Festival TIK 2023 Jadi Ajang Pentingnya Literasi Digital Menuju Indonesia Emas 2024

3 November 2023 17:21 WIB
Mengangkat tema utama “Manunggaling Kawula Digital”  , Festival TIK tahun 2023 resmi dibuka di kampus 4 Universitas PGRI kota Semarang.
Mengangkat tema utama “Manunggaling Kawula Digital” , Festival TIK tahun 2023 resmi dibuka di kampus 4 Universitas PGRI kota Semarang. ( )

Sonora.ID – Mengangkat tema utama “Manunggaling Kawula Digital”  , Festival TIK tahun 2023 resmi dibuka di kampus 4 Universitas PGRI kota Semarang.

Festival akbar tersebut mengangkat isu dan tantangan untuk menuju Indonesia Emas 2045 yang Makin Cakap Digital. 

Koordinator Literasi Digital Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kemenkominfo RI), Bambang Tri Santoso menyampaikan tema yang diangkat tersebut tak lepas dari apa yang menjadi hal identik atau ikon yang ada di daerah tersebut.

"Kita selalu mengangkat potensi daerah, dalam mengangkat tema dalam setiap festival TIK, sebagaimana hal identik di daerah tersebut kemudian dikaitkan dengan teknologi," ujar Bambang dalam siaran pers yang diterima Sonora, Jumat (02 11 2023).

Bambang Tri Santoso atau biasa dipanggil pak Betri juga menjelaskan mengenai isu dan tantangan untuk menuju Indonesia Emas 2045. Menurutnya, Indonesia akan mengalami keuntungan demografi pada tahun 2045.

"Pada tahun 2045, Indonesia akan mengalami keuntungan bonus demografi, dimana usia produktif akan mendominasi. Namun untuk itu mencapai itu masih banyak tantangan yang harus dihadapi," tambahnya.

Baca Juga: Sektor Jasa Keuangan Terjaga Stabil Dalam Menghadapi Peningkatan Ketidakpastian Global

"Salah-satu yang paling menonjol adalah rendahnya kecakapan digital masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kita akan terus berupaya untuk meningkatkan Literasi Digital dengan membentuk SDM yang siap digital," lanjutnya.

Sementara, Ketua Relawan TIK Indonesia, Fajar Eri Dianto menyampaikan pentingnya menguasai literasi digital dalam menghadapi tantangan ke depan.

Terutama dalam empat pilar literasi digital. Selain itu, peran RTIK pada tahun ini kian vital dalam mengamankan dan menyelamatkan masyarakat

dari segala bentuk kekeliruan informasi, seperti hoaks menjelang pemilu tiba. Maka, ia menekankan kepada seluruh RTIK di Indonesia agar mengetahui dan menjadi agen perubahan dalam peningkatan literasi digital yang tepat guna.

"Peran RTIK sangat penting di ruang digital untuk mengamankan dan menyelamatkan masyarakat saat ini, dan juga setiap leader harus tau kebutuhan di daerahnya untuk bisa mengimplementasikan 4 pilar literasi digital," ujarnya

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UPGRIS, Dr. Sri Suciati M.Hum, menuturkan pentingnya literasi digital mengingat kesenjangan pengguna dan kecakapan digital masih terjadi gap yang cukup jauh.

Ia pun menjelaskan, untuk mencapai kecakapan digital atau memahami literasi digital yang baik ada empat pilar penting yang harus diketahui masyarakat.

"Maka, itulah pentingnya literasi digital, sehingga UPGRIS sangat berterima kasih karena dilibatkan dalam kegiatan yang luar biasa ini (Festival TIK), karena itu, kita akan sudah dianggap memiliki literasi yang baik, jika empat pilar juga sudah dipahami dengan baik, di antaranya digital skill, culture skill, digital ethic skill, dan safety digital skill," paparnya.

Baca Juga: OASE KIM Dukung Literasi Digital Siswa untuk Cegah Narkoba dan Judi Online di Kalangan Generasi Muda

Ia menyakini gelaran Festival TIK tahun 2023 di Semarang Jawa Tengah diharapkan mampu memberikan kontribusi dan manfaat untuk masyarakat.

"Harapan saya mudah-mudahan kegiatan ini, sungguh memberikan manfaat kepada masyarakat, serta akan menarik kita semua memerangi hal negatif melalui dunia digital," pungkasnya. 

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm