Pustakawan: TPBIS Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

20 November 2023 16:13 WIB
Perpustakaan menggelar kegiatan TPBIS di Kabupaten Serdang Begadai, Sumatera Utara
Perpustakaan menggelar kegiatan TPBIS di Kabupaten Serdang Begadai, Sumatera Utara ( Dok Perpusnas)

Serdang, Sonora.Id - Terampil, Asri, dan Berkualitas (MANTAB) merupakan salah satu program RPJMD Kabupaten Serdang Bedagai 2021-2026 dan menjadi prioritas mewujudkan masyarakat Serdang Bedagai mandiri, sejahtera, dan religius.

"MANTAB mencerminkan tekad untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat transformasi yang mampu mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Sebagai pusat pembelajaran dan pengetahuan yang dapat membuka pintu menuju masa depan yang lebih baik," jelas Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya ketika membuka talkshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM), Senin, (20/11/2023).

Transformasi perpustakaan menjadi tidak hanya melibatkan perubahan fisik bangunan, tetapi juga perubahan dalam layanan dan peran perpustakaan dalam mendukung masyarakat yang mandiri, terampil, asri, dan berkualitas.

"Ayo jadikan perpustakaan sebagai pusat komunitas. Tempat di mana setiap warga mudah mengakses sumber daya pengetahuan dan informasi yang mereka butuhkan untuk mengembangkan diri," ajak Bupati.

Literasi tidak hanya membuka jendela ke dunia luar, tetapi juga merupakan kunci utama menuju kesejahteraan individu dan komunitas.
Pemerintah secara khusus mendorong institusi perpustakaan yang terampil dan mampu memanfaatkan teknologi informasi, sehingga menjadi lebih efisien dalam menyediakan layanan dan dapat menciptakan program-program inovatif yang menarik bagi berbagai kelompok usia.

"Perpustakaan adalah aset budaya dan lingkungan yang mendukung proses pembelajaran dan membaca," tambah Darma.

Pada kesempatan serupa, Deputi Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpusnas Mariana Ginting menjelaskan di era informasi yang massif, perpustakaan telah membuka akses seluas-luasnya pengetahuan kepada masyarakat,salah satunya lewat program TPBIS.

Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) mendorong perpustakaan sebagai sarana reproduksi pengetahuan ke dalam aksi nyata yang mensejahterakan.

"Implementasi program TPBIS dilakukan melalui tiga strategi utama, yaitu peningkatan layanan informasi, pelibatan masyarakat, dan advokasi. Di samping manfaat keberlanjutan melalui replikasi mandiri yang bisa diikuti seluruh daerah, "terang Mariana.

Perpustakaan, tambah Mariana, baik di tingkat pusat sampai desa telah berkembang menjadi institusi yang memfasilitasi tempat bagi masyarakat dan para stakeholder untuk dapat berdiskusi, berkolaborasi dan tumbuh.

"Kecerdasan bangsa perlu ditumbuhsuburkan dengan menebar benih kegemaran membaca dan penguatan budaya literasi, sehingga mampu mengantar Indonesia menjadi negara hebat, maju, dan sejahtera," jelasnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm