Sashimi Memang Lezat, Namun Ini Efek Terlalu Sering Mengonsumsi Daging Mentah Bagi Tubuh

11 Oktober 2023 14:00 WIB
Bahaya makan sashimi dan sushi
Bahaya makan sashimi dan sushi ( Freepik)

Sonora.ID - Biasanya, akhir pekan merupakan waktu yang sangat ideal untuk menghabiskan waktu bersama orang yang terdekat kita, entah itu dengan berjalan-jalan atau hanya menikmati hidangan di restoran.

Saat ini, banyak restoran yang menawarkan beragam jenis makanan, termasuk masakan khas Indonesia dan cita rasa internasional.

Salah satu pilihan yang banyak diminati oleh banyak orang adalah hidangan Jepang seperti sushi, sashimi, atau hidangan khas Jepang lainnya.

Namun, apakah Anda tahu bahwa mengonsumsi daging mentah seperti sushi atau sashimi terlalu sering sebenarnya dapat berdampak negatif pada kesehatan?

Baca Juga: 5 Kebiasaan Orang Jepang yang Bisa Jadi Inspirasi Masyarakat Indonesia

Seperti yang kita ketahui, proses memasak bertujuan untuk menghilangkan bakteri dan kuman yang terdapat dalam makanan.

Jika proses memasak tidak dilakukan dengan benar, seperti daging yang belum matang sepenuhnya, dapat menimbulkan risiko bagi sistem pencernaan.

Terutama jika makanan sama sekali tidak menjalani proses memasak. Ini adalah dampak negatif dari mengonsumsi daging mentah yang perlu kita pahami:

Mengandung Merkuri

Mengonsumsi makanan mentah, terutama ikan, dapat mengakibatkan peningkatan risiko paparan zat beracun seperti merkuri.

Merkuri adalah bahan kimia yang dapat mengendap di dalam ikan akibat paparan limbah manusia di perairan tempat mereka hidup. Di dalam lingkungan air, merkuri tersebut mengalami perubahan menjadi metil-merkuri yang kemudian terikat pada protein dalam otot ikan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm