OJK Mengajar Disambut Antusias Mahasiswa UKIT

23 Oktober 2023 11:30 WIB
Ketua Dewan Audit merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK Sophia Wattimena
Ketua Dewan Audit merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK Sophia Wattimena ( )

Tomohon, Sonora.ID - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar kegiatan OJK Mengajar di Universitas Kristen Indonesia Tomohon, Sulawesi Utara, dalam rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) OJK ke-12.

Ketua Dewan Audit merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK Sophia Wattimena dalam kuliah yang dihadiri lebih dari seribu mahasiswa tersebut menjelaskan berbagai tugas dan kewenangan strategis OJK termasuk amanat yang baru dari UU Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK).

Sophia juga menjelaskan peran OJK dalam penguatan governance atau tata kelola di sektor jasa keuangan (SJK) yang sangat penting dalam menjaga stabilitas sektor jasa keuangan dan kepercayaan masyarakat.

Baca Juga: Kuatkan Literasi Keuangan Perempuan, OJK Ingatkan Bahaya Pinjol

“OJK terus berupaya menguatkan governansi SJK, antara lain dengan menguatkan pendekatan tiga jalur model (three lines model), membangun budaya speak up, dan menerapkan manajemen anti-fraud di SJK yang bertujuan mewujudkan industri jasa keuangan yang sehat dan berintegritas,” kata Sophia.

Pada line pertama, OJK mendorong peningkatan kualitas SDM pelaku usaha jasa keuangan (PUJK) dan mendorong penguatan peran fungsi GRC di PUJK, melalui keberadaan fungsi Dewan Direksi (BoD), Dewan Komisaris (BoC), komite-komite seperti komite audit, manajemen risiko, nominasi dan remunerasi, serta fungsi audit internal.

Di line kedua, OJK mendorong profesi penunjang, seperti auditor, aktuaris dan penilai, untuk dapat meningkatkan quality assurance terhadap jasa yang diberikan sehingga dihasilkan output asurans maupun konsultansi yang akuntabel dan benar-benar memberikan nilai tambah.

Sedangkan untuk line ketiga, OJK melakukan optimalisasi penggunaan teknologi dalam proses pengawasan, melakukan evaluasi atas regulasi yang diterbitkan untuk terus disempurnakan, mendorong kolaborasi SJK dengan profesi penunjang dan menerapkan Mekanisme Quality Assurance/Quality Control (QA/QC) pada bidang Pengawasan.

Baca Juga: Di Hadapan Ratusan Siswa SMAN 24 Bandung, OJK Jabar Paparkan Bahaya Pinjol Dan Investasi Ilegal

Dalam kesempatan tersebut, Sophia juga menyampaikan pesan kepada para mahasiswa untuk terus menjaga integritas, bertanggung jawab dan menginspirasi perubahan positif di masyarakat.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa, Pdt. Hein Arina, Th.D dan Rektor Universitas Kristen Indonesia Tomohon, Pdt. DR. Arthur Rumengan, M.Pd.K.

Dalam sambutannya, Hein Arina menyambut baik pelaksanaan kegiatan OJK Mengajar sebagai bentuk kepedulian OJK kepada civitas academica dan khususnya kepada mahasiswa dapat menambah pengetahuan mengenai praktik jasa keuangan dan governance di sektor jasa keuangan.

Baca Juga: OJK Edukasi Ratusan Pelaku UMKM dan Ibu Rumah Tangga di Gowa, Sulsel

Penulis: Swingly Manderes

Penulis
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm