Kota Sorong Kini Memiliki Gedung Perpustakaan Baru

7 November 2023 13:03 WIB
Kepala Perpusnas Drs Muhamad Syarif Bando, MM
Kepala Perpusnas Drs Muhamad Syarif Bando, MM ( Dok Perpusnas)

Kota Sorong, Sonora.Id - Berawal dari mimpi, ide-ide akan terbangun. Sepanjang ada niat baik dan keinginan yang kuat maka tantangan yang ditemui terasa ringan. Pemerintah Kota Sorong membuktikan dengan mewujudkan infrastruktur perpustakaan sebagai upaya membangun literasi masyarakatnya.

“Perpustakaan tidak hanya pusat informasi dan rekreasi pengetahuan tapi juga sebagai modal awal membangun kekuatan ekonomi melalui buku-buku yang bermanfaat,” ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Sorong Septinus Lobat ketika bersama Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando meresmikan gedung layanan perpustakaan daerah Kota Sorong, Selasa, (7/11/12023).

Septinus menyadari bahwa pembangunan daerah bukan infrastruktur saja melainkan juga sumber daya manusianya. Nah, salah satu cara membangun kualitas manusia adalah dengan menyediakan sumber-sumber pengetahuan. Perpustakaan di era ini bahkan sudah bertransformasi dengan pembelajaran aplikatif berbasis masyarakat serta dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi yang ada.

Septanus berjanji, perpustakaan daerah ke depan tidak hanya menyajikan koleksi fisik tapi juga buku digital (e-book). Utamanya buku bertemakan life skill atau kecakapan sebagai bekal masyarakat untuk pro aktif, kreatif, solutif, dan berani menghadapi problem hidup.

“Kemajuan suatu suku atau bangsa tidak serta merta didapatkan tapi ada jalan yang harus ditempuh, salah satunya dengan membaca,” tambahnya.

Kreativitas dan inovasi menurut Kepala Perpusnas merupakan syarat mutlak dalam ekosistem literasi yang bersumber dari pengetahuan.

“Perpustakaan adalah lembaga yang me-manage pengetahuan karena perpustakaan memiliki stok pengetahuan. Oleh karena itu, maka aktivitas membaca wajib untuk mengetahui tingkat pengetahuan seseorang,” ujar Syarif Bando.

Kontribusi besar perpustakaan dalam pengembangan SDM turut diakui Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi. Dalam kesempatan yang disiarkan secara virtual mengatakan era digital memang sudah merambah di banyak aspek kehidupan, termasuk perpustakaan. Artinya, kemajuan teknologi akan lebih optimal jika dibarengi kecakapan digital masyarakat yang mumpuni.

Kenapa demikian? Kepala Badan Pengembangan SDM Kemenkominfo Hary Budiarto mengatakan Indeks Masyarakat Digital (IMD) Indonesia pada 2022 berada pada posisi 37,80 dari skor maksimum 100. Masih jauh dari ideal.

“Indonesia masih dibawah skor rata-rata ASEAN,” ungkap Hary.

IMD bertujuan mengukur kompetensi dan keterampilan masyarakat dalam penggunaan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari maupun pekerjaan. Penilaian IMD berdasarkan empat pilar, yaitu keterampilan digital, pekerjaan, pemberdayaan, serta infrastruktur dan ekosistem.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm