270 Nelayan Landak Terima Bantuan Program Konversi BBM ke BBG Untuk Kapal Penangkap Ikan 

20 November 2023 20:05 WIB
Salah satu nelayan penerima paket bantuan Program Konversi BBM ke BBG Untuk Kapal Penangkap Ikan. Senin (20/11/2023).
Salah satu nelayan penerima paket bantuan Program Konversi BBM ke BBG Untuk Kapal Penangkap Ikan. Senin (20/11/2023). ( William)

Landak, Sonora.ID - Pj Bupati Landak Samuel, SE., M.Si., menghadiri sekaligus membuka kegiatan sosialisasi sekaligus Penyerahan Paket Program Konversi BBM ke BBG untuk Kapal Penangkap Ikan Bagi Nelayan Sasaran Wilayah III Tahun Anggaran 2023, bertempat di Aula Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak, Senin (20/11/2023).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak, Sahbirin, Anggota Dewan perwakilan Rakyat (DPR) RI Komisi VII, Katherine Angela Oendoen, Jajaran Kementerian ESDM RI, PT. Pertamina Patra Niaga Tbk., Camat Ngabang, para Kepala Desa dan pihak lainnya.

Pj Bupati Landak Samuel dalam sambutannya mennyampaikan sebelumnya juga pernah menerima 500 paket bantuan Konversi BBM ke BBG untuk para petani. Menurutnya kenapa harus ada konversi, pada dasarnya merujuk pada Peraturan Presiden Tahun 2006.

"Dengan adanya peralihan atau konversi ini berarti biaya produksi menjadi rendah, hasil yang didaoat maksimal jadi keuntungan nelayan pun menjadi banyak. Ini karena perhatian yang tinggi dari Kementerian ESDM, Komisi VII RI, hingga Kabupaten Landak mendapat bantuan BBM ke BBG," ungkapnya.

Samuel mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi - tingginya kepada Kementerian ESDM yang telah membantu masyarakat Landak menyediakan Konversi BBM ke BBG. "Harapan saya supaya nanti bantuannya digunakan sebaik - baiknya," ujarnya.

Baca Juga: Menparekraf RI Sandiaga Uno Sambangi Kampus UPB Pontianak, Ada Apa?

Selama ini ia katakan, masyarakat menggunakan bahan bakar minyak, untuk mendukung program pemerintah menggunakan bahan bakar gas pemerintah tidak hanya menyuluh, tapi memberikan bantuan alat beralih ke bahan bakar gas. "Diharapkan dengan konversi biaya produksi bisa lebih murah, operasional alat tangkap nya lebih murah, dan gas ini kan mudah didapat, " imbuhnya.

Anggota Komisi VII DPR RI Katherine Angela Oendoen, berterima kasih kepada pihak Pertamina karena bantuan tersebut tidak datang begitu saja tanpa bantuan dari pusat. "Saya berterima kasih kepada Kepala Dinas Pertanian, karena begitu aktif mendata. Karena data lengkap maka akan mendapat bantuan, " ucapnya.

Katherine berharap para nelayan bisa menghargai dan merawat bantuan tersebut.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak, Sahbirin, dalam sambutannya menyampaikan tujuan yang pertama diadakan kegiatan ini adalah bagaimana lingkungan agar tidak tercemar, kemudian perlu adanya Konversi dari BBM ke BBG. "Kenapa perlu adanya konversi karena ramah lingkungan, jumlah BBM terbatas dan biaya operasional akan lebih murah, " katanya.

Adapun paket Program Konversi BBM ke BBG Untuk Kapal Penangkap Ikan Bagi Nelayan sebanyak 270 paket bantuan, 140 paket didistribusikan ke Kecamatan Ngabang dan 130 ke Kecamatan Sengah Temila. Terdiri dari mesin kapal nelayan, 2 buah tabung gas 3 kg, dua botol oli, AS panjang dan baling - baling.

Baca Juga: Revitalisasi BKM Untuk Memakmurkan Masjid

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm