sak wise nganggo seragam aku langsung sarapan sak wise sarapan, aku nganggo sepatu lan langsung budhal menyang sekolah.

Tekan sekolah aku ketemu kanca-kancaku sakwise kuwi aku nyimpen tas lan njupuk sapu kanggo nyapu pekarangan sekolah.  Sakwise kuwi aku kanca-kancaku langsung menyang kelas kanggo pelajaran.

Sawise bel istirahat muni, aku lan kanca-kanca istirahat lan tuku panganan lan omben-omben ing kantin banjur kita bali menyang kelas nggo pawulangan pungkasan.

Sakwise sekolah ganti klambi lan istirahat. Sore aku bali ngewangi ibu ngumbah piring, nyapu lan liya-liyane. 

Aku banjur adus, banjur ganti klambi. Ing wayah bengi aku ngerjakake tugas sekolah lan nyiapake barang-barang sing bakal digawa menyang sekolah, banjur aku langsung turu.

Artinya:

Setiap hari saya biasanya bangun pagi. Saya selalu memulai kegiatan saya dengan bangun di pagi hari. Saya biasanya bangun jam 05:00 dan membereskan tempat tidur.

Setelah itu, saya membantu ibuku di dapur, seperti memasak. Setelah itu sekitar pukul 05.30 saya langsung mandi.

Selesai mandi saya langsung memakai seragam, setelah saya memakai seragam saya langsung sarapan, setelah sarapan saya memakai sepatu dan segera berangkat ke sekolah.

Sesampainya di sekolah saya bertemu dengan teman-temanku setelah itu saya meletakkan tasku dan mengambil sapu untuk menyapu halaman sekolah. Setelah itu, saya dan teman-teman langsung menuju kelas untuk pelajaran.

Setelah bel istirahat berbunyi, saya dan teman-teman istirahat dan membeli makanan dan minuman di kantin lalu kami kembali ke kelas untuk pelajaran terakhir.

Sepulang sekolah berganti pakaian dan istirahat. Sore harinya, saya kembali membantu ibu saya mencuci piring, menyapu dan sebagainya.

Saya mandi dan mengganti pakaianku. Malam harinya saya mengerjakan tugas sekolahku dan menyiapkan barang-barang untuk dibawa ke sekolah, lalu saya pun tidur.

Contoh 2

Mlebu Sekolah SMP

Sak uwise preinan sekolah, sesuk wis wayahe mlebu sekolah nggo golek ilmu, sangu mbesuk gede. Ora krasa ati iki mulai ndredeg mergo sesuk wis mlebu SMP. Aku ketampa ning SMP kuto sing tak pengeni.

Aku wis ra sabar bakal ketemu kanca anyar, guru anyar, lan pengalaman anyar. Bapak lan ibu akeh ngewehi wejangan gen sekolah tenanan, pinter, lan mbanggakne wong tua.

Ora lali aku ya dikandani lek sekolah kudu iso njogo diri seko pergaulan sing ora becik. Ora kerasa dino sing tak enten-enteni teko.

Dino Senin aku diterke bapak menyang sekolah gawe seragam anyar. Aku diterke ngasi ngarep gerbang sekolahan terus pamitan.

Bapakku matur, "Lek wis jam bali sekolah kabari ya le, ngko tak papak".

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm