Pemkab Subang Akan Manfaatkan Mesin Termal Pemusnah Sampah Buatan BRIN

11 September 2023 14:05 WIB
Prototipe Mesin Pemusnah Sampah Buatan BRIN.
Prototipe Mesin Pemusnah Sampah Buatan BRIN. ( Dok. BRIN)


Subang, Sonora.ID - Pada sebuah acara "Launching Aplikasi Sistem Informasi Persetujuan Lingkungan dan Launching Teknologi Alat Pemusnah Sampah," di Pendopo Abdul Wahyan, yang juga Rumah Dinas Bupati Subang, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyerahkan alat prototipe mesin pemusnah sampah yang akan dipakai Pemkab Subang.

Prototipe mesin ini diserahkan langsung Kepala Pusat Riset Teknologi Tepat Guna BRIN Subang Achmat Sarifudin, dan diterima langsung oleh Bupati Subang H. Ruhimat, Selasa (5/9/2023) lalu.

Dalam sambutannya, Bupati Subang yang akrab disapa Kang Jimat, menyambut baik hadirnya Aplikasi Sistem Informasi Persetujuan Lingkungan dan Launching Teknologi Alat Pemusnah Sampah yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Subang.

"Paling susah itu bukan membuat mesin, tapi merubah sifat manusia. Kalau semua sadar, pasti semua akan beres terkait permasalahan sampah," ucap Kang Jimat, seperti dikutip dari siaran pers BRIN, Senin (11/9/2023).

Secara simbolis peluncuran Aplikasi Sistem Informasi Persetujuan Lingkungan dan Teknologi Alat Pemusnah Sampah diserahkan langsung oleh Kang Jimat kepada Kepala Desa Sadawarna.

Baca Juga: Belajar dari Kasus Ibu Kurnaesih, Anggota Komisi IX DPR RI Minta Pemeriksaan Bumil hingga PONEK Dilakukan 

Menurutnya, selain perlunya prasarana fisik, dukungan lainnya pada Teknologi Alat Pemusnah Sampah, diharapkan dapat diterapkan di seluruh Kabupaten Subang.

Selain itu Ia juga mengapresiasi PT. Gumelar Nyomot Lestari yang akan menyediakan perangkat besi drum untuk mendukung riset pemusnah dan pengelolaan sampah di seluruh Kabupaten Subang.

"Terima kasih dan apresiasi untuk BRIN, Diskominfo dan DLH, dengan adanya aplikasi dan riset teknologi pemusnah sampah ini, saya harap tidak ada lagi anggapan mengurus perizinan di Subang sulit kepada pihak tertentu. Semoga aplikasi dan riset ini menjadi jawaban tegas dan jelas dalam penanganan sampah di Kabupaten Subang kedepan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Riset Teknologi Tepat Guna BRIN Achmat Sarifudin mengatakan momen seperti ini sangat baik dan tepat dalam memberikan manfaat besar dari hasil riset teknologi tepat guna yang dikembangkan oleh tim Periset BRIN, khususnya pada penanganan sampah di Pemda Subang.

"Melalui hasil riset pengembangan teknologi pemusnah sampah kami berharap dapat membantu semua pihak yang berkepentingan dalam mewujudkan bersih lingkungan sekitar, harapannya warga bisa juga bersama-sama untuk turut berpartisipasi dalam mewujudkan lingkungan yang lebih bersih dan asri," ungkap Achmat.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm