Desa Batuah Perkenalkan Program "AKAN PISAH RUMAH"

26 November 2023 08:10 WIB
Pemprov Kaltim
Pemprov Kaltim ( )

Sonora.ID - Pemerintah Desa – Pemdes Batuah Kutai Kartanegara menggelar sosialisasi program Gerakan Pilah Sampah Dari Rumah (AKAN PISAH RUMAH) di Langgar Syech Yusuf di Dusun Karya Makmur, Kamis 23 November 2023.

Sosialisasi ini dilakukan menyusul diterbitkannya Peraturan Desa (Perdes) tentang Lembaga Pengelola Sampah.

Sosialisasi sengaja dikemas santai agar penyampaiannya tidak membosankan.

Apalagi pembahasan sampah cenderung kurang menarik perhatian warga, namun Pemdes Batuah akan berupaya agar pengelolaan sampah menjadi lebih baik. Gerakan tersebut dimulai dari lingkungan Rukun Tetangga (RT) di Dusun Karya Makmur agar lebih makmisal.

Kepala Desa Batuah - Abd Rasyid dalam sambutannya di hadapan para ketua RT dan beberapa perwakilan kelompok pengajian dan warga berpesan agar pengelolaan sampah harus diseriusi, meski akan berhadapan banyak kendala. Namun yang utama ada gerakan bersama dan program yang akan disusun yang diyakini akan memberikan efek positif dari program pengekolaan sampah di Desa Batuah.

“Dulu kasus Pamsimas juga banyak kendala, tapi kita terus maju dan tidak kendor semangat, sehingga saat ini program air bersih berjalan maksimal. Bahkan akhirnya menjadi inovasi yang membanggakan dan menjadi rujukan.

Ilustrasi bank sampah

Untuk memaksimalkan gerakan bersama Pemdes Batuah bekerjasama dengan Bank Sampah Rumah Berkah Limba Kreative (RBLK) Batuah membuat program AKAN PISAH RUMAH yang nanti akan diisi tim dari tingkat RT yang akan berurusan ke pengelola Bank Sampah. Melalui program AKAN PISAH RUMAH diharapkan pengelolaan akan maksimal, akan menambah pendapat warga dan akan mendorong warga untuk mengelola sampah.

Sementara itu, Direktur Bank Sampah - RBLK Batuah, Nurdin mengatakan, pengelolaan sampah akan menghasilkan banyak program lainnya, misalnya nanti turunannya bisa menjadi paving block, magot, kompos, kursi, meja dan produk yang bernilai.

Nurdin menambahkan, keterlibatan Pemdes Batuah akan semakin memperkuat program pegelolan sampah. Nantinya Bank Sampah juga akan membentuk tim yang nanti akan berkoordinasi dengan tim yang ada di RT, sehingga akan membuat program AKAN PISAH RUMAH berjalan maksimal. (Sumber : Pemdes Batuah)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm