Doa Sebelum dan Setelah Baca Yasin, Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

15 September 2023 09:35 WIB
Ilustrasi doa sebelum dan setelah baca Yasin.
Ilustrasi doa sebelum dan setelah baca Yasin. ( Pixabay/Ibrahim Mucahit Yildiz)

Sonora.ID - Melafalkan doa sebelum dan setelah baca Yasin merupakan salah satu anjuran yang sebaiknya dilakukan.

Surat Yasin adalah surat ke-36 dan terdiri dari 83 ayat. Surat ini termasuk surat makkiyah karena diturunkan di Mekkah.

Dikutip dari NU Online, surat Yasin bisa dibaca saat mengharapkan rezeki dari Allah SWT, meminta sembuh dari penyakit, menghadap ujian, hingga mencari jodoh.

Selain itu, di Indonesia, surat Yasin menjadi surat yang pasti dibaca dalam sebuah acara tahlilan.

Baca Juga: Bacaan Doa untuk Orang Sakit dan Artinya yang Bisa Diamalkan

Doa Sebelum Baca Yasin

Adapun sebelum membaca surat Yasin, sebaiknya didahulukan dengan doa berikut ini.

اِلَى حَضْرَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ وَاَلِهِ وإِخْوَانِهِ مِنَ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِيْنَ وَالأَوْلِيَاءِ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَالصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَالعُلَمَاءِ العَامِلِيْنَ وَالمُصَنِّفِيْنَ المُخْلِصِيْنَ وَجَمِيْعِ المَلَائِكَةِ المُقَرَّبِيْنَ، ثُمَّ اِلَى جَمِيْعِ أَهْلِ القُبُوْرِ مِنَ المُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ وَالمُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الأَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا خُصُوْصًا إِلَى آبَائِنَا وَأُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَمَشَايِخِنَا وَمَشَايِخِ مَشَايِخِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَأَسَاتِذَةِ أَسَاتِذَتِنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِمَنْ اجْتَمَعْنَا هَهُنَا بِسَبَبِهِ شَيْءٌ لِلهِ لَهُمُ الْفَاتِحَةُ

Arab latin: Ila Hadrotin-nabiyyil shallallahu 'alaihi wa sallam wa-aalihi wa ikhwaanihi minal anbiya-i wal mursalin wal auliya-i wasy-syuhada-i wash-shalihin wash-shahabati wat-taabi'ina wal 'ulama-il 'amilina wal mushannifinal mukhlisina wa jami'il malaikatil muqarrabin, tsumma ila jami'i ahlil quburi minal Muslimina wal Muslimati wal mu'minina wal mu'minati min masyariqil ardhi ila magharibiha barriha wa bahriha, khushushan ilaa aabaa-ina wa ummahatina wa ajdaadina wa jaddatina wa masyayikhina wamasyayikhi masyayikhina wa asaatidzatina wa asaatidzati asaatidzatina wa liman ahsana ilaina wa liman ijtama'na haahunaa bisababihi syai-un lillahi lahumul fatihah.

Artinya: "Untuk yang terhormat Nabi Muhammad saw., segenap keluarga, dan saudaranya dari kalangan pada nabi, rasul, wali, syuhada, orang-orang saleh, sahabat, tabi'in, ulama al-amilin, ulama penulis yang ikhlas, semua malaikat Muqarrabin, kemudian semua ahli kubur Muslimin, Muslimat, Mukminin, Mukminat dari Timur ke Barat, baik di laut dan di darat, khususnya bapak kami, ibu kami, kakek kami, nenek kami, guru kami, pengajar dari guru kami, ustadz kami, pengajar ustadz kami, mereka yang telah berbuat baik kepada kami, dan bagi ahli kubur/arwah yang menjadi sebab kami berkumpul di sini. Bacaan Al-Fatihah ini kami tujukan kepada Allah dan pahalanya untuk mereka semua. Al-Fatihah (dilanjutkan baca surat Al-Fatihah)."

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm