Rapat Koordinasi Percepatan Pengendalian Karhutla Provinsi Sumsel 2023

9 Oktober 2023 12:10 WIB
( )

 

Palembang, Sonora.ID – Dalam rapat koordinasi percepatan pengendalian karhutla yang digelar di Auditorium Graha Bina Praja, Kamis 5 Oktober 2023, Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni didampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol A.Rachmad Wibowo SIK siap mengalokasikan anggaran untuk mempercepat penanganan Karhutla di wilayah Sumsel.

Rakor ini dihadiri oleh sejumlah pejabat, di antaranya Para Kapolres Jajaran Polda Sumsel  Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK RI, Sigit Reliantoro dan sejumlah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumsel. Diantaranya, Wakil Ketua DPRD Sumsel, Giri Ramanda Nazaputra Kiemas, Panglima Kodam (Pangdam) II Sriwijaya, Mayjen TNI Yanuar Adil, Kapolda Sumsel Irjen Pol A.Rachmad Wibowo, Kejati Sumsel Sarjono Turin, Danrem 044 Garuda Dempo Brigjen TNI M Naudi Nurdika, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara SMH Palembang, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Palembang, Bupati/Walikota se-Sumsel. Kepala OPD serta para pimpinan perusahaan perkebunan dan HTI di Provinsi Sumsel.

Rakor tersebut membahas sejumlah langkah yang akan dilakukan dalam penanganan penanggulangan Karhutla. Termasuk menginventarisir semua kebutuhan dan permasalahan dari Tim Satgas Karhutla.

Baca Juga: Masa Reses, Komisi XI DPR RI Kunjungi Palembang

Masing-masing Satgas baik dari TNI-Polri maupun stakeholder lainnya memaparkan sejumlah hal yang sudah dilakukan, termasuk langkah-langkah kedepannya.

"Untuk penanganan agar tidak terjadi lagi Karhutla, banyak sekali yang dilakukan.  Pertama sosialisasi, kedua penegakan hukum pemadaman api dan macam-macam, termasuk kita siapkan alokasi anggaran," ujar Fatoni.

Terkait metode penanganan Karhutla, pihaknya tetap menggunakan cara atau langkah yang telah dilakukan selama ini. Namun, Fatoni menegaskan akan melakukan penambahan sejumlah teknologi.

"Penambahan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) juga diusulkan penambahan termasuk water bombing. Kemudian kita juga akan melakukan penggeseran anggaran di Pemda," tambah Fatoni.

Selain mengalokasikan anggaran, Fatoni juga meminta pihak swasta untuk ikut berkontribusi membantu percepatan penanganan Karhutla. Seperti menambah pembuatan embung, kanal dan lainnya.

"Soal anggarannya, kita hitung dulu kemudian kita carikan sumbernya baik dari pemerintah daerah, kabupaten/kota maupun dari pihak swasta. Untuk pendanaan dapat dilakukan Pemda melalui pergeseran anggaran yang bersumber dari Belanja Tidak Terduga (BTT)," jelas Fatoni.

Sementara itu Kapolda Sumsel Irjen Pol A.Rachmad Wibowo SIK memapaparkan upaya yang sedang dilaksanakan Personel Polda Sumsel yakni operasi Kewilayahan dengan nama operasi Stop Karhutla Musi 2023

Hal lain yang tak kalah penting dilakukan untuk mempercepat penanganan Karhutla di Sumsel adalah tetap melakukan sosialisasi secara masif, baik Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota hingga ke tingkat desa.

Baca Juga: Ditreskrimsus Polda Sumsel Berhasil Amankan Kapal Penyelundup BBM Ilegal asal Muba

"Perlu juga penegakan hukum dengan mengaktifkan Gakkumdu bersama Polri, Kejaksaan dan Gakkum KLHK," tandas  Alumni Akpol 93.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK RI Sigit Reliantoro mengatakan terdapat 4 titik prioritas penanganan Karhutla, diantaranya PT Waringin Agro Jaya di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), kedua area Suaka Margasatwa Padang Sugihan, ketiga ruas jalan tol Palembang-Kayuagung, tol Indralaya-Prabumulih dan Jalintim Sumatera, keempat area PT Banyu Kahuripan Indonesia Kabupaten Banyuasin dan Musi Banyuasin.

Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Yanuar Adil mengungkapkan pihaknya akan menerjunkan 3 SSK dengan total 350 personel, menurutnya, El Nino diperkirakan dapat terjadi hingga November mendatang. Hal itu tentu butuh atensi khusus karena masih akan berlangsung satu bulan kedepan.

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm