6 Contoh Teks Ceramah Sumpah Pemuda 2023: Pendek, Sesuai Tema, Menarik

25 Oktober 2023 22:25 WIB
Contoh teks ceramah Hari Sumpah Pemuda tahun 2023 yang singkat, pendek, sesuai tema, dan menarik.
Contoh teks ceramah Hari Sumpah Pemuda tahun 2023 yang singkat, pendek, sesuai tema, dan menarik. ( Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia)

Sonora.ID - Pada tanggal 28 Oktober nanti masyarakat Indonesia akan secara serentak memperingati peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Pada peringatan Hari Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 ini diketahui mengambil tema Bersama Majukan Indonesia.

Mengutip dari laman Kemenpora RI, tema Bersama Majukan Indonesia ini mengandung berbagai makna, yakni:

  1. Membangun Semangat Kolaborasi dari semua elemen Bangsa dalam Memajukan Indonesia.
  2. Memantapkan kerja bersama dalam satu orkestrasi gerak langkah melalui rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 sehingga tercipta Pemuda Maju.
  3. Meraih Peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) melalui kerjasama lintas kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah.

Berikut ini pun kami sajikan kumpulan contoh teks ceramah Hari Sumpah Pemuda tahun 2023 yang singkat, pendek, sesuai tema, dan menarik, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 15 Puisi Hari Sumpah Pemuda 2023: Sesuai Tema, Penuh Haru, Bikin Nangis

Contoh Teks Ceramah Sumpah Pemuda 2023: Singkat, Sesuai Tema, Menarik

Contoh 1

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air yang berbahagia, perkenankan saya untuk mengajak memanjatkan puja serta puji syukur kehadirat Allah SWT.

Sebab, pada hari ini kita dapat berkumpul dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Pada pagi hari yang indah ini, saya ingin menyampaikan cerita mengenai perjuangan kaum muda ketika masa penjajahan di masa lalu. Tepatnya ketika tanggal 28 Oktober 1928. 

Singkat saja ceritanya, pada masa itu belum ada yang namanya Indonesia. Wilayah kita pada masa itu terbagi menjadi Jawa, Sunda, Madura, Batak, Bugis, dan lainnya berdasarkan nama suku. 

Lantas, masyarakat berupaya meraih kemerdekaan dengan melawan penjajahan Belanda dan mengesampingkan nama suku masing-masing. Masyarakat bersatu di atas perbedaan suku hingga tercipta nama Indonesia. 

Namun sayangnya persatuan dan toleransi di masa itu semakin luntur di masa sekarang. Banyak anak muda Indonesia yang saling membenci karena perbedaan agama, budaya hingga pandangan politik. 

Oleh sebab itu, sebagai generasi muda harapan bangsa, mari kita bersama-sama memelihara toleransi dan kerukunan. Meskipun mempunyai latar belakang berbeda, jangan menjadikannya halangan untuk membentuk SDM Indonesia unggul. 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh 2

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air yang berbahagia, mari memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. Sebab, pada siang hari ini kita dapat berkumpul dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Di pagi hari ini, tepatnya tanggal 28 Oktober 2023, seluruh lapisan bangsa Indonesia memperingati hari yang begitu bersejarah. Pada tanggal itu, generasi muda menyelenggarakan kongres II di Jakarta.

Tujuan kongres tersebut ialah untuk mengikrarkan sumpah sakti yang mengikat persatuan dan kesatuan bangsa.

Menyatukan masyarakat tanah air Indonesia, menyatukan bangsa Indonesia hingga menyatukan Bahasa Indonesia.

Dengan memperingati hari bersejarah ini, semoga para pemuda Indonesia mampu menjadi sosok yang aktif dalam partisipasi pembangunan di masa sekarang.

Demikian ceramah adari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh 3

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati, di kesempatan bahagia ini saya ingin membawakan pidato mengenai pemuda sebagai generasi kunci masa depan Indonesia. Mengingat hari ini merupakan peringatan Hari Sumpah Pemuda. 

Tahukah saudara-saudara bahwa pemuda ialah sosok pelopor kesuksesan NKRI? Tidak jauh berbeda dengan kaum muda ketika Indonesia belum merdeka. Semuanya ialah generasi penentu Indonesia.

Peran penting kaum muda dapat dilihat dari perjuangan mereka yang merumuskan Sumpah Pemuda. Mereka mengikrarkan janji bersatunya tanah air, tumpah darah dan Bahasa Indonesia. 

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm