Pentingnya Kelas Parenting Bagi Orang Tua Murid

2 November 2023 18:24 WIB
Maslianawati Edi Damansyah, selaku Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kutai Kartanegara (Kukar) mengharapkan peran orang tua bisa lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam membesarkan dan mendidik anak.
Maslianawati Edi Damansyah, selaku Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kutai Kartanegara (Kukar) mengharapkan peran orang tua bisa lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam membesarkan dan mendidik anak. ( )

Sonora.id - Maslianawati Edi Damansyah, selaku Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kutai Kartanegara (Kukar) mengharapkan peran orang tua bisa lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam membesarkan dan mendidik anak.

Hal tersebut diungkapkan Maslianawati saat memberikan materi dalam kelas parenting atau parenting class kepada orang tua murid di Sekolah Dasar (SD) 009 Sanga Sanga, Kamis (2/11/2023).

Maslianawati mengatakan melalui kelas parenting tersebut bisa sangat bermanfaat bagi orang tua yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara membesarkan anak dengan efektif dan kreatif mendidik anak.

Berbagai gaya parenting, teknik komunikasi, keterampilan manajemen emosi, cara mengembangkan harga diri dan citra tubuh yang positif pada anak, alat dan teknik untuk menghadapi masa balita, fase remaja anak, hingga perilaku menantang anak sering dibahas dalam kelas parenting oleh karena itu ada 6 manfaat mengikuti kelas parenting untuk para orang tua diantaranya.

  1. Membantu orang tua mengelola emosi dan stres,
  2. Membantu orang tua mengembangkan strategi pengasuhan berdasarkan usia anak,
  3. Membantu orang tua berkomunikasi dengan anak secara efektif,
  4. Membantu orang tua mengembangkan dinamika keluarga yang sehat dan bahagia,
  5. Membantu orang tua mengembangkan support system untuk anak dan
  6. Membantu orang tua memahami psikologi anak

Lebih lanjut Maslianawati mengatakan melalui momentum tersebut juga dapat membantu meminimalkan kesalahan dalam proses mengasuh anak, orang tua akan dibantu dalam mengidentifikasi pola komunikasi yang negatif sekaligus mendapatkan bimbingan tentang kiat-kiat berkomunikasi dengan anak secara efektif.

“Melalui momentum ini kita juga akan mengajarkan orang tua tentang bagaimana menggunakan terminologi yang benar ketika berbicara dengan anak serta bagaimana mengukur apakah sesuatu yang akan dikatakan kepada anak benar atau salah.selain itu akan memberikan orang tua kepercayaan diri yang dibutuhkan untuk menjadi orang tua yang hebat bagi anak-anak, sehingga pada gilirannya, setiap pembelajaran yang diperoleh dari kelas parenting akan membantu menumbuhkan lingkungan yang sehat di rumah dan membesarkan generasi masa depan yang bahagia sekaligus sukses,” ucapnya.

Maslianawati mengajak seluruh guru dan orang tua murid untuk mengikuti kelas parenting dengan baik, tentu dengan kegiatan tersebut orang tua biasanya akan mengantongi banyak informasi yang berguna untuk membantu menciptakan lingkungan rumah yang positif serta sehat.

(Adv/Prokompimkukar)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm