11 Contoh Kalimat Sanggahan Beserta Pengertian dan Ciri-cirinya

11 Oktober 2023 13:55 WIB
Ilustrasi orang yang berargumentasi
Ilustrasi orang yang berargumentasi ( Pixabay)

Sonora.ID - Simak 11 contoh kalimat sanggahan beserta pengertian dan ciri-cirinya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sanggahan berarti bantahan atau pendapat lain atas suatu pendapat (prasaran).

Situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mendefinisikan sanggahan sebagai ungkapan penolakan terhadap suatu ide atau pendapat dengan menyertakan alasan yang mendukung penolakan tersebut.

Sementara menurut Buku Persiapan Ujian Nasional Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs karya Seni Handiyani Wildan mengartikan kalimat sanggahan sebagai ungkapan ketidaksetujuan terhadap satu masalah atau pembicaraan

Kalimat sanggahan yang baik disampaikan dengan kata persuasif dan sopan lewat diksi yag sesuai dan situasi yang tepat.

Ciri-ciri kalimat sanggahan

Dikutip dari buku Debat: Berpikir Kritis, Berwawasan Luas, Persuasif, Argumentatif (2018) karya Fegy Lestari, berikut beberapa ciri-ciri kalimat sanggahan.

  • Disampaikan secara logis, obyektif, dan jujur
  • Penyampaian kalimata sanggahan tanpa emosi atau prasangka negatif
  • Pakai kata pertentangan, seperti tetapi dan namun
  • Menunjukkan fakta berdasarkan data atau perbandingkan yang meyakinkan orang lain
  • Disampaikan secara detail, rinci, urut, dan jelas

Baca Juga: 70 Kata Baku yang Sering Salah Penulisannya

Contoh kalimat sanggahan

  • Pada dasarnya, kami setuju dengan apa yang dikatakan oleh Ketua OSIS. Namun, alangkah lebih penting juga memasukan nilai-nilai agaman di setiap aktivitas.
  • Menurut kamu, alasan yang diberikan oleh Kepala Sekolah cukup mengesankan. Tetapi, ada beberapa aspek evaluasi yang tidak dimasukkan.
  • Menurut kami, alasan yang dikemukakan saudara Indera sangat memukau. Tetapi, ada beberapa aspek penilaian yang tidak diikutsertakan di dalamnya.
  • Bukannya saya tidak setuju untuk membatasi jam menonton TV bagi anak-anak, tetapi ada hal-hal yang lebih penting. Anak-anak tidak boleh dibiarkan sendirian tanpa pengawasan orang dewasa.
  • Kami telah sepakat untuk pindah dari asrama ini sesuai dengan instruksi kepala asrama, tetapi asrama harus memberi kami penjelasan mengapa kami harus segera pindah.
  • Sebenarnya saya setuju dengan sikap para warga yang memprotes aksi geng motor melewati jalan ini. Namun, sikap itu tidak seharusnya anarkis dan merugikan warga lain.
  • Betul saya setuju dan sependapat dengan aksi masyarakat mengecam terorisme, tetapi tidak harus menghakimi orang lain dari penampilannya saja.
  • Menurut saya, hasil keputusan rapat ini sudah sesuai dengan kebutuhan kita. Namun, keputusan itu kurang mendetail sehingga beberapa orang masih kurang paham.
  • Saya setuju jika lingkungan berpengaruh terhadap tingkah laku seseorang. Namun, pendidikan dan kemampuan agama juga mempunyai andil besar dalam menentukan karakter seseorang.
  • Kamu memang terlihat cantik dengan gaun itu, tetapi itu tidak cocok untuk ibadah.
  • Saya setuju jika mahasiswa harus menulis karya ilmiah jurnal. Namun, dosen perlu membimbing mahasiswa menulis jurnal yang baik agar tidak salah dan mengulang kembali.

Baca Juga: 30 Contoh Kalimat Warning dalam Bahasa Inggris Beserta Terjemahan

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm