Contoh Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Panitia Ospek yang Tepat

12 September 2023 21:10 WIB
Contoh Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Panitia Ospek.
Contoh Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Panitia Ospek. ( Pixabay)

Sonora.ID - Ospek (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus) merupakan kegiatan yang digelar untuk memperkenalkan kehidupan kampus atau universitas kepada para mahasiswa baru atau maba.

Program ini biasanya digelar oleh para panitia dengan diisi berbagai macam kegiatan yang membantu para maba untuk lebih siap dalam menghadapi kehidupan perkuliahan.

Usai berbagai kegiatan atau acara dalam Ospek tersebut digelar, pihak panitia pun memiliki tugas akhir, yakni menyusun laporan pertanggungjawaban atau LPJ.

LPJ merupakan dokumen yang membandingkan hasil aktual dengan tujuan yang ditetapkan atau diartikulasikan sebelumnya.

LPJ Ospek disusun sebagai dasar evaluasi dan pengambilan keputusan dalam pelaksanaan kegiatan selanjutnya.

Selain itu, LPJ ini juga digunakan sebagai laporan kronologis yang mencakup seluruh rangkaian kegiatan.

Berikut ini pun kami sajikan contoh Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Panitia Ospek yang singkat, jelas, benar, dan tepat, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 7 Surat Untuk Kakak Panitia Ospek yang Singkat dan Menyentuh Hati

Contoh Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Panitia Ospek yang Tepat

Cover

Daftar Isi

Kata Pengantar

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Badan Eksekutif Mahasiswa …. merupakan salah satu Organisasi Mahasiswa yang memiliki tingkat kreativitas yang bermutu dan memiliki skill yang berkualitas selain berfungsi sebagai wadah untuk berkreativitas. 

Badan Eksekutif Mahasiswa …. memiliki misi untuk menumbuhkan keprofesionalan mahasiswa dalam melaksanakan tugas dan kewajiban yang diamanatkan.

Sebagai organisasi yang memiliki integritas yang tinggi, dibutuhkan kedisiplinan dan  tanggung jawab dari anggota atas realisasi seluruh program kerja yang telah dianggarkan.

Berdasarkan komitmen tersebut, kami selaku panitia kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) menyusun laporan pertanggungjawaban atas kegiatan yang kami laksanakan tersebut. Sebagai wujud nyata pertanggungjawaban kami kepada management dan pihak-pihak terkait.

Kami berharap evaluasi yang kami lakukan dapat dijadikan pedoman untuk meminimalisir kekurangan-kekurangan panitia pada kegiatan selanjutnya, sehingga diperoleh hasil yang maksimal.

Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan diadakannya kegiatan Ospek Mahasiswa tahun… adalah :

  • Untuk membentuk pribadi Mahasiswa/i yang bermental kuat dan memiliki wawasan yang luas serta kreativitas yang tinggi. 
  • Mengasah kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan baru perkampusan.
  • Dapat meningkatkan kerja sama antara anggota BEM, Manajemen dan Mahasiswa/i baru periode ….
  • Untuk membentuk pribadi yang siap bersaing dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan selalu mengedepankan Keimanan

Tema Kegiatan

Dengan mengusul tema “...”. Dengan nama kegiatan ini kami berharap…

PESERTA

Mahasiswa baru…. tahun angkatan ….yang berjumlah … orang.

ANGGARAN DANA

Terlampir

SUSUNAN PANITIA

Terlampir

SUSUNAN ACARA

Terlampir

PENUTUP

Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan partisipasi semua pihak, sehingga acara ini dapat terlaksana sebagaimana yang kami harapkan.

ANGGARAN BIAYA KEGIATAN

PEMASUKAN: …..

PENGELUARAN

  • Konsumsi:
  • P3K:
  • ….:

ESTIMASI PENGELUARAN DANA

Grand Total Pemasukan:

Grand Total Pengeluaran: 

Saldo Akhir:

PELAKSANAAN KEGIATAN

Waktu dan Tempat

Adapun waktu dan tempat dari kegiatan ini adalah :

  • ….

Peserta

Peserta kegiatan Ospek adalah Mahasiswa …. angkatan…

Daftar nama peserta terlampir.

Jenis Kegiatan

Jenis kegiatan Ospek Mahasiswa …. tahun….. adalah :

(1) Pengenalan Kampus

Kegiatan ini memperkenalkan kondisi serta fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh kampus …. kepada para calon Mahasiswa baru, sehingga mereka dapat beradaptasi dengan lingkungan dan seluruh Mahasiswa baru kampus….

(2) Orientasi Mahasiwa

Kegiatan ini memberikan pengarahan, simulasi, serta pelatihan sehingga dapat melatih mental, kedisiplinan, kemandirian, tanggung  jawab serta sifat kekeluargaan yang erat antar Mahasiswa yang satu dengan Mahasiswa yang lainnya dan memberikan motivasi serta ilmu tentang bahayanya Narkoba, Merokok dan HIV supaya Mahasiswa Baru bisa paham dari bahaya-bahayanya benda atau penyakit tersebut.

(3) Inaugurasi

Acara ini bertujuan untuk menyambut dan meresmikan Mahasiswa baru ….  yang  merupakan  awal  Mahasiswa, yang dimeriahkan dengan acara penyambutan Mahasiswa baru, berupa hiburan-hiburan, Pentas Seni dari setiap Kelompok Mahasiswa Baru yang bersifat positif dan membangun diri mereka untuk lebih baik, sehingga memberikan image baru kepada khalayak ramai, terutama Mahasiswa itu sendiri.

SUSUNAN ACARA

  • Hari pertama
  • Hari kedua
  • Hari ketiga

HASIL KEGIATAN

Gambaran Umum

Kegiatan ini dimulai dengan dilaksanakannya Perkenalan Kampus, yang memperkenalkan kondisi serta fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh kampus …. kepada para calon Mahasiswa baru, sehingga mereka dapat beradaptasi dengan lingkungan kampus…., kemudian di lanjutkan dengan acara Orientasi Lapangan, yang memberikan pengarahan, simulasi, serta pelatihan sehingga dapat melatih mental, kedisiplinan, kemandirian, tanggung jawab serta sifat kekeluargaan yang erat antar Mahasiswa yang satu dengan Mahasiswa yang lainnya. 

Tahapan selanjutnya merupakan tahapan puncak atau tahapan terakhir dari kegiatan “tema”, yaitu acara Inaugurasi, dimana acara ini bertujuan untuk menyambut dan mersmikan Mahasiswa baru ….. yang merupakan awal Mahasiswa, yang dimeriahkan dengan acara penyambutan Mahasiswa baru, berupa hiburan-hiburan yang bersifat positif dan membangun, sehingga memberikan image baru kepada khalayak ramai, terutama Mahasiswa itu sendiri.

Patut kami syukuri bahwa kegiatan ini dapat berjalan sebagaimana mestinya, meskipun dalam suatu kegiatan tidak lepas dari masalah yang tidak terduga. 

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm