Fungsi ECO Indikator di Motor Honda BeAT dan Scoopy

26 Oktober 2023 10:56 WIB
Motor Honda
Motor Honda ( Astra Honda Motor)

Sonora.ID - Motor matik Honda, seperti BeAT Street, BeAT Sporty, Scoopy dan skutik terbaru Honda Genio memiliki fitur ECO Indikator pada spidometer-nya.

Lampu ECO indikator biasanya berwarna hijau dan pertama kali muncul di Honda BeAT generasi ketiga.

Fungsi ECO Indikator

ECO sendiri adalah akronim dari economic. ECO Indikator berfungsi memandu pengemudi berkendara secara efisien sehingga konsumsi bahan bakar motor lebih irit.

Saat lampu indikator menyala terang, pengendara harus mepertahankan kecepatan motornya. Sebab, lampu itu menandakan pengemudi berada pada gaya berkendara irit bahan bakar.

Arti lampu ECO Indikator

  1. Indikator tidak menyala

Lampu ECO indikator yang tidak menyala terjadi ketika mesin stasioner, misalnya saat dipanaskan. Lampu indikator juga tidak menyala saat kecepatan motor kurang dari 3 km/jam atau lebih dari 67 km/jam.

Masalah lainnya yang menyebabkan lampu indicator tidak menyala adalah sensor kecepatan rusak pada saat bukaan gas terlalu tinggi.

  1. Lampu ECO redup

Lampu ECO Indikator biasanya redup saat kecepatan motor antara 3 km/jam sampai 67 km/jam dengan bukaan gas sedang. Kondisi ini umum terjadi jika bukaan gas belum seimbang atau sedang ingin menambah kecepatan secara spontan.

  1. ECO Indikator menyala terang

ECO Indikator yang menyala terang menujukkan motor berada pada kecepatan 3 km/jam hingga 67 km/jam dengan bukaan gas perlahan atau santai.

Cara menerapkan teknik ECO Riding

  1. Buka gas secara perlahan dengan kecepatan simultan agar semburan bahan bakar yang keluar dari injektor tidak keluar banyak. Pengendara perlu menyesuaikan putaran mesin dengan kondisi jalan.
  2. Jaga kecepatan konstan, baik di putaran mesin rendah maupun tinggi. Semakin sering menekan gas dan mengerem akan semakin boros BBM.
  3. Pakai fitur ECO Indikator. Lampu indikator akan menyala terang saat pengemudi berada pada gaya berkendara irit bahan bakar. Ketika lampu terus menyala, pengemudi perlu mempertahankan kecepatan motornya.
  4. Pengemudi duduk pada posisi yang benar atau tidak terlalu belakang dan tidak terlalu depan.
  5. Jangan memodifikasi motor secara berlebihan, seperti memperbesar ukuran ban, menggunakan knalpot racing, menambah box, dan mengganti roller CVT. Hal itu dapat memengaruhi kerja mesin semakin berat dan boros BBM.

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm