Delegasi AHLF Apresiasi Inovasi Kemensos untuk Alat Mobilitas Penyandang Disabilitas

13 Oktober 2023 13:40 WIB
Delegasi AHLF Datangi Sentra Wirajaya Makassar
Delegasi AHLF Datangi Sentra Wirajaya Makassar ( Sonora.ID)

Makassar, Sonora.ID - Para delegasi dan tamu undangan mengapresiasi ratusan produk berkualitas tinggi karya penyandang disabilitas dari seluruh Indonesia yang dipamerkan di Sentra Wirajaya Makassar.

Pameran ini mengakhiri rangkaian Forum Tingkat Tinggi ASEAN tentang Disabilitas atau ASEAN High Level Forum (AHLF) on Enabling Disibality-Inclusive Development beyond 2025.

“Kami ingin menunjukkan kepada delegasi ASEAN High Level Forum (AHLF) berbagai karya penyandang disabilitas dari seluruh Indonesia,” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sentra Wirajaya di Makassar, Kamis (12/10/2023). Mensos bersyukur karena karya-karya disabilitas tersebut mendapat apresiasi dan pujian dari delegasi negara-negara ASEAN.

Sebelumnya, kata Mensos, para penyandang disabilitas itu telah melalui serangkaian pelatihan dan dibimbing oleh para pendamping untuk bisa menghasilkan produk atau karya yang bisa bernilai ekonomis.

Baca Juga: Forum Tingkat Tinggi ASEAN di Makassar Bahas Tiga Poin Penting Pemenuhan Hak Disabilitas

“Usai melihat upaya pemberdaayaan yang Indonesia lakukan terhadap penyandang disabilitas. Kemarin itu, ada delegasi dari Kamboja yang meminta kepada kami untuk memberikan training pemberdayaan dan melatih tari, ” ungkap Mensos.

Agar bisa menghasilan sebuah produk dan karya tersebut, para penyandang disabilitas harus terus diberikan pelatihan dan tetap menjaga kualitas agar bisa meningkat kelas menuju kalangan menengah atas.

Untuk merk dan desain Kemensos menggandeng para mahasiswa dan perguruan tinggi untuk membuat desain yang menarik. Selain bermanfaat bagi penyandang disabilitas kerjasama atau kolaborasi ini juga membawa pengalaman bagi mahasiswa sehingga mahasiswa kelak mengembangkan sikap kewirausahaan.

Produk yang dipamerkan antara lainTongkat Penuntun Adaptif (TPA), Gelang Tuna Rungu dan Wicara (GRUWI) dan Gelang Tuna Grahita (GRITA), kursi roda adaptif, motor roda dan berbagai produk lainnya.

Khusus untuk produk inovasi Kemensos alat bantu mobilitas penyandang disabilitas ternyata diminta oleh orang asing. "Tadi ada yang mau beli alat bantu tersebut. Tetapi karena belum diproduksi massal dan belum bersifat komersial jadi tadi diberikan saja kepada delegasi yang meminta tersebut," kata Mensos.

Baca Juga: Mensos Tri Rismaharini Ungkap Alasan di Balik Tangisannya saat AHLF

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm