10 Pidato Hari Guru Nasional 2023: Sesuai Tema, Keren, dan Singkat

15 November 2023 13:00 WIB
Contoh pidato Hari Guru Nasional 2023 yang sesuai tema, keren, dan singkat.
Contoh pidato Hari Guru Nasional 2023 yang sesuai tema, keren, dan singkat. ( Kemdikbud RI)

Sonora.ID - Tanggal 25 November di Indonesia diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Peringatan ini merupakan wujud penghormatan kepada guru yang telah berjasa dalam mencerdaskan generasi bangsa.

Peringatan Hari Guru Nasional ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

Melalui Keputusan Presiden tersebut ditetapkan tanggal 25 November selain diperingati sebagai HUT PGRI juga sebagai Hari Guru Nasional. 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbud RI) mengangkat tema Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar untuk peringatan Hari Guru Nasional di tahun 2023.

Berikut ini pun kami sajikan kumpulan contoh pidato Hari Guru Nasional 2023 yang sesuai tema, keren, singkat, dan pendek, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 35 Ide Lomba Hari Guru Nasional 2023: Menarik, Seru, dan Mendidik

Pidato Hari Guru Nasional 2023: Sesuai Tema, Keren, dan Singkat

Contoh 1

Puji syukur kehadirat Allah SWT karena di pagi yang cerah ini kita bisa berkumpul untuk memperingati Hari Guru Nasional di sekolah kita tercinta.

Sehubungan dengan itu, atas nama teman-teman saya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada guru-guru kami yang telah dengan sabar membimbing, mengajar dan mendidik kami. Tanpa guru kita mungkin tidak mengerti apa-apa, kita tidak bisa membaca dan menulis, kita tidak tahu ilmu-ilmu yang ada. Tanpa mereka mungkin kita tidak akan menjadi seperti sekarang ini, kita tidak akan bisa bersaing dengan siswa lainnya.

Oleh karena itu, kami ingin mengucapkan terima kasih sekali lagi atas kesabaran dan dedikasi mereka selama ini. Walaupun terkadang kami keras kepala dan membuat kesal guru kami dengan segala kelakuan kami, mereka tetap sabar dengan kami, kami sangat menyesal.

Akhirnya, di hari yang spesial ini, kami memiliki harapan untuk para guru tercinta. Saya berharap guru-guru kita selalu sehat dan selalu dalam lindungan-Nya, sehingga dapat terus menunaikan tugas mulianya. Kami juga berharap dapat meneladani guru-guru kami dan membuat mereka semua bangga di masa depan dengan tumbuh menjadi orang-orang sukses dan memenuhi harapan para guru kami.

Sekian pidato singkat dari saya, sekali lagi saya ucapkan Selamat Hari Guru Nasional kepada semua guru. Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar!

Terima kasih

Contoh 2

Pertama marilah kita bersyukur kepada Allah SWT sebanyak-banyaknya. Atas rahmat yang diberikan kepada kita untuk berkumpul dalam keadaan sehat wal afiat di hari yang menggembirakan ini untuk memperingati Hari Guru Nasional.

Jangan lupa kirimkan Sholawat kepada Tuhan kita Nabi Besar Muhammad SAW.

Bapak ibu sekalian, hari ini adalah hari yang istimewa bagi seluruh guru di Indonesia, karena dalam dinamika Hari Guru Nasional ini, kita ditantang untuk mengenang jasa para guru kita dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk berterima kasih.

Guru kita seperti cahaya terang di tengah kegelapan bagi kita semua, karena tanpa mereka kita tidak punya apa-apa untuk membuka pikiran kita terhadap banyak hal. Guru kami dengan sabar membimbing, melatih dan mengajar kami sehingga kami dapat mewujudkan impian kami.

Hadirin sekalian, tidak semua dari kita adalah anak-anak yang berbakat dalam semua mata pelajaran atau memahami apa yang kita pelajari dengan cepat. Terkadang kita begitu keras kepala dan sulit memahami sesuatu.

Tapi guru kami dengan sabar bertahan dan membimbing semua muridnya tanpa pandang bulu selama bertahun-tahun. Pengabdian ini sebenarnya sangat sulit untuk dilaksanakan, apalagi tidak jarang orang tua protes karena nilai anaknya tidak sesuai harapan. Saat ini, tanggung jawab guru kita tumbuh seiring perubahan zaman, kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan berkembang. Tidak mudah bagi guru untuk membuat anak didiknya bersaing di dunia luar yang semakin ketat dengan menanamkan visi dan karakter.

Oleh karena itu, di momen Hari Guru Nasional ini, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh guru di Indonesia atas segala dedikasi yang telah mereka ajarkan kepada kami.

Tidak ada yang bisa kami lakukan untuk membalas budi guru kami selain membuat mereka bangga dengan apa yang akan kami capai besok.

Saya juga ingin mengungkapkan penyesalan saya yang terdalam karena sebagai siswa kita terkadang keras kepala dan sulit dikendalikan, yang menambah tanggung jawab guru kita. Kami berharap guru-guru kami selalu menunaikan tugasnya untuk membentuk generasi manusia yang unggul dan berbudi luhur dengan kesabaran dan kemudahan.

Akhir kata, Selamat Hari Guru untuk para guru kami, panutan kami, yang jasanya selalu kami ingat, kami mencintaimu.

Terima kasih

Contoh 3

Assalamu’alaikum Wr. Wb. 

Yang saya hormati Ibu dan Bapak Guru, 

Puji syukur hari ini kita dapat berkumpul dalam kondisi sehat, bahagia dan selalu dalam lindungan-Nya, Aamiin Ya Rabbal Alamin.  Di Hari Guru yang bertepatan tanggal 25 November 2023 ini, izinkan saya atas nama panitia penyelenggara menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas semua pengabdian Ibu dan Bapak Guru.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm