5 Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD saat Kelulusan Sekolah

20 November 2023 16:43 WIB
Ilustrasi pidato
Ilustrasi pidato ( Pixabay)

Sonora.ID - Simak 5 contoh pidato perpisahan kelas 6 SD yang dapat menjadi referensi siswa saat acara perpisahan sekolah.

Dalam KKBI, pidato merupakan pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak.

Menurut Arif Yosodipuro dalam buku Pintar Pidato: Kiat menjadi Orator Hebat (2020), teks pidato harus disusun secara sistematis dan berurutan supaya penyampaiannya lebih mudah.

Salah satu jenis pidato yang sering disampaikan adalah pidato perpisahan. Pidato perpisahan biasanya dibagikan saat hari perpisahan dengan teman sekolah dan kuliah.

Berikut ini contoh pidato perpisahan kelas 6 SD yang dapat menjadi referensi para siswa saat acara perpisahan.

Baca Juga: 5 Contoh Teks Pidato Bahasa Jawa Beserta Strukturnya

Contoh 1

Selamat pagi saya haturkan kepada Kepala Sekolah (sebutkan nama sekolah), bapak dan ibu guru, teman-teman seperjuangan dan adik kelas.

Mari kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat-Nya kita bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat untuk melaksanakan acara perpisahan.

Kepala Sekolah (nama sekolah) yang saya hormati, bapak dan ibu guru SD Biru Langit yang saya hormati dan kasihi, teman-teman seperjuangan yang saya kasihi, serta adik-adik kelas yang saya cintai, izinkan saya untuk menyampaikan pesan perpisahan untuk kita semua.

Saya mewakili teman-teman kelas 6 SD (nama sekolah) ingin mengucapkan terima kasih kepada bapak dan ibu guru atas pengajarannya selama ini.

Terima kasih sudah mengajarkan kami begitu banyak hal. Bila ada salah kata atau perbuatan yang kurang berkenan, bapak ibu guru, kami mohon maaf.

Untuk teman-teman seperjuangan, terima kasih atas kebersamaan kita selama kurang lebih enam tahun ini. Ayo kita lebih semangat lagi dan tekun belajar demi menggapai cita-cita yang diinginkan.

Untuk adik-adik kelas, teruslah tekun belajar, dengarkan nasihat bapak ibu guru, dan jangan pantang menyerah untuk menggapai cita-cita yang kalian inginkan.

Demikian pesan perpisahan yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf jika ada salah kata dan perbuatan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa di kesempatan lainnya.

Baca Juga: Contoh Teks Narasi Fiksi Beserta Pengertian, Ciri-Ciri, dan Struktur

Contoh 2

Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua.

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah (sebutkan nama sekolah)
Yang saya hormati bapak dan ibu guru
Yang saya hormati para orang tua atau wali murid
Yang saya kasihi teman-teman dan adik kelas semuanya.

Puji dan syukur mari kita haturkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmat-Nya, kita bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat.

Saya di sini mewakili seluruh teman-teman kelas 6 SD (sebutkan nama sekolah), ingin mengucapkan terima kasih kepada Kepala Sekolah, bapak dan ibu guru serta para orang tua atas kesediaannya untuk menghadiri acara perpisahan ini.

Secara khusus, saya dan teman-teman kelas 6 ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak dan ibu guru yang selama kurang lebih enam tahun ini telah mendampingi serta mengajari kami banyak hal. Mulai dari ilmu pelajaran hingga pendidikan berharga lainnya.

Tentu selama kami menempuh pendidikan di SD (nama sekolah), sering melakukan kesalahan dan membuat bapak ibu guru kecewa. Untuk itu, kami mohon maaf sebesar-besarnya jika ada perbuatan atau tindakan kami yang kurang berkenan di hati bapak dan ibu guru.

Untuk adik kelas, kami berpesan tetaplah semangat belajar demi mengejar cita-cita yang kalian inginkan. Jangan pernah putus asa dan turutilah pesan bapak ibu guru.

Pada kesempatan ini pula, kami anak-anak kelas 6 SD (nama sekolah) ingin meminta doa restu dari kepala sekolah dan bapak ibu guru, supaya nantinya kami bisa lebih tekun belajar di jenjang pendidikan berikutnya dan akhirnya berhasil menggapai cita-cita kami.

Terakhir, saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada orang tua kami yang senantiasa mendukung, menyayangi dan mencintai kami. Terima kasih banyak, kami sangat menyayangi kalian.

Demikian yang bisa saya sampaikan dalam acara perpisahan ini. Mohon maaf bila ada salah kata dan sampai jumpa di lain waktu.

Baca Juga: Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Struktur, Ciri, dan Contoh

Contoh 3

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm