Manfaatkan Jalan Eks Tambang, dari Balangan ke IKN Hanya Perlu 1,5 Jam

9 November 2023 11:35 WIB
hibah pembangunan ruas jalan serta sarana pendukungnya dari Pemerintah Kabupaten Balangan kepada Pemprov Kalsel
hibah pembangunan ruas jalan serta sarana pendukungnya dari Pemerintah Kabupaten Balangan kepada Pemprov Kalsel ( )

Banjarmasin, Sonora.ID – Waktu tempuh dari Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan menuju Kabupaten Paser, Kalimantan Timur (Kaltim) nantinya hanya akan memakan waktu satu setengah jam.

Aksesnya adalah melewati jalan eks tambang di Desa Uren, Tampaan, Ambata di Kecamatan Halong yang akan difungsikan sebagai jalan umum.

Usai serah terima hibah berupa pembangunan ruas jalan serta sarana pendukungnya dari Pemerintah Kabupaten Balangan, di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin, pada Rabu (08/11).

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor menyampaikan bahwa melalui kebijakan otonomi daerah, pemerintah memberikan keleluasaan bagi daerah untuk menemukan alternatif pemecahan masalah secara inovatif dalam menghadapi berbagai tantangan.

“Oleh karena itu, pemerintah daerah dituntut untuk lebih memperhatikan kualitas pelayanan kepada masyarakat, sekaligus meningkatkan kemandirian daerah didalam melaksanakan pembangunan,” kata Sahbirin.

Baca Juga: Musim Politik, ASN Banjarmasin Jangan Bikin Simbol-Simbol Aneh!

Dikatakan Sahbirin, dalam rangka mempercepat pembangunan di pulau Kalimantan, khususnya di Kalsel, serta untuk membangun daya saing ekonomi melalui percepatan konektivitas dan kedaulatan energi daerah, diperlukan berbagai inovasi dan terobosan.

“Hal ini agar Kalsel tidak hanya berperan sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) baru, namun juga menjadi etalase Indonesia baru yang mengedepankan kearifan lokal,” ucap Sahbirin.

Kabupaten Balangan yang berbatasan dengan Kabupaten Tabalong, Kotabaru dan Paser diakui Sahbirin memang memiliki letak yang sangat strategis. Oleh karena itu, peran Pemprov sangat penting dalam rangka mendukung percepatan Kalsel sebagai gerbang dan penyangga ibu kota negara yang baru.

“Dengan diserahkannya hibah berupa pembangunan ruas jalan serta sarana pendukungnya, khususnya ruas jalan Desa Uren – Tampaan – Ambata, tentu akan memberikan akses yang lebih luas bagi Prov Kalsel.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm