50 Soal UAS Sejarah Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka dan Kunci Jawaban

28 November 2023 16:33 WIB
Kumpulan contoh soal UAS/PAS Sejarah Kelas 11 SMA/SMK Kurikulum Merdeka Semester 1 dan kunci jawabannya.
Kumpulan contoh soal UAS/PAS Sejarah Kelas 11 SMA/SMK Kurikulum Merdeka Semester 1 dan kunci jawabannya. ( Pixabay)

Sonora.ID - Salah satu langkah untuk menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) atau Ujian Akhir Semester 1 (UAS) adalah dengan belajar soal-soal serta berbagai materi yang telah disampaikan oleh bapak dan ibu guru di sekolah.

Oleh karena itu, dalam artikel berikut ini pun kami sajikan kumpulan contoh soal PAS atau UAS mata pelajaran Sejarah untuk siswa kelas 11 SMA/SMK atau sederajat semester 1 Kurikulum Merdeka lengkap dengan kunci jawabannya.

Soal ini dapat dikerjakan di rumah sebagai langkah untuk mengingat kembali materi yang diajarkan oleh bapak dan ibu guru di sekolah.

Berikut kumpulan contoh soal PAS/UAS Sejarah kelas 11 semester 1 Kurikulum Merdeka sebagai bahan belajar, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 45 Soal UAS/PAS PAI (Agama Islam) Kelas 10 Semester 1 Kurikulum Merdeka dan Jawaban

Soal UAS Sejarah Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka dan Kunci Jawabannya

Soal 1

Pada saat menjajah, sebenarnya jumlah orang Jepang di Indonesia hanya sedikit. Namun, mengapa mereka bisa menguasai bangsa kita?

Jawaban: Jepang memanfaatkan penguasa lokal untuk membantu.

Soal 2

Salah satu warisan penjajahan Jepang yang masih ada hingga masa kini adalah sistem tonarigumi atau rukun tetangga. Mengapa Jepang menerapkan sistem tersebut?

Jawaban: Untuk memudahkan pengawasan dan mobilisasi rakyat.

Soal 3

Mengapa pada awalnya sebagian rakyat Indonesia menyambut gembira kedatangan Jepang?

Jawaban: Karena Jepang berhasil mengalahkan Belanda

Soal 4

Pada 1944, Perdana Menteri Koiso berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia di kemudian hari. Selain itu, pihak Jepang juga mengizinkan bendera merah putih berkibar. Apa alasan Jepang melakukan hal itu?

Jawaban: Jepang ingin mendapat dukungan bangsa Indonesia

Soal 5

Setelah kembali dari Rengasdengklok, Sukarno dan Hatta berusaha menemui Jenderal Nishimura untuk menyampaikan rencana proklamasi kemerdekaan Indonesia. Bagaimana reaksi Nishimura pada saat itu?

Jawaban: Tidak secara tegas mendukung atau menolak rencana proklamasi kemerdekaan

Soal 6

Para pemuda yang mendengar berita menyerahnya Jepang kepada Sekutu lantas menginginkan kemerdekaan Indonesia diproklamasikan secepatnya hingga berujung pada peristiwa Rengasdengklok. Apa alasan para pemuda mendesak Soekarno dan Hatta agar memproklamasikan kemerdekaan secepatnya?

Jawaban: Bangsa Indonesia harus merebut kesempatan dan menentukan nasib sendiri

Soal 7

Berita proklamasi kemerdekaan Indonesia sempat disiarkan oleh radio di Surabaya dengan menggunakan bahasa Madura. Alasan mereka melakukan hal ini adalah ....

Jawaban: untuk menghindari sensor dari pihak Jepang

Soal 8

Pada awal abad ke-19 terjadi perlawanan rakyat Maluku terhadap Belanda. Perlawanan yang dipimpin oleh Pattimura ini dilatarbelakangi oleh ....

Jawaban: Penerapan monopoli cengkeh dan kerja rodi oleh Belanda

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm