PGN Saka Perusahaan Hulu Migas Nasional Peduli Terhadap Masyakarat dan Lingkungan

27 November 2023 10:59 WIB
Ilustrasi Karyawan PGN Saka Gresik, Jawa Timur
Ilustrasi Karyawan PGN Saka Gresik, Jawa Timur ( Istimewa)

Gresik, Sonora.Id - PT Saka Energi Indonesia (PGN Saka) merupakan anak perusahaan PT PGN Tbk, Subholding Gas Pertamina, yang bergerak dibidang hulu minyak dan gas bumi. PGN Saka menjalankan kegiatan eksplorasi, eksploitasi, dan pengembangan usaha di bidang migas, Coal Bed Methane (CBM), serta sumber energi lainnya.

Erry P Affandy Departement Head Stakeholder Relation PGN Saka berkomitmen menjalankan Program Pengembangan Masyarakat (PPM) yang fokus pada sektor lingkungan sebagai bentuk upaya tanggung jawab sosial kepada masyarakat di sekitar wilayah operasi sekaligus melakukan Program Dekarbonisasi dalam rangka mendukung Net Zero Emission (NZE) 2060 dan upaya pengurangan emisi.

Menurut Erry, PGN Saka mengelola 10 (sepuluh) blok di Indonesia dan 1 (satu) blok shale gas di Amerika Serikat, enam di antaranya sepenuhnya dioperasikan oleh PGN Saka dengan kepemilikan 100% yaitu Muriah PSC, Pangkah PSC, South Sesulu PSC, Sangkar PSC, West Yamdena Blok, dan Pekawai Blok.

"Salah satu aset yang sudah dikembangkan dan berproduksi yaitu Saka Indonesia Pangkah Limited (Pangkah PSC) yang berlokasi di Ujungpangkah, Gresik, Jawa Timur. Pangkah PSC memiliki fasilitas Offshore dan Onshore. Sejumlah fasilitas yang ada di Onshore Processing Facility (OPF) yaitu Gas Processing Facility (GPF), Oil Treating Facility (OTF), dan LPG Facility (LPGF)," ujar Erry, Senin (27/11/23)

Erry menambahkan dalam menjalankan kegiatan operasional di sektor hulu migas, PGN Saka selalu memperhatikan keberlangsungan masyarakat dan lingkungan di sekitar daerah operasi untuk mendapatkan Social License to Operate (SLO) sebagai timbal balik dari masyarakat. Kepedulian itu diwujudkan perusahaan dalam bentuk Program Pengembangan Masyarakat (PPM) yang diimplementasikan di kawasan ring 1 Wilayah Kerja (WK) migas yang dioperasikan PGN Saka.

Fokus Program CSR PGN Saka salah satunya yaitu lingkungan dengan menjaga kelestarian hayati lingkungan pesisir pantai dan ekosistem laut. PGN Saka melakukan upaya pemulihan ekosistem Mangrove melalui pelibatan masyarakat dengan skema program CSR dan PROPER, berupa bantuan kebun pembibitan Mangrove di Desa Banyuurip, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik.

"PGN Saka berkomitmen menjadi tetangga yang baik bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi dengan falsafah “Living in Harmony” untuk menjamin keberlangsungan operasi Perusahaan yang aman, nyaman dan saling mendukung," pungkasnya.

Program Konservasi mangrove ini menjadi salah satu fokus utama program CSR PGN Saka dalam menjaga kelestarian lingkungan pesisir pantai, yang berada di sekitar lokasi produksi migas PGN Saka. Dalam pelaksanaannya, PGN Saka melibatkan masyarakat sekitar yaitu Rukun Nelayan Desa Banyuurip. PGN Saka memberikan bantuan pembinaan mulai dari pembibitan hingga penanaman mangrove di Desa Banyuurip. Tak hanya di Banyuurip, PGN Saka juga memberikan upaya pemulihan ekosistem mangrove di berbagai pesisir Kabupaten Gresik.

Seperti Desa Pangkahwetan, Desa Pangkahkulon, Desa Ngimboh, Jetty Maspion – Manyar, dan Kelurahan Kroman – Gresik.
Dalam rangka mendukung Net Zero Emission (NZE) 2060, PGN Saka juga melaksanakan inisiasi program dekarbonisasi dalam menjalankan kegiatan operasi bisnisnya. Program dekarbonisasi diterapkan pada sejumlah fasilitas offshore maupun onshore PGN Saka. Dekarbonisasi yang dilakukan PGN Saka saat ini merupakan hasil penyusunan road map program inisiatif dekarbonisasi PGN Saka untuk periode 2022 – 2030.

PGN Saka berprinsip untuk melaksanakan program pengurangan emisi serta pemilihan teknologi yang ramah lingkungan, efisien, dan berkelanjutan. Untuk mencapai target penurunan emisi, PGN Saka melakukan berbagai upaya dengan tetap menjaga produktifitas dan efektifitas operasi. Tidak hanya itu, melalui PPM yang dijalankan PGN Saka juga akan terus berkontribusi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar serta menjaga kelestarian lingkungan beriringan dengan berjalannya kegiatan operasional Perusahaan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm