BKKBN Sulut Gelar Orientasi Kampung KB dan Pemberdayaan Kelompok Masyarakat

4 Oktober 2023 18:25 WIB
Perwakilan BKKBN Prov. Sulut menggelar kegiatan Orientasi Kampung KB dan Pemberdayaan Kelompok Masyarakat di Kampung KB dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Prov. Sulut tahun 2023.
Perwakilan BKKBN Prov. Sulut menggelar kegiatan Orientasi Kampung KB dan Pemberdayaan Kelompok Masyarakat di Kampung KB dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Prov. Sulut tahun 2023. ( )

Manado, Sonora.ID - Ondong, 3 Oktober 2023 Perwakilan BKKBN Prov. Sulut menggelar kegiatan Orientasi Kampung KB dan Pemberdayaan Kelompok Masyarakat di Kampung KB dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Prov. Sulut tahun 2023.

Kegiatan ini dibuka oleh Pj. Bupati Kepulauan Sitaro Drs. Joi Eltiano Bernadin Oroh, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada segenap jajaran Perwakilan BKKBN Prov. Sulut dan Dinas PPKB Kepulauan Sitaro yang telah memprakarsai kegiatan bernilai penting ini, terutama dalam meningkatkan kapasitas pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas dalam upaya Percepatan Penurunan Stunting di daerah.

Diharapkan program ini mampu meningkatkan pemahaman pengelolaan tingkat desa tentang upaya penanganan stunting sebagai wujud komitmen kita bersama dalam menjawab tantangan yang dihadapi.

Pemerintah Kab. Kepulauan Sitaro gencarkan program GESIT EVA'S (Gerakan Sitaro Edukasi InterVensi Anak Stunting), demi Percepatan Penurunan Stunting daerah, sehingga melalui lingkungan terkecil yaitu keluarga setiap anak akan mendapatkan perawatan serta dukungan yang layak untuk tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Baca Juga: Gerakan Pangan Murah Kembali Digelar, Warga Berharap Ada Keberlanjutan

Dalam kesempatan ini Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Sulut Ir. D. Tino Tandaju, M. Erg memberikan sambutan sekaligus memaparkan kondisi Sitaro dalam kegiatan Percepatan Penurunan Stunting dan Program BanggaKencana. Saat ini terdapat beberapa hal penting dalam pengelolaan Program BanggaKencana yang memerlukan akselerasi partisipasi dan peran serta seluruh mitra kerja terutama di Kepulauan Sitaro yaitu:

Percepatan Penurunan Stunting
Berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022, prevalensi stunting di Kab. Kepulauan Sitaro sebesar 14,4% atau turun 8,1% dari prevalensi tahun 2021 yaitu sebesar 22,5%.

Bila melihat hasil pengukuran bulan Februari 2023 melalui elektronik pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat (e-PPGBM) masih terdapat 20 (0,58% dari 3.421 anak yang diukur) anak yang dikategorikan sebagai stunting.

Berdasrkan hasil updating data PK22 di Kab. Kepulauan Sitaro terdapat 4.311 keluarga yang punya resiko stunting.

Untuk itu, kelompok masyarakat terutama yang berada di Kampung Keluarga Berkualitas perlu diberdayakan sehingga bersama-sama dengan Tim Pendamping Keluarga dapat melakukan pendampingan bagi anak stunting dan keluarga yang beresiko stunting.

Turut hadir Kepala Dinas PPPA, PP dan KB Fabiola Papona, S. Sos, Ketua TP.PKK Kab. Kepulauan Sitaro Maja Eva Oroh Rumengan, SE, Sekda Sitaro Denny Kondoj, M. Si, Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian Sekda dan Camat, Kapitalau, Ketua Pokja Kependudukan bersama tim BKKBN Prov. Sulut dan Satgas PPS Prov. Sulut. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Pemda Kab. Kepulauan Sitaro.

Baca Juga: Hantaru Ke-63, Kanwil BPN Sulut Siap Laksanakan Amanat Kementerian

Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm