5 Contoh Teks Deskripsi tentang Lingkungan, Singkat untuk Referensi

6 September 2023 13:10 WIB
Ilustrasi contoh teks deskripsi tentang lingkungan
Ilustrasi contoh teks deskripsi tentang lingkungan ( freepik.com)

Sonora.ID - Berikut adalah contoh teks deskripsi tentang lingkungan yang singkat dan cocok dijadikan sebagai referensi tugas.

Teks deskripsi menjadi salah satu jenis teks dalam Bahasa Indonesia yang digunakan untuk menjelaskan suatu objek secara rinci dan jelas.

Ada banyak sekali objek yang dapat dijelaskan melalui jenis teks ini, salah satunya adalah teks deskripsi tentang lingkungan agar pembaca lebih familiar dengan suatu lingkungan.

Dalam penulisannya sendiri, kamu wajib memperhatikan tiga struktur utama yang menjadi pilar dalam teks deskripsi, yaitu:

  1. Identifikasi, berisikan gambaran umum terkait suatu objek agar pembaca dapat mengetahui terlebih dahulu objek apa yang akan dibahas dalam teks
  2. Deskripsi, berisikan informasi yang ditulis secara rinci untuk memberikan gambaran yang jelas kepada pembaca terkait suatu objek
  3. Penutup, berisikan kesimpulan yang menjadi akhir dari teks ini

Jika kamu sudah paham dengan struktur penulisannya, kamu dapat menyimak 5 contoh teks deskripsi tentang lingkungan yang sudah Sonora ID rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 3 Contoh Teks Anekdot Sindiran Pejabat, Lucu Tapi Menyakitkan

1. Teks Deskripsi tentang Lingkungan I

Kehadiran reboisasi pohon tahun lalu telah mengembalikan memperkaya hutan sejak program penanaman dilaksanakan di hutan desa ini. Memang belum menjulang tinggi, namun pepohonan mulai menunjukkan daunnya dan semakin hari semakin hijau. Akibatnya, kondisi hutan setidaknya lebih baik daripada saat dibakar. Saat itu, hutan di desa ini masih jarang. Tanah mulai menghitam dan warga desa bahkan bisa merasakan panasnya saat melintasi hutan yang baru saja terbakar ini. Dengan keberhasilan program reboisasi awal, diharapkan pohon-pohon peneduh akan kembali menghiasi hutan dan sekali lagi memberikan udara sejuk di wilayah ini. Setidaknya beberapa jenis pohon yang tertanam dalam hutan ini mampu menyelamatkan lingkungan wilayah ini. Kembalinya hutan akan sangat berpengaruh bagi masyarakat desa ini. Meskipun mungkin membutuhkan waktu lama, tetapi ini bisa memberi harapan lingkungan hidup yang baik. 

(Kembangkan ide terkait deskripsi yang bisa kamu berikan berdasarkan pengamatan dalam proses reboisasi di lingkungan sekitar)

2. Teks Deskripsi tentang Lingkungan II

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm