5 Contoh Cerita Hikayat Kerajaan Singkat dan Penuh Pesan Moral

14 November 2023 13:30 WIB
(Ilustrasi) Contoh Cerita Hikayat Kerajaan Singkat
(Ilustrasi) Contoh Cerita Hikayat Kerajaan Singkat ( www.minews.id Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Seandainya Kita Hidup pada Zaman Majapahit", Klik untuk baca: https://www.kompasiana.com/ardalenaromantikaromantika6041/601d4066d541df1e655235a2/seandainya-kita-hidup-pada-zaman-majapahit Kreator: Ardalena Romantika Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas. Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com)

Sonora.ID – Simak contoh hikayat kerajaan singkat berikut ini yang kerap ditemukan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Hikayat sendiri merupakan karya sastra lama yang menceritakan tentang kehidupan kaum bangsawan, keluarga kerajaan, atau orang-orang terkenal di masa lampau.

Adapun ciri-ciri hikayat yaitu menggunakan bahasa Melayu lama, berlatar dalam lingkungan istana atau istanasentris, bersikap kaku dan tetap, tidak jelas pengarangnya, dan cerita hikayat tak bisa diterima oleh akal sehat.

Untuk mempermudah pemahamannya, berikut ini Sonora.ID merangkum beberapa contoh hikayat kerajaan:

Contoh 1 Kisah Panji Semirang (Jawa)

(Abstraksi)

Pada zaman dahulu terdapat sebuah kerajaan bernama Daha. Raja Daha memiliki 3 saudara, dimana dua saudaranya merupakan Raja di Kahuripan dan Galang.

Sedangkan seorang saudara wanita bergelar Nyi Gandasari yang bertapa di Gunung Wilis. Adapun Raja Daha memiliki dua anak perempuan.

Anak raja yang pertama bernama Galuh Candra Kirana merupakan putri dari permaisuri. Sedangkan dari seorang selir bernama Paduka Liku memperoleh keturunan yang bernama Galuh Ajeng.

Kedua putri raja ini memiliki watak yang berbeda, Galuh Candra Kirana seorang yang lembut dan bertutur kata baik. Sedangkan Galuh Ajeng selalu iri dengan saudara tirinya.

(Orientasi)

Di kerajaan lainnya. Raja Kahuripan memiliki anak laki-laki yang tumbuh menjadi pemuda yang gagah dan tampan. Pemuda itu bernama Raden Inu Kertapati.

(Komplikasi)

Raja Kahuripan bermaksud untuk melamar Galuh Candra Kirana untuk anaknya Raden Inu Kertapati. Mengetahui hal ini, selir Raja Daha yang licik kemudian melakukan tipu muslihat.

Dia meracuni permaisuri melalui tape yang diberikan pada istri raja tersebut. Selanjutnya dia meminta adiknya jimat untuk mengguna-guna raja agar tertarik padanya.

(Evaluasi)

Rencananya berhasil. Hingga pada suatu ketika setelah permaisuri meninggal kemudian Putri Galuh Candra Kirana di usir dari kerajaan.

(Resolusi)

Berbagai cara dia lakukan bersama para pengiringnya untuk bertahan hingga dipertemukan kembali dengan Raden Inu Patih. Keduanya dinikahkan di Kahuripan.

Baca Juga: 7 Manfaat Dongeng untuk Anak-Anak yang Bisa Membantu Perkembangannya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm