Doa Meminta Ampunan dari Berbagai Macam Dosa yang Diperbuat.

19 Oktober 2023 16:41 WIB
Illustrasi Berdoa
Illustrasi Berdoa ( Freepik)

Sonora.ID - Berikut ulasan selengkapnya mengenai "Doa Meminta Ampunan dari Berbagai Macam Dosa yang Diperbuat".

Manusia adalah hamba Allah yang paling banyak melalukan khilaf dan juga dosa.

Entah disadari atau tidak manusia merupakan salah satu ciptaan Allah yang cukup sering melakukan kesalahan.

Maka dari itu manusia diperintahkan untuk selalu sujud kepada Allah agar meminimalisir dosa dan salah.

Umumnya jika sadar melakukan salah dan dosa ada bwberapa cara yang bisa dilakukn.

Adapun cara yang dimaksud adalah melakukan sholat taubat dan juga membaca doa-doa tertentu

Baca Juga: Inilah Amalan Doa Bangun Tidur Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Dikutip dari buku Syarah Doa-Doa Pilihan Terbaik oleh Abdurrazzaq bin Abdulmuhsin Al-Badr dengan penerjemah Muhammad Afif Naufaldi bin Ali, Abu Musa Al-Asy'ari radhiyallahu 'anhu meriwayatkan bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam biasa berdoa:

اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ خَطِيْئَتِيْ، وَجَهْلِيْ، وَإِسْررَافِيْ فِي أَمْرِيْ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ جِدِّيْ وَهَزْلِيْ، وَخَطَئِيْ وَعَمْدِيْ، وَكُلُّ ذلِكَ عِنْدِيْ، اللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ، وَمَا أَخَّررْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ، وَمَا أَعْلَنْتُ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ، وَأَنْتَ
الْمُؤَخِّرُ، وَأَنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ.

“Allaahumma-ghfir lii khathii-ati wa jahlii, wa israafii fii amrii, wa maa Anta a'lamu bihi minnii. Allaahummghfirlii jiddi wa hazli, wa khatha-i wa 'amdii, wa kullu dzaalika 'indii. Allaahumma-ghfirlii maa qaddamtu wa maa akhkhartu, wa maa asrartu wa maa a'lantu, wa maa Anta a'lamu bihi minnii, Anta-l Muqaddim wa Anta-l Mu-akhkhir, wa Anta 'alaa kulli syai-in Qadiir.”

“Ya Allah! Ampunilah segala kesalahan, ketidaktahuan, perbuatanku yang melampaui batas, serta segala kesalahan dan kekuranganku yang Engkau lebih mengetahuinya. Ya Allah! Ampunilah segala dosaku, baik yang aku lakukan secara sungguh-sungguh maupun bercanda, baik yang disengaja ataupun tidak, dan sungguh aku pernah melakukan semua itu. Ya Allah! Ampunilah segala dosaku, baik yang terdahulu maupun yang mungkin akan kulakukan nantinya, baik yang aku lakukan dalam kesendirianku ataupun di hadapan orang banyak, dan juga seluruh kesalahanku lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya. Engkaulah yang Mahakuasa untuk memuliakan dan menghinakan, dan Engkaulah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.” (HR Bukhari dan Muslim).

Doa tersebut adalah sebuah doa yang diperuntukan untuk pengampunan dari berbagai macam dosa yang ada.

Sebab didalam dia tersebut banyak kalimat kalimat ampunan secara umum untuk memohon ampun kepada Allah.

Jika Anda bersungguh-sunggu menyesal dan juga hendak dimaafkan atas kesalahannya maka lakikan solat taubat dan berdoa sebagaimana bacaan yang biasa si baca Rasulullab di atas.

Baca Juga: 5 Doa Meluluhkan Hati Seseorang, Sesuai Ajaran para Nabi dalam Islam!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm