Jadi Relawan Sehari, Karyawan Pertamina Berbagi Ilmu dengan Murid SD di Makassar

7 November 2023 15:45 WIB
Karyawan Pertamina mengedukasi murid SD di Makassar dalam rangka program Pertamina Energi Negeri (PEN) 6.0
Karyawan Pertamina mengedukasi murid SD di Makassar dalam rangka program Pertamina Energi Negeri (PEN) 6.0 ( Dok Pertamina)

Makassar, Sonora.ID - PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Commercial & Trading Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi kembali menyelenggarakan program Pertamina Energi Negeri (PEN) 6.0 di 2 Sekolah Dasar di Makassar. Kedua sekolah itu yakni SD Inpres Sudiang dan SD Inpres Pajjaiang.

PEN 2023 ini merupakan yang keenam kalinya digelar sebagai wujud komitmen Pertamina untuk menanamkan semangat berbagi ilmu dan budaya volunteering para pekerja, khususnya di Regional Sulawesi. Tema yang diusung PEN tahun ini adalah ‘Membangun Generasi, Menginspirasi dan Berbagi.’

Dalam kegiatan tersebut, selama satu hari, para pekerja meluangkan waktu untuk berpartisipasi dan berinteraksi langsung dengan para pelajar. Muliati Abubakar selaku Koordinator PEN 6.0 Makassar, memberikan apresiasi kepada Bapak/Ibu Guru SD Inpres Sudiang dan SD Inpres Pajjaiang karena berkenan menerima tim relawan Pertamina Energi Negeri.

“Melalui kegiatan ini kami bisa membagikan informasi mengenai apa yang dilakukan oleh Pertamina kepada adik-adik kita yang masih di Sekolah Dasar, selain itu bisa memberi inspirasi dan memberikan edukasi tata nilai Amanah Kompeten Harmonis Loyal Adaptif Kolaboratif (AKHLAK), serta memberikan semangat dalam rangka Hari Pahlawan pada tanggal 10 November dan Hari Guru pada 25 November nantinya,” ucapnya.

Muliati menuturkan, Pertamina Energi Negeri tahun ini secara keseluruhan diadakan serentak di 116 Sekolah Dasar yang tersebar di 38 lokasi seluruh wilayah Indonesia. Total relawan yang terlibat sebanyak 1016 orang.

Keterlibatan para pekerja Pertamina di lingkungan masyarakat sekitar diharapkan dapat mendorong anak-anak untuk selalu aktif, kreatif, inovatif, dan penuh semangat. Dengan demikian, mereka nantinya menjadi generasi yang menginpsirasi dan saling berbagi.

Dalam kesempatan itu, Pertamina juga menyerahkan bantuan kepada pihak sekolah. Berupa sarana prasarana kegiatan belajar mengajar, sound system, cinderamata, serta souvenir dan snack.

Baca Juga: Harga BBM Non Subsidi Pertamina Turun, Akan Menyesuaikan Sesuai Harga Pasar

Arnoliyati, salah satu tenaga pengajar di Sekolah SD Inpres Sudiang Makassar, menyampaikan terima kasih kepada pihak Pertamina atas terselenggaranya kegiatan di sekolahnya. "Anak-anak dapat hadiah dan sekolah mendapatkan bantuan sehingga anak-anak dapat bergembira dan bersemangat ikut partisipasi dalam aktivitas kegiatan yang dilaksanakan relawan dari Pekerja Pertamina,” ujarnya.

Terpisah, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw, menyampaikan, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahun. Para Relawan Pertamina yang terlibat berasal dari unit lokasi berbeda beda. Ada dari Hulu hingga Hilir, dari eksplorasi, pengolahan, distribusi dan marketing.

Menurutnya, program tersebut sangat luar biasa terutama dalam memperkenalkan energi. Mulai dari dicarinya minyak mentah kemudian diolah menjadi produk jadi dan sampai disalurkan kepada masyarakat. "Jadi sedari kecil sudah memahami bagaimana energi itu di produksi dan disalurkan kepada masyarakat,” ujar Fahrougi. Di samping itu, kegiatan ini merupakan pengenalan terkait produk-produk Pertamina. Murid-murid diharapkan menjadi penerus bangsa dan semakin mencintai produk dalam negeri.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm