Wapres Ma'ruf Amin angkat potensi Kalimantan Tengah di China-ASEAN Expo

19 September 2023 08:43 WIB
Wapres Maruf Amin di Paviliun Komoditas Indonesia di China-ASEAN Expo (CAEXPO), Minggu (17/09/2023) Sumber: BPMI Setwapres
Wapres Maruf Amin di Paviliun Komoditas Indonesia di China-ASEAN Expo (CAEXPO), Minggu (17/09/2023) Sumber: BPMI Setwapres ( )

Sonora.ID - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin membuka secara resmi Paviliun City of Charms of Indonesia yang menampilkan potensi Provinsi Kalimantan Tengah di Paviliun B2 Nanning International Convention and Exhibition Center (NICEC), Minggu (17/09/2023)

Dalam sambutannya, Wapres menyampaikan apresiasi kepada Sekretariat China-ASEAN Expo (CAEXPO) atas kesuksesan penyelenggaraan CAEXPO 2023 secara fisik tahun ini. Ia menjelaskan bahwa CAEXPO adalah bentuk kolaborasi nyata antara ASEAN dan Tiongkok yang saling menguntungkan.
 
“Sejak tahun 2020, di tengah pandemi, ASEAN menjadi mitra dagang terbesar RRT dan kerja sama ekonomi ASEAN - Tiongkok terus bertumbuh,” ujar Wapres
 
Kehadiran Indonesia di CAEXPO 2023, sambung Wapres, yang salah satunya melalui Paviliun City of Charms, juga adalah hasil kolaborasi antara komunitas bisnis, asosiasi, dan pemerintah daerah.
 
 
Menurutnya paviliun ini menjadi satu lagi bukti nyata dari kerja sama erat antara Tiongkok dan ASEAN dalam mempromosikan perdagangan dan kerja sama ekonomi di wilayah ini. 
 
Ia menjelaskan bahwa Paviliun City of Charms yang ia resmikan menampilkan potensi Provinsi Kalimantan Tengah, yang merupakan provinsi terluas di Indonesia.
 
Wapres pun mengharapkan paviliun ini menjadi wadah untuk mengukuhkan hubungan antara kedua entitas (Tiongkok dan ASEAN), serta membuka peluang yang lebih besar untuk masa depan yang lebih cerah. 
 
“Harapan saya Paviliun ini dapat menjadi jendela untuk showcase keunggulan dan potensi daerah di Indonesia dan mendorong kerja sama ekonomi tingkatan daerah antara ASEAN dan Tiongkok,” 
 
“Kita berterima kasih, terlebih kepada Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok, Yang Mulia Li Qiang yang baru saja berkunjung ke Paviliun ini,” sambungnya 
 
Menutup pidatonya, Wapres secara resmi membuka Paviliun City of Charms Kalimantan Tengah di lokasi penyelenggaraan CAEXPO 2023. 
 
Sebelumnya, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo yang membacakan sambutan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Kalteng berkesempatan berpartisipasi pada CAEXPO 2023 dengan memanfaatkan peluang promosi potensi provinsi/daerah.
 
Hal ini dilakukan melalui Paviliun Nasional Indonesia City of Charm dan juga Paviliun Komoditas yang melibatkan Industri Pariwisata, Sanggar Kesenian Tari Budaya, Pengusaha (pihak swasta) di berbagai sektor komoditas unggulan, serta Perajin dan IKM/UMKM.
 
“Menjadi harapan kita bersama, event ini menjadi sarana strategis untuk mengembangkan dan mempromosikan produk-produk unggulan potensial Kalimantan Tengah di pasar luar negeri, serta strategi untuk menembus pasar tersebut,” ungkapnya. 
 
Lebih jauh, Edy memaparkan bahwa Kalteng adalah Provinsi terluas di Indonesia yang memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) melimpah, bukan hanya tambang, tetapi juga pesona alam dan aneka ragam flora fauna, serta sektor perkebunan kelapa sawit.
 
“Berdasarkan data Perdagangan Luar Neger Provinsi Kalteng, sektor Mineral dan Batubara (MINERBA) menempati urutan teratas bersama dengan Kelapa Sawit (CO dan turunannya) sebagai produk ekspor unggulan dari Provinsi Kalimantan Tengah dalam lima tahun terakhir,” urainya. 

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Lakukan Kunjungan Kerja ke Tiongkok

Bahkan, sambung Edy, Provinsi Kalteng dari tahun ke tahun selalu berkontribusi positif secara signifikan sebagai salah satu provinsi penyumbang devisa terbesar bagi negara.

Hal tersebut dibuktikan dengan Neraca Perdagangan Luar Negeri Kalimantan Tengah dalam lima tahun terakhir selalu Surplus, di atas USD 1,5 Miliar. 

“Bahkan di saat Pandemi COVID-19 beberapa tahun lalu, Alhamdulillah, kinerja Perdagangan Luar Negeri Provinsi Kalimantan Tengah terus menunjukkan prestasinya, dengan selalu mengalami surplus,” ujarnya. 
 
Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kalteng juga fokus terhadap kemajuan ekspor Kalimantan Tengah, salah satunya melalui kebijakan yang diberikan untuk mendukung pertumbuhan ekspor Kalimantan Tengah, baik itu kepada para eksportir existing, calon eksportir atau potensial ekspor, dan pelaku usaha IKM lainnya.
 
“Di samping itu, dukungan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) sebagai mitra Pemerintah Daerah berperan penting dalam membina dan menumbuhkembangkan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kalimantan Tengah bagi penguatan ekonomi masyarakat dan daerah. Oleh karena itu, IKM-IKM yang ada harus dipandang dan diposisikan sebagai salah satu aset dan pilar utama ekonomi daerah, bahkan nasional,” sebut Edy. 
 
“Harapan kami ke depan, kinerja Perdagangan Luar Negeri Kalteng akan semakin baik, dan Pelaku IKM Kalteng semakin banyak yang Go Global, mampu melakukan ekspor dan memiliki nilai tambah ekonomi, terlebih potensi alam yang dimiliki Kalteng luar biasa dan memiliki keunikan, seperti kerajinan getah nyatu, benang bintik, rotan, aneka jenis ikan, dan lainnya,” pungkasnya.
 
Di dalam Paviliun City of Charms Provinsi Kalimantan Tengah dipamerkan berbagai produk unggulan Kalteng seperti sarang burung walet, tanaman aquatik, herbal, batu-batuan mulia, batu bara, madu hutan, serta berbagai produk hasil pertanian dan perkebunan seperti kopi, coklat, dan pinang.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm