Mulai 1 Oktober 2023, Face Recognition Wajib Dilakukan Pelanggan KAI Daop 2 Sebelum Boarding

30 September 2023 13:53 WIB
Foto: Mulai 1 Oktober 2023 Daop 2 Bandung Mewajibkan Pelanggan Melakukan FR di Stasiun Bandung, Sabtu (30/9/2023)
Foto: Mulai 1 Oktober 2023 Daop 2 Bandung Mewajibkan Pelanggan Melakukan FR di Stasiun Bandung, Sabtu (30/9/2023) ( Dok. Humas Daop 2)
Bandung, Sonora.ID - Bagi pelanggan kereta api jarak jauh (KAJJ) dengan keberangkatan dari Stasiun Bandung, bersiap untuk melakukan Face Recognition (FR) sebelum melakukan boarding.
 
"Ya, mulai 1 Oktober 2023, Daop 2 Bandung mewajibkan pelanggan Face Recognition sebelum boarding di Gate Utara Stasiun Bandung," ucap Manager Humas Daop 2 Mahendro T Bawono saat ditemui Sonora di Stasiun Bandung, Sabtu (30/9/2023).
 
"Jadi pelanggan harus daftar dulu ke petugas di Hall Utara Stasiun Bandung," tegas Mahendro.
 
Mahendro menuturkan, Face Recognition Boarding Gate sendiri merupakan fasilitas layanan boarding yang dilengkapi dengan kamera yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan memvalidasi indentitas pelanggan melalui wajah yang datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket kereta yang dimiliki penumpang yang ada pada sistem boarding KAI. 
 
"Dengan Face Recognition Boarding, proses boarding makin praktis, karena pelanggan cukup memindai wajah melalui Face Recognition Gate dan tidak perlu lagi menunjukkan KTP atau bukti print tiket," jelas Mahendro.
 
Di Stasiun Bandung, lanjut Mahendro, proses registrasi dapat dilakukan pada mesin Check In Counter (CIC) atau melalui petugas layanan khusus yang berada di area hall utara. 
 
"Proses registrasi tidak dapat diwakili, cukup membawa e-KTP proses registrasi dapat langsung dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada perangkat Reader kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang ada di e-KTP reader," ungkap Mahendro.
 
Bagi pelanggan yang tidak dapat melakukan registrasi karena tidak memiliki e-KTP seperti pelanggan anak atau e-KTP nya dalam keadaan rusak tidak perlu khawatir, proses registrasi juga dapat dilakukan melalui petugas layanan yang tersedia. 
 
 
Mahendro menjelaskan, jadwal petugas layanan registrasi FR di hall Utara Stasiun Bandung melayani pada pukul 04.30 sampai dengan 22.00 kecuali untuk hari Selasa dan Rabu mulai pukul 09.00 sampai dengan 22.00. 
 
"Untuk pelanggan kereta berstatus Warga Negara Asing (WNA) yang menggunakan paspor dilayani menggunakan mobile boarding," kata Mahendro.
 
"Pendaftaran cukup sekali dan berlaku untuk seterusnya termasuk saat berada di stasiun lain yang sudah memiliki fasilitas Face Recognation Boarding Gate seperti Stasiun Gambir, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Semarang Tawang Bank Jateng, Malang, dan Solo Balapan," ungkapnya.
 
“Bagi pelanggan KA yang sudah pernah menggunakan layanan serupa di stasiun-stasiun tersebut, tidak perlu melakukan registrasi lagi,” lanjut Mahendro. 
 
Jika sudah melakukan registrasi, pelanggan tidak perlu lagi melakukan cetak boarding pass. Pelanggan dapat langsung menuju ke Face Recognition Boarding Gate jika waktu untuk boarding sudah dapat dilakukan. 
 
"Mudah kok. Pelanggan tinggal mengarahkan wajah ke mesin pemindai dan jika data tiket, identitas, dan syarat lainnya sudah sesuai, maka gate akan otomatis terbuka," kata Mahendro.
 
Proses pemindaian wajah pelanggan dan proses verifikasi seluruh data yang tersimpan di sistem KAI sangat cepat, sehingga hal tersebut akan sangat mempermudah pelanggan dan memperlancar antrean saat proses boarding.
 
Lebih lanjut Mahendro mengatakan, sebenarnya Stasiun Bandung sendiri sudah menerapkan FR Boarding Gate sejak 28 September 2022 lalu, namun baru 1 Oktober 2023 semua pelanggan KAJJ diwajibkan FR.
 
"Jadi Stasiun Bandung menjadi stasiun pertama yang mengujicobakan fasilitas Face Recognition Boarding Gate dalam rangka memastikan dan menyempurnakan layanan inovatif terbaru dari KAI," kata Mahendro.
 
“Penerapan FR Boarding Gate diharapkan semakin mempermudah pelanggan dalam melakukan perjalanan karena proses boarding akan jauh lebih cepat, praktis dan tidak memerlukan verifikasi berkas manual, sejumlah hal tersebut tentunya akan membuat pelanggan menjadi lebih nyaman dalam menikmati seluruh proses perjalanan menggunakan kereta api,” tutup Mahendro.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Baca Juga: Libur Maulid Nabi Muhammad SAW, Pelanggan KA di Daop 2 Bandung Meningkat 19 Persen

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm