25 Contoh Soal Teks Cerita Sejarah dan Pembahasan Jawabannya

7 September 2023 15:14 WIB
Contoh soal teks cerita sejarah dan pembahasan jawabannya.
Contoh soal teks cerita sejarah dan pembahasan jawabannya. ( Freepik.com)

Sonora.ID - Teks cerita sejarah merupakan sebuah teks yang menceritakan tentang fakta/kejadian/kisah hidup manusia dengan mengolah fakta sejarah sebagai latar terjadinya peristiwa.

Teks cerita sejarah ini memiliki beberapa ciri khusus seperti disajikan secara kronologis, bentuk teks berupa cerita ulang, menggunakan konjungsi temporal, dan isinya berupa fakta.

Struktur teks cerita sejarah biasanya terdiri atas tiga bagian, yakni orientasi (bagian pengenalan), urutan peristiwa sejarah yang terjadi, dan reorientasi (berisi komentar pribadi penulis tentang sejarah yang diceritakan).

Untuk memahami hakikat teks cerita sejarah ini kamu dapat mencoba untuk menjawab kumpulan contoh soal teks cerita sejarah di bawah ini, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 30 Contoh Soal UTS PTS PAI Kelas 3 SD Semester 1 dan Jawabannya

Contoh Soal Teks Cerita Sejarah dan Pembahasan Jawabannya

Soal 1

Mata uang rupiah bukanlah satu-satunya mata uang yang pernah berlaku di Indonesia. Kerajaan Mataran lama, Sriwijaya, dan Majapahit telah mengenal dan menggunakan berbagai tipe "uang" yang umumnya berupa logam. Setelah kedatangan penjajah di Indonesia pun, Indonesia telah mengenal berbagai macam mata uang, termasuk sen dan gulden yang diterbitkan oleh De Javasche Bank khusus untuk dipergunakan di Hindia Belanda (Indonesia saat itu).

Informasi yang disampaikan oleh kutipan teks tersebut adalah...

Jawaban: Tiap masa dalam sejarah Indonesia menggunakan jenis alat tukar atau uang yang berbeda-beda. 

Soal 2

Contoh struktur orientasi teks cerita sejarah adalah…

Jawaban: Peristiwa yang sangat memilukan terjadi di bumi serambi Mekah, Aceh. Gempa bumi dan Tsunami Aceh terjadi pada hari Minggu pagi, 26 Desember 2004. Kurang lebih 500.000 nyawa melayang dalam sekejab di seluruh tepian dunia yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Aceh merupakan daerah yang mengalami kerusakan paling parah di dunia. Ribuan banguan hancur lebur, ribuan pula mayat hilang tidak ditemukan, dan ribuan pula mayat yang dikuburkan secara massal.

Teks Untuk No 3-4

Pada tahun 1848-1849 terjadi Perang Puputan di Jagaraga antara pasukan Kerajaan Buleleng dan Belanda. Seluruh anggota Kerajaan Buleleng bersama rakyatnya di bawah pimpinan I Gusti Ketut Jelantik berjuang mempertahankan daerahnya sampai titik darah penghabisan. Mereka bertahan dengan mencari bantuan ke Karangasem. Sayangnya, I Gusti Ketut Jelantik dan seluruh pasukannya gugur dalam pertempuran di Perbukitan Bale Pundak.

Soal 3

Perang Puputan terjadi antara ....

Jawaban: Kerajaan Buleleng dan Belanda

Soal 4

Jelaskan kalimat utama dalam teks tersebut!

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm