6 Contoh Teks Argumentasi tentang Makanan Pokok Selain Beras

5 September 2023 15:10 WIB
Contoh Teks Argumentasi tentang Makanan Pokok Selain Beras
Contoh Teks Argumentasi tentang Makanan Pokok Selain Beras ( )

Sonora.ID - Berikut ini adalah contoh teks argumentasi tentang makanan pokok selain beras yang dapat kamu jadikan acuan untuk belajar.

Teks argumentasi adalah teks berisi pendapat, opini, atau argumen berupa ide dan gagasan seseorang terhadap suatu hal.

Dilansir dari buku Teks Argumentasi oleh Rosmawati Harahap, teks argumentasi umumnya digunakan untuk meyakinkan pembaca agar memiliki pandangan yang sama dengan penulis.

Banyak hal yang dapat dijadikan topik atau tema dalam teks argumentasi, salah satunya yakni tentang makanan pokok selain beras.

Beberapa tema teks argumentasi makanan pokok selain beras yang bisa diangkat misalnya tentang ubi jalar, singkong, jagung, talas, kentang, dan gandum.

Baca Juga: 2 Contoh Teks Argumentasi tentang Kentang: Singkat dan Sesuai Struktur

1. Contoh Teks Argumentasi tentang Ubi Jalar

Ubi jalar adalah salah satu varietas umbi-umbian yang punya popularitas di Indonesia sebagai makanan pokok pengganti nasi. Meskipun demikian, masih ada pandangan yang umum bahwa ubi jalar hanya cocok digunakan sebagai pengganti nasi atau sebagai camilan semata. Padahal, ubi jalar memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dan seharusnya diakui sebagai makanan pokok yang berharga.

Pertama-tama, ubi jalar adalah sumber serat yang sangat baik, yang berperan penting dalam mendukung pencernaan yang sehat. Serat dalam ubi jalar membantu mengurangi risiko sembelit dan menjaga fungsi pencernaan yang lancar. Tak hanya itu, ubi jalar kaya akan vitamin A, yang memiliki peran vital dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A yang terkandung dalam ubi jalar membantu melindungi mata dari gangguan seperti rabun senja atau bahkan kebutaan pada orang dewasa.

Selanjutnya, ubi jalar juga mengandung vitamin C, yang memegang peran kunci dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dalam ubi jalar membantu melawan infeksi dan mendukung tubuh untuk tetap sehat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm