Gandeng Kampus Unhas, Erick Thohir Ajak Generasi Milenial Jadi Pelopor Keselamatan Lalu Lintas

18 Oktober 2023 09:58 WIB
Jasa Raharja dan Kampus Universitas Hasanudin Makasar kolaborasi soal keselamatan berlalulintas.
Jasa Raharja dan Kampus Universitas Hasanudin Makasar kolaborasi soal keselamatan berlalulintas. ( Dok Jasa Raharja)

Makasar, Sonora.Id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengajak kepada generasi milenial untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Hal itu ditegaskan Erick Thohir pada acara HK Jasa Raharja - Kampus Pelopor Keselamatan (KaPeKa) Berlalu Lintas di Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (18/10/2023).

Bukan tanpa alasan hal itu ditegaskan Erick Thohir. Sebab, katanya, generasi muda merupakan ujung tombak dalam pembangunan bangsa ke depan. Di tangan anak muda juga nasib bangsa ini dipertaruhkan. Dalam beberapa hal, Erick Thohir menilai anak-anak muda menjadi pelopor di tengah-tengah masyarakat untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Pun halnya dalam berlalu lintas. Erick Thohir menyebut anak-anak muda memiliki peran yang begitu penting dalam menekan angka kecelakaan di jalan raya.

"Kepeloporan anak-anak muda dalam hal-hal tertentu sudah tidak diragukan lagi. Sebagai generasi milenial, peran kepeloporan mereka sangat krusial. Saya berharap kepeloporan itu juga diimplementasikan dalam hal tertib berlalu lintas. Generasi milenial memiliki peran krusial dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas. Saya mendorong generasi milenial untuk dapat menjadi pelopor keselamatan saat berkendara," kata Erick Thohir.

Sebagai generasi kreatif, Erick Thohir berharap anak-anak muda mampu memaksimalkan daya kreativitas mereka untuk ikut menyosialisasikan keselamatan berkendara. Ada banyak ruang yang dapat dimanfaatkan oleh anak-anak muda dalam berpartisipasi meningkatkan keselamatan berlalu lintas.

"Generasi milenial memiliki kreativitas yang luar biasa. Mereka bisa menjadi agen kepeloporan berkendara yang baik dan benar atau safety riding. Kreativitas itu tentu harus diarahkan kepada hal-hal positif," ujar Erick Thohir.

Kepeloporan generasi milenial menurut Erick Thohir dapat menjadi momentum agar keselamatan berkendara menjadi prioritas utama ketika berada di jalan raya. Menurutnya, meski masih berusia muda, faktanya generasi milenial menjadi barometer bagi seseorang dalam berkendara.

"Anak-anak muda selalu memiliki daya nalar out of the box. Apa yang dianggap menarik oleh mereka, maka itu akan menjadi kebiasaan. Kita bisa lihat di platform media sosial, ketika sesuatu menjadi viral, maka akan digandrungi di kalangan anak-anak muda. Nah, safety riding ini juga harus dipelopori oleh anak-anak muda, agar menjadi kebiasaan mereka sehari-hari ketika berada di jalan raya," ujar Erick Thohir.

Direktur Hubungan Kelembagaan PT Jasa Raharja, Munadi menjelaskan alasannya menggandeng anak-anak muda dalam kepeloporan keselamatan berlalu lintas. Termasuk, digandengnya kampus-kampus sebagai ujung tombak agar sosialisasi keselamatan berlalu lintas semakin massif di kalangan anak-anak muda. Dikatakannya, program ini menjadi bagian penting dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) HK Jasa Raharja.

Dari data yang dimilikinya, Munadi menyebut kecelakaan lalu lintas lebih banyak dialami oleh anak-anak muda yang masih duduk di bangku kuliah maupun SMA. "Dari data yang kami miliki, kecelakaan lalu lintas lebih banyak didominasi oleh kalangan anak-anak muda. Itulah pentingnya sosialisasi keselamatan berkendara ini melibatkan mereka," kata Munadi.

Dalam hal membangun kesadaran masyarakat agar tertib berkendara dan menjaga keselamatan di jalan raya, mahasiswa memiliki pengetahuan yang sangat mumpuni. "Mahasiswa menjadi tolok ukur dalam membangun kesadaran masyarakat untuk tertib menjaga keselamatan di jalan raya. Mahasiswa memiliki kemampuan yang mumpuni dalam hal tersebut," ujar Munadi.

Munadi pun mengajak kepada kampus dan mahasiswa untuk terlibat aktif melakukan riset dan teknologi dalam membangun kesadaran masyarakat agar keselamatan berkendara dapat tercipta.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm