Makna Lagu My Love Mine All Mine - Mitski, Ceritakan tentang Apa?

9 Oktober 2023 15:41 WIB
Makna lagu "My Love Mine All Mine" dari Mitski.
Makna lagu "My Love Mine All Mine" dari Mitski. ( YouTube/Mitski)

Sonora.ID - Makna lagu "My Love Mine All Mine" dari Mistki menjadi salah satu kunci yang dicari sebab lagunya memang tengah ramai diperbincangkan.

Lagu ini rilis pada pertengahan September 2023 bersamaan dengan sebuah video klip yang diunggah di kanal YouTube Mitski.

Hingga artikel ini ditulis pada Senin (9/10/2023), video tersebut telah menggaet lebih dari 1,9 juta tayangan dan disukai 150 ribu pengguna.

Beraliran alternative/indie, "My Love Mine All Mine" dimuat dalam album terbaru Mitski yang diluncurkan dengan tajuk The Land Is Inhospitable and So Are We.

Baca Juga: Makna Lagu Take a Chance with Me - NIKI, Cocok untuk yang Kasmaran

Apa makna lagu My Love Mine All Mine?

Lagu "My Love Mine All Mine" menceritakan tentang seseorang yang mempercayai dan memanifestasikan cintanya pada bulan.

Harapannya, cinta tersebut bisa tersampaikan dan dirasa oleh orang-orang tersayangnya jika ia pergi.

Setidaknya, demikian dikutip dari laman Genius. Namun, perlu diingat bahwa setiap lagu dapat memiliki makna beragam bagi masing-masing orang.

Hal ini dikarenakan pengalaman, perspektif, dan lingkungan yang dialami setiap orang berbeda, jadi interpretasi terhadap sebuah karya juga mungkin berbeda.

Supaya dapat mengerti lagunya dengan pemahaman yang lebih dalam, simak penjelasannya di bawah ini dari bait ke bait.

Moon, a hole of light
Through the big top tent up high
Here before and after me
Shinin' down on me

Lagu dibuka dengan sudut pandang Mitski yang melihat bulan dengan cahaya terang menerangi bumi.

Ia mengibaratkan pemandangan tersebut seperti lubang di dalam tenda.

"Aku sedang duduk di luar dan bulan sangat cerah. Aku merasa seperti tenda yang menutupi langit dan bulan adalah sebuah lubang di tenda, membiarkan cahaya masuk," ujar Mitski dalam wawancaranya bersama Genius.

Mitski menyadari bahwa bulan yang menyinarinya itu sudah ada sejak Mitski belum lahir dan akan terus ada setelah ia mati.

Baca Juga: Makna Lagu bird - wave to earth, Ceritakan tentang Kebebasan

Moon, tell me if I could
Send up my heart to you?
So, when I die, which I must do
Could it shine down here with you?

Melihat lebih panjang umurnya bulan dibanding dirinya sendiri, Mistki bertanya apakah bisa ia menitipkan cinta miliknya pada bulan.

Dengan begitu, saat kematian yang pasti datang kepada Mitski terjadi, cinta yang Mitski punya saat ada di dunia akan ikut menerangi bumi.

"Aku hanya memikirkan betapa sedihnya hal itu, bukan karena aku harus mati, tapi karena aku harus berhenti hidup. Karena aku suka menjalani hidup, aku mencintai orang-orang, aku mencintai dunia. Jadi, aku berpikir, 'Aku berharap cinta dalam diriku, yang hanya sementara, bisa naik ke bulan abadi dan terus bersinar bersamanya," papar Mitski.

'Cause my love is mine, all mine
I love, my, my, mine
Nothing in the world belongs to me
But my love, mine, all mine, all mine

Pada bagian reff, Mitski mengungkapkan bahwa hanya cinta dalam dirinya yang benar-benar ia miliki dan tak bisa diambil orang lain.

"Aku berpikir tentang bagaimana sebenarnya aku tidak punya apa pun yang bisa kusimpan. Aku sangat beruntung memiliki beberapa hal materi, tetapi semua hal materi pada akhirnya akan hilang. Mereka bisa hilang, rusak, dicuri, atau rusak. Termasuk tubuhku, begitu aku mati, semua ini tidak akan berarti apa-apa," jelas penyanyi kelahiran Jepang itu dalam video Behind the Song yang diunggah di YouTube-nya.

Ia kemudian menyadari bahwa hal yang seutuhnya miliknya hanyalah cinta.

"Aku tahu ini klise, tapi aku benar-benar berpikir, 'Inilah cinta yang kurasakan dalam diriku, yang telah kumiliki. tercipta di dalam diriku, yang telah kubangun di dalam diriku, yang telah kupegang. Dan itu milikku selama aku menginginkannya, selama aku tidak menyerahkannya atau membiarkan dunia mengambilnya dariku,’" tegas Mitski.

Baca Juga: Lirik dan Makna Lagu 'Masa Mudaku Habis' - Ghea Indrawari 

My baby here on earth
Showed me what my heart was worth
So, when it comes to be my turn
Could you shine it down here for her?

Setelah hanya membicarakan dirinya sendiri di bagian awal, Mitski di bagian ini mengajak masuk orang lain.

Namun, keinginannya tetap sama, ia berharapp bulan bisa menyinari cintanya pada orang yang ia sayangi.

"Aku belajar betapa berharganya hati saya dan betapa indahnya hati saya melalui mencintai dan peduli terhadap orang lain," jelas Mitski menutup penjelasan makna lagu "My Love Mine All Mine".

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm