Kemenkop-UKM RI Komitmen Dukung Pengembangan Sektor Pertanian dan Industri di Kukar

1 Oktober 2023 13:05 WIB
( (Istimewa))

Tenggarong, Sonora.ID - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM) RI menegaskan komitmennya untuk mendukung Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) dalam upaya pengembangan sektor pertanian dan industri terkait.

Deputi Bidang UKM Kemenkop-UKM, Hanung Harimba Rachman, mengungkapkan komitmen ini selama kunjungannya ke Kabupaten Kukar, yang disambut oleh Bupati Kukar Edi Damansyah di Pendopo Odah Etam.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Edi Damansyah meminta dukungan dari Kemenkop-UKM dalam proyek pembangunan pabrik industri rumput laut di Kecamatan Muara Badak, serta pengembangan pabrik tepung jahe dan minyak atsiri di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kuku.

"Pemrosesan mesin untuk pabrik rumput laut di Muara Badak saat ini berada dalam tahap lelang. Oleh karena itu, saya memohon bantuan dan pendampingan dari Kemenkop-UKM," kata Bupati Edi.

Harapannya adalah pembangunan kedua pabrik ini akan memberikan dampak positif secara ekonomi bagi petani lokal dan mendorong pertumbuhan ekonomi di kalangan masyarakat.

Baca Juga: Gemasaba Kaltim Gelar Aksi Tuntut Ketua DPRD Kukar Mundur dan Lanjutkan Proses PAW Kader PKB

Kemenkop-UKM siap untuk memberikan dukungan aktif dalam mempercepat pengembangan produk pertanian di Kukar.

Bupati Kukar, Edi Damansyah saat menjamu rombongan Kemenkop-UKM

Hanung merespons permintaan ini dengan positif, menyatakan kesiapannya untuk membantu dan mendampingi Pemkab Kukar dalam proses pembangunan dan pengembangan kedua pabrik tersebut.

Dukungan ini bertujuan untuk memastikan kelangsungan program Pemkab Kukar yang sejalan dengan visi Kemenkop-UKM, yaitu meningkatkan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah.

"Hal ini selaras dengan visi Kemenkop-UKM yang mendorong hilirisasi guna mendukung pelaku UMKM di daerah. Kemenkop-UKM siap memberikan bantuan sesuai dengan yang diinginkan Pemkab Kukar, dan saya akan mengutus tim untuk memberikan pendampingan," tegas Hanung.

-Adv

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm