Dinas Pemberdayaan dan Kampung Kutai Barat Laksanakan Kegiatan Sosialisasi Kampung Iklim

28 Oktober 2023 13:10 WIB
( )

Sonora.ID - Dinas Pemberdayaan dan Kampung Kutai Barat melaksanakan kegiatan Sosialisasi Kampung Iklim. Dalam rangka menindaklanjuti dari program yang dikelola oleh bank dunia untuk melindungi hutan di kalimantan timur yaitu FCPF-Carbon Fund (Forest Carbon Partnership Facility) Program Kampung Iklim (Proklim). Berlangsung di Ruang Rapat Kantor Badan Keuangan Aset Daerah kutai barat, sendawar. 

Kepala Dinas Pemberdayaan dan Kampung Kutai Barat - Erik Victory menyampaikan bahwa program kampung iklim bertujuan untuk mendorong partisipasi Desa/Kampung dan masyarakat dilokasi tertentu. Dalam melakukan upaya upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang dilaksanakan ditingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah secara berkelanjutan.

“Dalam hal ini kampung iklim melakukan kegiatan seperti Menggunakan energi baru terbarukan, Pengelolaan sampah limbah, padat dan cair, Mencegah dan mendagulangi kebakaran hutan dan lahan,Meningkatkan tutup vegetasi serta Melakukan budidaya pertanian”, ucapnya.

Foto Bersama Pada Kegiatan Sosialisasi Kampung Iklim. Ruang Rapat Kantor Badan Keuangan Aset Daerah Kutai Barat, Sendawar.

Maka Program Kampung Iklim dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman mengenai perubahan iklim dan dampak yang ditimbulkan. Serta mendorong pelaksanaan aksi nyata yang dapat memperkuat ketahanan masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim dan memberikan kontribusi dalam upaya penurunan emisi Cias Rumah Kaca (GRK).

Pemerintah Kabupaten Kutai Barat merupakan salah satu dari 8 Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur yang menerima dana dari Bank Dunia melalui Program Forest Carbon Partnership Facility Carbon Fund (FCPF – CF) dan disalurkan melalui skema APBD.

Dana tersebut diperuntukan untuk memperbaiki iklim dan menjaga hutan yang ada di Wilayah Kutai Barat. dana itu juga merupakan bentuk apresiasi bahwa hutan yang dijaga itu mendapatkan apresiasi lembaga dunia. dalam hal ini adalah Bank Dunia yang disalurkan melalui Pemerintah Republik Indonesia kepada 8 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur.

Selain 8 Kabupaten/Kota yang ada di Kalimantan Timur, dana Isentif Kopensasi ini juga akan di disalurkan kepada 441 desa di 8 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur. Untuk di Kabupaten Kutai Barat terdapat 81 Kampung yang akan Mendapatkan dana dari Program FCPF-CF.

Sehingga melalui Program Kampung Iklim FCPF-CF diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik untuk mendukung percepatan Visi dan Misi pembangunan di Kutai Barat.

Dalam pelaksanaan sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber Dewan Daerah Perubahan Iklim Fadjar Prambudi, dan Dinas Pemberdayaan dan Kampung Prov. Kalimantan Timur Murianto. (Etty/Adv)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm