Sumsel Deflasi -0,04% Agustus 2023, Tetap Waspada pada Inflasi di Bulan September!

3 September 2023 06:45 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi ( Humas BI)

Palembang, Sonora.ID - Sesuai dengan rilis inflasi Badan Pusat Statistik (BPS), Indeks Harga Konsumen (IHK) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada bulan Agustus 2023 mengalami deflasi sebesar -0,04% (mtm), dari sebelumnya tercatat inflasi sebesar 0,29% (mtm) pada bulan Juli 2023. Deflasi ini terutama bersumber dari deflasi pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar -0,60% (mtm). Dengan perkembangan tersebut, secara tahunan, realisasi inflasi gabungan 2 Kota IHK Provinsi Sumatera Selatan tercatat sebesar 3,19% (yoy). Realisasi inflasi Sumatera Selatan ini berada di bawah inflasi nasional yang tercatat sebesar 3,27% (yoy).

Deflasi pada bulan laporan utamanya disumbang oleh kelompok makanan, minuman, dan tembakau dengan andil -0,19% (mtm). Lima komoditas penyumbang deflasi pada kelompok ini adalah komoditas bawang merah, daging ayam ras, cabai merah, jeruk, dan telur ayam ras dengan andil masing-masing sebesar -0.102%;-0,099%;-0,040%;-0,035%; dan -0,024% (mtm). Penurunan harga bawang merah disebabkan oleh jumlah pasokan yang meningkat akibat masa panen raya serentak di daerah sentra produksi. Secara historis, masa panen raya komoditas bawang merah ini terjadi pada bulan Agustus-Oktober setiap tahunnya. Selanjutnya, deflasi pada komoditas daging ayam ras dan telur ayam ras disebabkan oleh normalisasi harga dan penurunan permintaan akan komoditas tersebut. Sementara deflasi pada komoditas jeruk terjadi seiring dengan periode panen raya jeruk yang umumnya terjadi pada bulan Juli sampai dengan September tiap tahunnya.

Meskipun mengalami deflasi pada bulan laporan, namun kewaspadaan perlu untuk dijaga, terutama pada kenaikan harga yang didorong oleh kebijakan penyesuaian harga BBM non subsidi per 1 September 2023 yang dapat mendorong perkembangan harga komoditas lainnya. Selanjutnya, tarif angkutan udara dan angkutan antar kota juga diprakirakan akan mengalami peningkatan seiring libur Hari Raya Maulid Nabi Muhammad SAW pada akhir bulan September 2023. Namun demikian, inflasi diperkirakan akan tertahan oleh periode panen raya padi yang diprakirakan akan terjadi pada bulan September 2023 sehingga terjadi peningkatan pasokan beras.

Keberhasilan dalam menjaga tingkat inflasi pada kisaran target 3,0±1% (yoy) merupakan hasil dari usaha koordinatif Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumsel dengan strategi 4K; Ketersediaan Pasokan, Keterjangkauan Harga, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi yang Efektif. Dalam konteks ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga, tim telah melakukan sidak dan monitoring pasar, pelaksanaan vaksinasi untuk penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di wilayah Sumsel, perluasan penanaman bawang merah di daerah sentra, serta pelaksanaan rapat koordinasi antisipasi dampak El Nino di Sumatera Selatan. Pemantauan keterjangkauan harga juga dilakukan melalui kegiatan Pasar Murah di beberapa wilayah Kab/Kota di Sumatera Selatan termasuk pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM), serta optimalisasi gerakan tanam rumah tangga baik di lingkungan kantor Pemda maupun rumah tangga. Selain itu, untuk memastikan kelancaran distribusi komoditas telah dilakukan pengembangan infrastruktur yang dapat meningkatkan aksesibilitas dan menurunkan biaya transportasi dan penyusunan surat himbauan kepada Direktur Pengelola Angkutan Kota dari Dinas Perhubungan terkait penarikan biaya penumpang sesuai aturan. Selanjutnya, komunikasi yang efektif dilakukan diantaranya melalui kegiatan rapat koordinasi rutin Pengendalian Inflasi bersama Kemendagri dan melakukan publikasi kegiatan pengendalian inflasi diantaranya publikasi jadwal GPM dan himbauan belanja bijak kepada masyarakat melalui media massa, media sosial, maupun media elektronik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm