Program Subsidi Tepat BBM dan LPG Berjalan Lancar di Sulsel

11 Oktober 2023 11:52 WIB
Program subsidi tepat Pertamina
Program subsidi tepat Pertamina ( Dok Google)

Makassar, Sonora.ID - Program subsidi tepat BBM dan LPG yang dijalankan oleh Pertamina sejak Maret 2023 lalu progresnya telah mencapai 100 persen. Seperti diketahui, program subsidi tepat BBM bertujuan untuk memudahkan para pengguna yang berhak mendapatkan solar subsidi melalui pembelian dengan menggunakan QR Code.

Sales Area Manager Retail Sulawesi Selatan dan Barat Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Eko, mengatakan, saat ini seluruh SPBU telah menerapkan program subsidi tepat BBM. 

Sementara, program subsidi tepat LPG saat ini realisasi on boarding pangkalan yang siap mendata konsumen sudah 99 % atau 30.147 pangkalan untuk wilayah Sulawesi.

Khusus Sulawesi Selatan, progres subsidi tepat LPG mencapai 98% atau 11.749 pangkalan. "Diharapkan nantinya LPG 3 kg dapat dinikmati oleh masyarakat yang berhak.” ujar Eko dalam keterangannya di Makassar, baru-baru ini.

Baca Juga: Wujudkan Kemandirian Energi dan Ekonomi Lewat Program Desa Energi Berdikari

Menurut Eko, program tersebut bertujuan agar penyaluran LPG subsidi 3 Kg tepat sasaran dengan segmen yang diatur pemerintah. Selain itu, melindungi konsumen yang berhak seperti Rumah Tangga kurang mampu, UMKM kecil, Petani Sasaran dan Nelayan Sasaran.

Pada kesempatan yang sama, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw, menyampaikan, program Subsidi Tepat LPG masuk dalam tahapan ketiga yaitu Implementasi. 

Pangkalan LPG mulai melakukan penerapan pembelian LPG 3 Kg dengan mendata konsumen yang bertransaksi dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) untuk didaftarakan ke dalam website Merchants Apps MyPertamina (MAP).

“Jika NIK KTP dan KK sudah terdata di P3KE dan datanya cocok, nantinya konsumen bisa langsung bertransaksi pembelian LPG 3 Kg di sub penyalur atau pangkalan resmi. Namun jika belum terdata, konsumen dapat mendaftarkan NIK KTP dan KK di sub penyalur atau pangkalan resmi dengan pendaftaran hanya dilakukan sekali” imbuh Fahrougi.

Baca Juga: Ditjen Migas dan Pertamina Sulawesi Pantau Langsung Subsidi Tepat LPG 3 Kg di Makassar

Sebelumnya, Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah menggelar rapat koordinasi dalam rangka menjaga distribusi BBM dan LPG di wilayah Sulawesi Selatan yang digelar di Aula Kantor Gubernur Sulawesi Selatan.

Dalam rapat tersebut, Kepala Bidang Energi Baru dan Terbarukan ESDM Propinsi Sulawesi Selatan, Andi Ishak, menyampaikan, BBM dan LPG menjadi peran penting dalam penggerak ekonomi masyarakat. Karena itu, pasokan dan distribusinya harus dipastikan lancar. 

“Ini perlu kita jaga bersama distribusinya supaya lancar dan tepat sasaran agar dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Propinsi Sulawesi Selatan dan kami mengapresiasi usaha Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi selama ini dalam memenuhi kebutuhan BBM dan LPG bagi masyarakat.” ucapnya.

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm