25 Contoh Soal Post Test Modul 3 Guru Penggerak 2023 dan Jawabannya

24 Oktober 2023 08:56 WIB
ilustrasi 25 Contoh Soal Post Test Modul 3 Guru Penggerak 2023 dan Jawabannya
ilustrasi 25 Contoh Soal Post Test Modul 3 Guru Penggerak 2023 dan Jawabannya ( canva)

Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang 25 Contoh Soal Post Test Modul 3 Guru Penggerak 2023 dan Jawabannya.

Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mempersiapkan guru-guru menjadi pemimpin pembelajaran.

PPGP terdiri dari empat modul, yaitu Modul 1: Penggerak Perubahan, Modul 2: Kepemimpinan Pembelajaran, Modul 3: Pengembangan Diri dan Profesi, dan Modul 4: Implementasi Kurikulum Merdeka.

Pada akhir dari setiap modul, peserta PPGP akan mengikuti post test untuk menilai pemahaman mereka terhadap materi yang telah dipelajari.

Berikut adalah contoh soal post test modul 3 PPGP tahun 2023 beserta jawabannya:

Baca Juga: Contoh Pakta Integritas Guru Penggerak Angkatan 11 Tahun 2023

Soal 1

Perhatikan narasi berikut!

Pak Badai adalah seorang guru IPA di SMP Negeri 1 Kota Bandung. Ia memiliki murid yang sangat berbakat dalam bidang sains, yaitu Rayhan. Rayhan selalu meraih nilai tertinggi di kelas dan aktif dalam berbagai kegiatan sains.

Suatu hari, Rayhan ketahuan menyontek dalam ujian. Pak Badai sangat dilema. Ia tidak ingin Rayhan kehilangan kesempatannya untuk mendapatkan beasiswa di universitas impiannya. Namun, ia juga harus menjalankan peraturan sekolah yang melarang tindakan menyontek.

Apa yang harus dilakukan Pak Badai dalam situasi ini?

Jawaban:

Pak Badai harus melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Mendiskusikan kasus ini dengan Rayhan secara pribadi. Pak Badai perlu memahami alasan Rayhan menyontek. Apakah Rayhan merasa kesulitan dengan materi ujian? Apakah ia merasa tertekan untuk mendapatkan nilai yang tinggi?
  2. Memberikan hukuman yang adil kepada Rayhan. Hukuman yang diberikan harus sesuai dengan peraturan sekolah. Namun, Pak Badai juga harus mempertimbangkan dampak hukuman tersebut terhadap Rayhan.
  3. Menawarkan bantuan dan dukungan kepada Rayhan. Pak Badai perlu membantu Rayhan untuk memperbaiki perilakunya. Ia dapat memberikan bimbingan belajar atau membantu Rayhan untuk mengembangkan keterampilan belajarnya.

Baca Juga: Cara Mendaftar Guru Penggerak Angkatan 11 Tahun 2023, Lengkap!

Soal 2

Perhatikan narasi berikut!

Sekolah Dasar Negeri 1 Cisarua memiliki program untuk mengurangi sampah plastik. Program ini melibatkan seluruh warga sekolah, mulai dari guru, murid, hingga orang tua.

Namun, program ini tidak berjalan dengan lancar. Banyak murid yang masih membawa botol minum plastik ke sekolah.

Apa yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah untuk mengatasi masalah ini?

Jawaban:

Kepala sekolah dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Melakukan sosialisasi program kepada seluruh warga sekolah. Kepala sekolah perlu menjelaskan pentingnya program ini dan manfaatnya bagi lingkungan.
  2. Menyediakan fasilitas yang mendukung program. Kepala sekolah dapat menyediakan tempat sampah khusus untuk sampah plastik. Ia juga dapat menyediakan botol minum minum isi ulang untuk murid.
  3. Memberikan contoh yang baik. Kepala sekolah dan guru harus menjadi contoh yang baik dalam menerapkan program ini. Mereka harus membawa botol minum minum isi ulang ke sekolah.

Soal 3

Perhatikan narasi berikut!

Sebuah sekolah menengah atas ingin meningkatkan kemampuan literasi siswanya. Sekolah ini berencana untuk mengadakan kegiatan literasi di luar kelas.

Kegiatan apa yang dapat dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan kemampuan literasi siswanya?

Jawaban:

Sekolah dapat melakukan kegiatan literasi di luar kelas, seperti:

  • Kunjungan ke perpustakaan. Siswa dapat belajar tentang cara mencari informasi di perpustakaan dan meminjam buku.
  • Kegiatan membaca bersama. Siswa dapat membaca buku bersama-sama dengan guru atau orang tua.
  • Kegiatan menulis kreatif. Siswa dapat mengikuti kegiatan menulis puisi, cerpen, atau artikel.
  • Kegiatan diskusi buku. Siswa dapat berdiskusi tentang buku yang mereka baca.

Baca Juga: 25 Contoh Soal Post Test Modul 1 Guru Penggerak, Beserta Jawabannya

Soal 4

Perhatikan narasi berikut!

Seorang guru ingin mengembangkan keterampilan kepemimpinannya. Ia mengikuti pelatihan kepemimpinan dan bergabung dengan komunitas belajar guru.

Apa manfaat yang dapat diperoleh guru dari kegiatan-kegiatan tersebut?

Jawaban:

Guru dapat memperoleh manfaat berikut dari kegiatan-kegiatan tersebut:

  • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kepemimpinan. Guru dapat belajar tentang teori kepemimpinan dan praktik kepemimpinan dari para ahli.
  • Memperluas jaringan pertemanan dan kolega. Guru dapat bertemu dengan guru-guru lain dari berbagai latar belakang.
  • Mendapat dukungan dan inspirasi dari orang lain. Guru dapat berbagi pengalaman dan belajar dari orang lain yang telah sukses dalam mengembangkan keterampilan kepemimpinannya.

Soal 5

Perhatikan narasi berikut!

Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Cisarua memiliki program untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswanya. Program ini melibatkan seluruh guru di sekolah.

Bagaimana cara guru dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswanya?

Jawaban:

Guru dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswanya dengan cara:

  • Memberikan pertanyaan yang terbuka dan menuntut pemikiran kritis.
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyelesaikan masalah secara mandiri.
  • Mendorong siswa untuk memberikan argumen yang mendukung pendapatnya.
  • Mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa secara bertahap.

Baca Juga: Contoh Pengisian Surat Rekomendasi Calon Guru Penggerak 2023 Sesuai Pedoman

Soal 6

Perhatikan narasi berikut!

Seorang guru ingin menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Ia ingin siswanya aktif dalam pembelajaran dan tidak hanya mendengarkan ceramah guru.

Bagaimana cara guru dapat menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa?

Jawaban:

Guru dapat menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan cara:

  • Membuat perencanaan pembelajaran yang melibatkan siswa.
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengekspresikan diri.
  • Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa.
  • Memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa.

Soal 7

Perhatikan narasi berikut!

Seorang guru ingin mengembangkan keterampilan belajar mandiri siswanya. Ia ingin siswanya dapat belajar secara mandiri dan tidak bergantung pada guru.

Bagaimana cara guru dapat mengembangkan keterampilan belajar mandiri siswanya?

Jawaban:

Guru dapat mengembangkan keterampilan belajar mandiri siswanya dengan cara:

  • Mengajari siswa cara belajar secara efektif.
  • Memberikan tugas dan proyek yang melatih keterampilan belajar mandiri siswa.
  • Mengembangkan lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran mandiri.
  • Memberikan dukungan dan motivasi kepada siswa.

Soal 8

Perhatikan narasi berikut!

Seorang guru ingin mengembangkan keterampilan kolaborasi siswanya. Ia ingin siswanya dapat bekerja sama dengan baik dalam tim.

Bagaimana cara guru dapat mengembangkan keterampilan kolaborasi siswanya?

Jawaban:

Guru dapat mengembangkan keterampilan kolaborasi siswanya dengan cara:

  • Memberikan tugas dan proyek yang dikerjakan secara berkelompok.
  • Mengajari siswa keterampilan komunikasi dan kerja sama.
  • Mendorong siswa untuk saling menghargai dan menghormati.
  • Mengembangkan iklim pembelajaran yang mendukung kolaborasi.

Baca Juga: 25 Contoh Soal Essay Guru Penggerak Angkatan 10 Beserta Jawabannya

Soal 9

Perhatikan narasi berikut!

Seorang guru ingin mengembangkan keterampilan sosial-emosional siswanya. Ia ingin siswanya dapat mengenali dan mengelola emosinya dengan baik.

Bagaimana cara guru dapat mengembangkan keterampilan sosial-emosional siswanya?

Jawaban:

Guru dapat mengembangkan keterampilan sosial-emosional siswanya dengan cara:

  • Mengajari siswa tentang emosi dan cara mengelolanya.
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih mengelola emosinya.
  • Mengembangkan lingkungan belajar yang aman dan mendukung.
  • Menjadi teladan bagi siswa dalam mengelola emosi.

Soal 10

Perhatikan narasi berikut!

Seorang guru ingin mengembangkan keterampilan literasi digital siswanya. Ia ingin siswanya dapat menggunakan teknologi digital secara efektif untuk belajar.

Bagaimana cara guru dapat mengembangkan keterampilan literasi digital siswanya?

Jawaban:

Guru dapat mengembangkan keterampilan literasi digital siswanya dengan cara:

  • Menanamkan kesadaran tentang pentingnya literasi digital.
  • Mengajari siswa tentang keterampilan dasar teknologi digital.
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan teknologi digital untuk belajar.
  • Mengembangkan lingkungan belajar yang mendukung literasi digital.

Soal 11

Perhatikan narasi berikut!

Seorang guru ingin menerapkan pembelajaran yang bermakna bagi siswanya. Ia ingin siswanya dapat memahami dan mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata.

Bagaimana cara guru dapat menerapkan pembelajaran yang bermakna bagi siswanya?

Jawaban:

Guru dapat menerapkan pembelajaran yang bermakna bagi siswanya dengan cara:

  • Membuat pembelajaran relevan dengan minat dan kebutuhan siswa.
  • Menggunakan konteks nyata dalam pembelajaran.
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menerapkan pengetahuannya dalam kehidupan nyata.

Soal 12

Perhatikan narasi berikut!

Seorang guru ingin mengembangkan budaya literasi di sekolahnya. Ia ingin siswanya senang membaca dan menulis.

Apa saja yang dapat dilakukan guru untuk mengembangkan budaya literasi di sekolahnya?

Jawaban:

Guru dapat mengembangkan budaya literasi di sekolahnya dengan cara:

  • Menciptakan lingkungan yang mendukung literasi.
  • Mengembangkan koleksi buku dan sumber belajar yang beragam.
  • Mendorong siswa untuk membaca dan menulis secara rutin.
  • Mengembangkan kegiatan literasi yang menarik dan menyenangkan.

Soal 13

Perhatikan narasi berikut!

Seorang guru ingin mengembangkan kreativitas siswanya. Ia ingin siswanya dapat berpikir out of the box dan menghasilkan ide-ide baru.

Bagaimana cara guru dapat mengembangkan kreativitas siswanya?

Jawaban:

Guru dapat mengembangkan kreativitas siswanya dengan cara:

  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bereksperimen dan mencoba hal-hal baru.
  • Mendorong siswa untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah.
  • Menciptakan lingkungan yang mendukung kreativitas.
  • Menjadi teladan bagi siswa dalam berpikir kreatif.

Soal 14

Perhatikan narasi berikut!

Seorang guru ingin mengembangkan motivasi belajar siswanya. Ia ingin siswanya termotivasi untuk belajar dan mencapai tujuannya.

Bagaimana cara guru dapat mengembangkan motivasi belajar siswanya?

Jawaban:

Guru dapat mengembangkan motivasi belajar siswanya dengan cara:

  • Menciptakan lingkungan belajar yang positif dan menyenangkan.
  • Memberikan penghargaan dan apresiasi kepada siswa.
  • Membantu siswa untuk menetapkan tujuan yang realistis.
  • Menjadi teladan bagi siswa dalam belajar.

Soal 15

Perhatikan narasi berikut!

Seorang guru ingin mengembangkan karakter siswanya. Ia ingin siswanya menjadi pribadi yang berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur.

Bagaimana cara guru dapat mengembangkan karakter siswanya?

Jawaban:

Guru dapat mengembangkan karakter siswanya dengan cara:

  • Menjadi teladan bagi siswa dalam berperilaku.
  • Menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan karakter.
  • Memberikan penguatan dan motivasi kepada siswa.
  • Mengembangkan kegiatan-kegiatan yang dapat membentuk karakter siswa.

Soal 16

Perhatikan narasi berikut!

Pak Budi adalah seorang guru matematika di SMP Negeri 1 Cisarua. Ia ingin menerapkan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswanya.

Bagaimana cara Pak Budi dapat menerapkan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswanya?

Jawaban:

Pak Budi dapat menerapkan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswanya dengan cara:

  • Membuat pembelajaran relevan dengan minat dan kebutuhan siswa.
  • Menggunakan metode pembelajaran yang aktif dan interaktif.
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran.
  • Menciptakan lingkungan belajar yang positif dan menyenangkan.

Soal 17

Perhatikan narasi berikut!

Sebuah sekolah ingin mengembangkan program literasi sekolah. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa.

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan program literasi sekolah?

Jawaban:

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan program literasi sekolah adalah:

  • Kebutuhan dan minat siswa. Program literasi sekolah harus disesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa.
  • Ketersediaan sumber daya. Program literasi sekolah harus didukung oleh ketersediaan sumber daya yang memadai, seperti buku, alat peraga, dan tenaga pendidik yang kompeten.
  • Kolaborasi dengan berbagai pihak. Program literasi sekolah harus melibatkan berbagai pihak, seperti guru, siswa, orang tua, dan masyarakat.

Soal 18

Perhatikan narasi berikut!

Seorang guru ingin mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswanya. Ia ingin siswanya dapat berpikir secara logis dan sistematis.

Bagaimana cara guru dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswanya?

Jawaban:

Guru dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswanya dengan cara:

  • Memberikan pertanyaan yang terbuka dan menuntut pemikiran kritis.
  • Mendorong siswa untuk menyelesaikan masalah secara mandiri.
  • Menunjukkan model berpikir kritis yang tepat.
  • Memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa.

Soal 19

Perhatikan narasi berikut!

Seorang guru ingin mengembangkan keterampilan belajar mandiri siswanya. Ia ingin siswanya dapat belajar secara mandiri dan tidak bergantung pada guru.

Bagaimana cara guru dapat mengembangkan keterampilan belajar mandiri siswanya?

Jawaban:

Guru dapat mengembangkan keterampilan belajar mandiri siswanya dengan cara:

  • Mengajari siswa cara belajar secara efektif.
  • Memberikan tugas dan proyek yang melatih keterampilan belajar mandiri siswa.
  • Mengembangkan lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran mandiri.
  • Memberikan dukungan dan motivasi kepada siswa.

Soal 20

Perhatikan narasi berikut!

Seorang guru ingin mengembangkan karakter siswanya. Ia ingin siswanya menjadi pribadi yang berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur.

Bagaimana cara guru dapat mengembangkan karakter siswanya?

Jawaban:

Guru dapat mengembangkan karakter siswanya dengan cara:

  • Menjadi teladan bagi siswa dalam berperilaku.
  • Menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan karakter.
  • Memberikan penguatan dan motivasi kepada siswa.
  • Mengembangkan kegiatan-kegiatan yang dapat membentuk karakter siswa.

Soal 21

Perhatikan narasi berikut!

Sebuah sekolah ingin mengembangkan budaya kerja sama di antara guru dan staf. Budaya kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan pelayanan kepada siswa.

Apa saja yang dapat dilakukan sekolah untuk mengembangkan budaya kerja sama di antara guru dan staf?

Jawaban:

Sekolah dapat mengembangkan budaya kerja sama di antara guru dan staf dengan cara:

  • Menciptakan lingkungan kerja yang mendukung kerja sama.
  • Mendorong komunikasi dan kolaborasi antar guru dan staf.
  • Memberikan penghargaan atas kerja sama yang baik.
  • Mengembangkan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kerja sama.

Soal 22

Perhatikan narasi berikut!

Seorang guru ingin mengembangkan keterampilan literasi digital siswanya. Ia ingin siswanya dapat menggunakan teknologi digital secara aman dan bertanggung jawab.

Bagaimana cara guru dapat mengembangkan keterampilan literasi digital siswanya?

Jawaban:

Guru dapat mengembangkan keterampilan literasi digital siswanya dengan cara:

  • Menanamkan kesadaran tentang pentingnya literasi digital.
  • Mengajari siswa tentang keterampilan dasar teknologi digital.
  • Mengembangkan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan literasi digital siswa.
  • Menjadi teladan bagi siswa dalam menggunakan teknologi digital.

Soal 23

Perhatikan narasi berikut!

Seorang guru ingin mengembangkan keterampilan sosial-emosional siswanya. Ia ingin siswanya dapat mengenali dan mengelola emosinya dengan baik.

Bagaimana cara guru dapat mengembangkan keterampilan sosial-emosional siswanya?

Jawaban:

Guru dapat mengembangkan keterampilan sosial-emosional siswanya dengan cara:

  • Mengajari siswa tentang emosi dan cara mengelolanya.
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berlatih mengelola emosinya.
  • Menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung.
  • Menjadi teladan bagi siswa dalam mengelola emosi.

Soal 24

Perhatikan narasi berikut!

Seorang guru ingin mengembangkan motivasi belajar siswanya. Ia ingin siswanya termotivasi untuk belajar dan mencapai tujuannya.

Bagaimana cara guru dapat mengembangkan motivasi belajar siswanya?

Jawaban:

Guru dapat mengembangkan motivasi belajar siswanya dengan cara:

  • Menciptakan lingkungan belajar yang positif dan menyenangkan.
  • Memberikan penghargaan dan apresiasi kepada siswa.
  • Membantu siswa untuk menetapkan tujuan yang realistis.
  • Menjadi teladan bagi siswa dalam belajar.

Soal 25

Perhatikan narasi berikut!

Seorang guru ingin mengembangkan karakter siswanya. Ia ingin siswanya menjadi pribadi yang berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur.

Bagaimana cara guru dapat mengembangkan karakter siswanya?

Jawaban:

Guru dapat mengembangkan karakter siswanya dengan cara:

  • Menjadi teladan bagi siswa dalam berperilaku.
  • Menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan karakter.
  • Memberikan penguatan dan motivasi kepada siswa.
  • Mengembangkan kegiatan-kegiatan yang dapat membentuk karakter siswa.

Demikianlah 25 contoh soal post test modul 3 PPGP tahun 2023 beserta jawabannya. Semoga bermanfaat.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk mengerjakan soal post test modul 3 PPGP:

  • Pelajari materi modul 3 dengan mendalam. Jangan hanya menghafal materi, tetapi pahami juga konsep-konsep dan teori-teori yang dibahas dalam modul.
  • Latih diri mengerjakan soal-soal latihan secara rutin. Hal ini akan membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan mengerjakan soal dan memahami materi dengan lebih baik.
  • Kerjakan soal dengan tenang dan tidak terburu-buru. Pastikan Anda memahami maksud dan tujuan dari soal sebelum menjawabnya.
  • Jangan lupa untuk memeriksa jawaban Anda sebelum mengirimkannya.

Semoga tips-tips ini dapat membantu Anda untuk mengerjakan soal post test modul 3 PPGP dengan baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm